x

5 Pemain yang Berhasil Puncaki Daftar Pencetak Gol dan Assist Terbanyak di Liga Inggris

Kamis, 19 November 2020 13:14 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Dalam sejarah panjang Liga Inggris, sebenarnya terdapat beberapa pemain yang mampu menguasai daftar pencetak gol terbanyak dan daftar pembuat assist terbanyak.

INDOSPORT.COM - Pada awal musim ini, Harry Kane, menjadi salah satu pemain yang tampil sensasional bersama Tottenham Hotspur, selain membuat cukup banyak gol, kapten Timnas Inggris ini juga membukukan jumlah assist yang luar biasa.

Namun dalam sejarah panjang Liga Inggris, sebenarnya terdapat beberapa pemain yang mampu menguasai daftar pencetak gol terbanyak dan daftar pembuat assist terbanyak.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam sejarahnya sudah terdapat lima pemain yang mampu mendapat predikat sebagai pencetak gol terbanyak dan pembuat assist terbanyak, dan mampukah Kane mengejar lima pemain ini.

Berikut ini adalah 5 pemain yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak dan pembuat assist terbanyak Liga Inggris:

1. Andy Cole

Andy Cole merupakan salah satu striker dengan jumlah gol yang cukup banyak di Liga Inggris, namun kurang mendapat pengakuan dari banyak pihak.

Prestasi Cole sangat sensasional dengan Newcastle, dia mencetak 34 gol liga dan memenangkan Sepatu Emas pada 1993/94. Dia juga memberikan 13 assist pada musim itu.

2. Jimmy Floyd Hasselbaink

Jimmy Floyd Hasselbaink adalah salah satu penyerang yang paling ditakuti di Liga Inggris, dia bersama Alan Shearer dan Robin van Persie, pernah memenangkan Sepatu Emas di dua klub berbeda.

18 gol dari pemain Belanda itu membuatnya memenangkan Sepatu Emas bersama dengan Michael Owen dari Liverpool dan Dwight Yorke dari Manchester United, dan 13 assistnya setara dengan Dennis Bergkamp dari Arsenal.

3. Thierry Henry

Thierry Henry dan Patrick Vioeira saat masih berseragam Arsenal.

Tidak ada pemain dalam sejarah Liga Inggris yang memenangkan Sepatu Emas lebih banyak daripada Thierry Henry, yang finis sebagai pencetak gol terbanyak, sebanyak empat kali selama delapan tahun yang sensasional di Arsenal.

Dia memenangkan Sepatu Emas pertamanya di musim 2001/02, sebelum memecahkan rekor assist pada tahun berikutnya dalam musim individu yang menakjubkan, dengan koleksi 20 assist.

4. Didier Drogba

Jose Mourinho (kiri) dan Didier Drogba saat masih bekerja sama di Chelsea.

Kedatangan Jose Mourinho sebagai manajer Chelsea mendorong pengeluaran musim panas yang mewah dari 'The Special One' yang menjadi awal mula kedatangan Didier Drogba.

Drogba pernah memberikan assist paling banyak dalam satu musim dengan 11 assist di musim keduanya dan Drogba memenangkan Sepatu Emas Liga Inggris pada musim berikutnya setelah mencetak 20 gol.

5. Robin van Persie

Pemain lain yang permainannya berubah setelah membela Arsenal adalah Robin van Persie, tiba di Liga Inggris sebagai pemain sayap berbakat, ia lalu berkembang menjadi salah satu penyerang paling mematikan di liga.

Baca Juga
Baca Juga

Dipandang sebagai pewaris Dennis Bergkamp di London Utara, kualitasnya makin terlihat di musim 2008/09, dia berhasil mencetak 20 gol di semua kompetisi untuk The Gunners dan finis sebagai pemberi assist terbanyak dengan 10 assist

Penuls: Dwi Prima Putra.

Thierry HenryHarry KaneLiga InggrisBola Internasional

Berita Terkini