x

3 Catatan Penting Usai Prancis Permalukan Portugal di UEFA Nations League

Minggu, 15 November 2020 16:36 WIB
Editor: Coro Mountana
Aksi Anthony Martial dalam pertandingan UEFA Nations League antara Portugal vs Prancis, Sabtu (14/11/20).

INDOSPORT.COM - Dalam pertemuan kedua mereka dalam kurun waktu beberapa pekan saja, Prancis berhasil menumbangkan Portugal di kandangnya, Estadio da Luz, dengan skor tipis, Minggu (15/11/20) dini hari WIB.

Kemenangan ini mengantarkan Les Blues melenggang ke babak semifinal UEFA Nations League sebagai pemuncak klasemen akhir Grup A3.

Dengan ketertinggalan tiga poin, Selecao masih bisa menyamai torehan poinnya dengan Prancis, namun mereka sudah pasti kalah head-to-head karena pertemuan pertama di Paris berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam pertarungan yang berakhir antiklimaks bagi sang juara bertahan UEFA Nations League ini, ada beberapa catatan yang menarik diperhatikan, yang akan diulas berikut ini.

1. Joao Felix Masih Meragukan

Saat bakatnya tercium publik ketika masih membela Benfica, publik dan media langsung membebaninya dengan sebutan sebagai pewaris Cristiano Ronaldo di timnas Portugal. Ekspektasi itu makin meningkat setelah Atletico Madrid menebusnya seharga 120 juta euro pada musim panas tahun lalu.

Felix, yang masih berusia 21 tahun, tampil mengecewakan pada musim debutnya di Wanda Metropolitano, namun mulai memperlihatkan hal-hal menjanjikan pada musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dwigolnya ke gawang Cadiz dalam kemenangan dengan skor 4-0 pada pekan lalu membuat Felix telah mencetak enam gol dari empat pertandingan terakhir untuk Los Rojiblancos.

Namun begitu, penampilannya di tim nasional ternyata masih jauh dari standar. Apalagi untuk dibandingkan dengan mega bintang sekaliber Ronaldo.


1. 2. Griezmann Bersinar di Prancis

Antoine Griezmann saat ingin menendang bola di laga Prancis vs Turki.

Berkebalikan dengan Felix, Griezmann sedang mengalami masa-masa pelik semenjak meninggalkan Atletico Madrid dan gabung Barcelona pada musim panas tahun 2019 lalu, dan penderitaan itu berlanjut pada musim ini.

Dia baru berhasil mencetak dua gol dari sembilan penampilan di semua ajang untuk La Blaugrana musim ini, dan sering diabaikan oleh pelatih Ronald Koeman yang lebih memercayakan Ansu Fati untuk mengisi lini serangnya.

Namun demikian, hal tersebut berkebalikan dengan yang terjadi di timnas. Griezmann selalu menjadi starter di Les Blues dalam lima pertandingan yang mereka lakoni di UEFA Nations League.

Ia tidak berhasil menambah torehan tiga gol dari enam laga terakhirnya di semua ajang pada lawatan ke Estadio da Luz, namun perannya sebagai playmaker untuk skuat asuhan Didier Deschamps tidak mengecewakan.

3. Cristiano Ronaldo Tumpul

Sang mega bintang Juventus melakoni pertandingan akhir pekan ini dengan kepercayaan tinggi untuk memecahkan rekor gol internasional, setelah mencetak 102 gol untuk Portugal, terpaut tujuh gol saja dari catatan legenda Iran, Ali Daei.

Kendati demikian, sang penyerang berusia 35 tahun itu sama sekali tidak bisa menemukan jalan untuk membongkar rapatnya lini pertahanan Prancis pada sepanjang laga.

Dari lima kali percobaannya dalam pertandingan ini, hanya satu di antaranya yang mengarah ke gawang, sedangkan sisanya entah ke mana.

Ketidakmampuan Ronaldo dan kolega untuk mencetak gol pada laga ini pun telah menghadirkan kekalahan pertama bagi Selecao das Quinas setelah 19 pertandingan di semua ajang.

PrancisPortugalBola InternasionalUEFA Nations LeagueTRIVIAFeature

Berita Terkini