x

Tinggalkan Juventus dan Gabung PSG Adalah Solusi Terbaik Bagi Ronaldo dan Kedua Klub

Kamis, 12 November 2020 15:46 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Cristiano Ronaldo santer disebut akan meninggalkan Juventus dan bergabung ke Paris Saint-Germain. Hal tersebut bisa menjadi opsi tepat bagi ketiga pihak.

INDOSPORT.COM – Cristiano Ronaldo santer disebut akan meninggalkan Juventus dan bergabung ke Paris Saint-Germain. Hal tersebut bisa menjadi opsi tepat bagi ketiga pihak.

Meski tampil gemilang bersama Juventus selama tiga musim ini, masa depan Cristiano Ronaldo di Turin mendadak menjadi perbincangan. Si Nyonya Tua santer dikabarkan ingin menjualnya dalam waktu dekat.

Kabar ini terbilang mengejutkan. Pasalnya, meski telah berusia 35 tahun, Cristiano Ronaldo masih tampil gemilang bersama Si Nyonya Tua. Ketajamannya tak menurun dengan catatan 71 gol dari 94 laga untuk Juventus. Tak cuma itu, ia pun berhasil menghadirkan dua gelar scudetto Serie A Italia.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, rencana Juventus menjual Ronaldo rupanya tidak disebabkan masalah performa, melainkan finansial. Seperti diketahui bintang asal Portugal itu merupakan pemain bergaji termahal di skuat.

Tidak main-main, Ronaldo menerima gaji 31 juta euro (Rp520 miliar) per musim. Angka itu bahkan berselisih sangat jauh dengan gaji Matthijs De Ligt yang menjadi penerima gaji termahal kedua dengan 8 juta euro (Rp133 miliar) per musim.

Dengan seretnya pemasukan akibat pandemi virus corona, besarnya gaji Ronaldo tentu membahayakan situasi finansial Juventus ke depan.

Usai kabar rencana penjualan Ronaldo ini terkuak, sang megabintang pun langsung dikaitkan dengan sejumlah klub, khususnya Paris Saint-Germain (PSG).

Direktur olahraga PSG, Leonardo, bahkan mengakui mereka membuka peluang untuk memboyong Ronaldo pada bursa transfer tahun depan.

"Hari ini, kami tidak tahu apa yang akan terjadi. Mungkin saja besok Cristiano Ronaldo terbangun dari tidur dan berkata ingin main di suatu tempat," kata Leonardo kepada PSG TV.

"Siapa yang bisa merekrutnya? Hanya lingkaran tertentu. PSG berada di lingkaran itu. Ini cuma soal peluang dan kesempatan," lanjutnya.

Ketiga Pihak Diuntungkan

Meski demikian, sejatinya kepindahan Cristiano Ronaldo ke Paris Saint-Germain bisa menjadi solusi yang tepat bagi ketiga pihak, yakni Juventus, PSG, serta Ronaldo sendiri.

Seperti diketahui, mahalnya gaji dan banderol Ronaldo membuat jumlah klub yang memiliki kekuatan finansial untuk mendatangkannya sangat sedikit. PSG pun menjadi bagian dari klub yang sedikit itu.

Minat Paris Saint-Germain terhadap Ronaldo pun membuka peluang bagi Juventus untuk benar-benar menyingkirkan sang pemain demi menjaga kondisi finansial mereka.

Di sisi lain, kehadiran Ronaldo pun meningkatkan peluang bagi Paris Saint-Germain untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi juara Liga Champions untuk pertama kali. Seperti diketahui, prestasi terbaik mereka hanyalah menjadi finalis musim lalu meski telah mendatangkan Kylian Mbappe dan Neymar.

Ketajaman Ronaldo yang tak kunjung menurun, serta kesuksesannya lima kali menjuarai Liga Champions, bisa menjadi pendongkrak PSG secara kualitas dan mental untuk akhirnya meraih trofi yang dijuluki Si Kuping Lebar itu.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, bagi Ronaldo sendiri, bergabung dengan PSG membuka peluang adanya daerah taklukan baru. Dengan posisi Paris Saint-Germain yang sangat dominan di level domestik, Ronaldo pun berpotensi meraih sejumlah gelar baru seperti Ligue 1 Prancis maupun Coupe de France dan Coupe de LaLigue.

Di sisi lain, kehadiran nama-nama seperti Neymar, Mbappe, dan Angel di Maria membuat peluang Ronaldo untuk menjuarai Liga Champions bersama PSG lebih besar ketimbang bersama Juventus.

Dengan usia yang sudah 35 tahun dan potensi bermain yang tinggal beberapa musim lagi, tentu bergabung dengan tim yang memberikan jaminan lebih besar untuk menjadi juara merupakan pilihan yang menarik bagi Ronaldo.

Meski demikian, sejauh ini peluang kepindahan Cristiano Ronaldo ke Paris Saint-Germain masih sebatas rumor. Pencinta sepak bola masih harus menunggu hingga bursa transfer dibuka untuk mengetahui masa depan sang mega bintang.

Bursa TransferCristiano RonaldoSerie A ItaliaLiga ChampionsParis Saint-GermainJuventusLigue 1 PrancisBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini