x

Kompetisi Libur, Pilar Asing Madura United Pilih Belajar Bahasa Indonesia

Senin, 16 November 2020 06:25 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Gelandang asal Australia milik Madura United Jacob Pepper memilih memprioritaskan belajar bahasa Indonesia di tengah absennya Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pilar asing Madura United, Jacob Pepper saat ini tengah belajar memahami Bahasa Indonesia, yang menjadi target prioritas sembari menunggu kejelasan lanjutan kompetisi Liga 1.

Rencana kick-off lanjutan Liga 1 pada Februari 2021, membuat jeda waktu tersedia cukup panjang. Sehingga, dia menilai inilah momen yang tepat untuk mempelajari Bahasa Indonesia secara efektif.

"Saya belajar secara mandiri. Ada catatan khusus dan podcast (dalam melafalkan kata)," ucap Jacob Scott Pepper, Kamis (12/11/20).

Baca Juga
Baca Juga

Dia menilai, belajar secara mandiri bisa mempercepat adaptasi bahasa yang sempat dialaminya. Padahal, banyak koleganya yang menempuh opsi mempelajari Bahasa Indonesia dengan les privat dan sebagainya.

"Saya juga meminta (agen pemain asing) Alle (Amigo) untuk berbicara dalam Bahasa Indonesia. Jadi, saya bisa belajar lebih cepat," ungkap dia.

Dengan bisa mengerti Bahasa Indonesia, ada sejumlah manfaat yang akan diambil, selain memangkas kendala bahasa dengan rekan setimnya di Madura United.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya butuh berbicara dengan bahasa lokal ketika berkomunikasi dengan staf atau pelanggan kafe nantinya," cetus eks pemain Newcastle Jets tersebut.

Sebagaimana diketahui, gelandang asal Australia itu memutuskan tetap tinggal di Indonesia selama libur panjang Liga 1 2020. Maka dari itu, dia berusaha mengisi waktu di luar aktivitasnya sebagai pesepakbola, yaitu mematangkan rencana membuka kafe dan belajar Bahasa Indonesia.

Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Sepak BolaBola IndonesiaJacob PepperBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini