x

Dalam Bahaya, 5 Pelatih Liga Inggris Ini Terancam Alami Pemecatan

Minggu, 15 November 2020 19:59 WIB
Editor: Coro Mountana
Ole Gunnar Solskjaer, pelatih Manchester United saat mendampingi tim di Liga Europa.

INDOSPORT.COM - Liga Inggris musim 2020/21 sudah berjalan selama delapan pekan. Kompetisi yang disebut-sebut sebagai liga terketat di dunia ini sudah menghadirkan beberapa kejutan menarik.

Salah satu kejutannya adalah masih melempemnya performa klub-klub besar macam duo Manchester dan Arsenal. Sebaliknya, klub seperti Everton, Southampton, Everton, dan Aston Villa berhasil merangsek ke papan atas.

Kerasnya persaingan kompetisi kasta teratas Inggris ini selain dirasakan oleh para pemain, tapi juga pelatih. Menjadi pelatih di klub Liga Inggris terbilang tidak mudah, karena jika memberikan hasil buruk kepada klub, bisa berujung dengan pemecatan.

Baca Juga
Baca Juga

Sampai saat ini memang belum ada pelatih di kontestan Liga Inggris yang dipecat. Namun bayang-bayang pemecatan akan selalu ada jika sang pelatih tak bisa memperbaiki performa klub yang diasuhnya.

Berikut ini lima pelatih tim kontestan Liga Inggris yang posisinya tengah terancam dipecat, dikutip dari Sportskeeda:

1. Ole Gunnar Solskjaer

Penampilan Manchester United di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer terbilang jauh dari konsisten. Bukti sahihnya adalah mereka saat ini terpuruk di peringkat ke-14 klasemen sementara Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Setan Merah baru memenangkan tiga pertandingan dari tujuh laga yang sudah mereka lakoni di Liga Inggris. Inkonsistensi mereka juga terpancar di Liga Champions, di mana mereka baru saja takluk dari juara Turki, Istanbul Basaksehir.

Kini pelatih asal Norwegia itu tengah berada dalam tekanan besar. Rumor bahkan menyebutkan bahwa Man United sudah menyiapkan nama Mauricio Pochettino atau Massimiliano Allegri jika performa klub tak kunjung membaik.

 


1. 2. Sean Dyche

Pelatih Burnley, Sean Dyche.

Buruknya penampilan Burnley di awal musim ini terbilang mengejutkan. Pasalnya, mereka mampu tampil cukup baik musim lalu dan finish di peringkat ke-10.

Hingga pekan ke-8 Liga Inggris, Burnley adalah satu dari tiga tim kontestan yang belum pernah meraih kemenangan. Posisi mereka pun mengkhawatirkan, satu tingkat di atas juru kunci.

Pelatih Burnley, Sean Dyche sudah menangani klub tersebut sejak 2012. Namun, pelatih berusia 49 tahun itu bisa sewaktu-waktu dipecat jika gagal mengeluarkan timnya dari zona degradasi dalam waktu dekat.

3. Chris Wilder

Chris Wilder berhasil mengangkat performa Sheffield United pada musim lalu. Ia mengantarkan klub yang baru promosi untuk finish di peringkat kesembilan klasemen akhir Liga Inggris 2019/20.

Banyak yang memperkirakan bahwa Sheffield United akan mengulangi kesuksesan musim lalu. Namun nyatanya, klub tersebut sangat terpuruk hingga pekan ke-8 Liga Inggris.

Mereka kini menjadi juru kunci di klasemen sementara Liga Inggris dengan hanya mengoleksi satu poin. Wilder harus bersiap angkat koper jika tak mampu mengeluarkan Sheffield dari papan bawah klasemen.

4. Slaven Bilic

Slaven Bilic berhasil mengantarkan West Brom promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris. Namun klub tersebut tengah terpuruk di zona degradasi.

Mereka belum pernah sekalipun menang dalam delapan pertandingan Liga Inggris. Alhasil, mereka kini di posisi ke-18 atau zona degradasi, karena hanya memperoleh tiga poin dari tiga kali hasil imbang.

Hal yang paling disorot dari West Brom adalah kinerja lini belakang yang terlihat sangat keropos karena sudah kebobolan 17 gol. Pelatih asal Kroasia ini pun harus segera melakukan perubahan signifikan jika tidak ingin kehilangan pekerjaannya.

5. Graham Potter

Start Brighton di awal musim 2020/21 ini masih tersendat. Klub berjuluk The Seagulls itu baru menang sekali, tiga kali imbang, dan sisanya kalah.

Mereka pun saat ini masih berkubang di papan bawah dengan duduk di posisi 16 klasemen sentara dengan koleksi enam poin dari delapan pertandingan. Posisi Graham Potter pun tengah terancam.

Brighton bakal melakoni ujian berat karena selepas jeda internasional, mereka akan menghadapi Aston Villa, Liverpool, Southampton, dan Leicester City. Tampaknya pemecatan Graham Potter tinggal menunggu waktu saja.
 

Ole Gunnar SolskjaerPelatihSlaven BilicLiga InggrisSean DycheTRIVIAFeature

Berita Terkini