x

4 Negara Lolos ke Semifinal, Siapa yang Pantas Jadi Juara UEFA Nations League 2020/21?

Kamis, 19 November 2020 12:37 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Para pemain Italia merayakan gol kemenangan atas Bosnia dalam lanjutan EUFA Nations League

INDOSPORT.COM – UEFA Nations League 2020/21 telah memasuki babak puncak. Empat negara dari penjuru Eropa telah memasuki babak semifinal. Lantas, siapakah yang pantas untuk menjadi pemenang ajang  ini?

Babak grup UEFA Nations League 2020/21 telah usai. Empat negara pemuncak klasemen dari grup A1 hingga A4 telah terpilih untuk mengikuti babak semifinal yang rencananya akan digelar pada 6-7 Oktober 2021.

Keempat negara tersebut ialah Italia, Prancis, Belgia dan Spanyol. Nantinya, keempat tim ini akan diundi untuk menentukan lawan dari masing-masing tim yang akan digelar pada 3 Desember 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Telah lolosnya keempat tim ini jelas akan melahirkan juara baru. Sebelumnya, Portugal menjadi juara UEFA Nations League edisi pertama yang digelar pada 2019 lalu.

Keempat tim ini sendiri merupakan negara yang adidaya dalam urusan sepak bola. Italia dengan sejarahnya merupakan salah satu negara yang jadi kiblat sepak bola dengan beragam prestasi di level internasional.

Belgia sendiri walau belum pernah meraih gelar di ajang internasional, namun adanya generasi emas di tubuh skuatnya menjadikan The Red Devils cukup disegani. Apalagi mengingat keberhasilan apiknya di ajang Piala Dunia 2018 lalu.

Lalu, ada Prancis yang merupakan juara bertahan Piala Dunia 2018. Dengan materi pemain yang hampir sama dengan saat menjuarai Piala Dunia 2018, tim Ayam Jantan tentu menjadi salah satu kandidat kuat.

Baca Juga
Baca Juga

Nama terakhir adalah Spanyol. Bisa dikatakan, La Furia Roja adalah tim terbaik satu dekade ini. Gelar Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 menjadi bukti ketangguhan Sergio Ramos dkk.

Dengan segala sejarah serta catatannya dalam beberapa tahun ke belakang, tentu sulit untuk menentukan siapa yang akan jadi juara UEFA Nations League edisi kedua ini.

Oleh karena ini, berikut uraian serta prediksi dini INDOSPORT mengenai siapakah yang pantas menjadi kampiun UEFA Nations League 2020/21 pada Oktober tahun 2021 mendatang.


1. Urutan Kandidat Juara UEFA Nations League 2020/21 Versi INDOSPORT:

Timnas Prancis merayakan gol ke gawang Swedia dalam pertandingan UEFA Nations League, Rabu (18/11/20) dini hari WIB.

1. Italia

Italia menjadi jagoan INDOSPORT di UEFA Nations League 2020/21. Hal ini tak lepas dari catatan gemilang Gli Azzurri yang tak terkalahkan dalam 22 laga internasional terakhirnya.

Selain itu, dari keempat tim ini, Italia nampaknya menjadi tim dengan kedalaman skuat memadai. Hal ini terbukti dari 62 pemain yang telah dimainkan Roberto Mancini sejak ditunjuk menjadi pelatih pada 2018 silam.

2. Prancis

Prancis menjadi jagoan kedua INDOSPORT di UEFA Nations League 2020/21 ini. Terpilihnya tim Ayam Jantan di posisi ini tak lepas dari mental juara para pemainnya dan Didier Deschamps.

Selain itu, Prancis menjadi satu-satunya tim papan atas yang memiliki laju apik di babak grup UEFA Nations League 2020/21 dengan catatan 5 kemenangan dan 1 hasil imbang dari enam laga. Catatan ini disusul oleh Italia yang menang sebanyak 3 kali dan seri 3 kali.

3. Spanyol

Spanyol saat ini bukanlah Spanyol yang sama di medio 2010-2012. Regenerasi telah dilakukan La Furia Roja sejauh ini. Hasilnya pun belum terlihat sepenuhnya, meski mampu mengatasi Jerman 6-0.

Keyakinan ini kian bertambah dengan catatan Spanyol sendiri yang terbilang melempem saat menjalani laga tandang di tahun 2020 ini.

4. Belgia

Belgia berada di urutan terakhir dalam kandidat menjuarai UEFA Nations League 2020/21. Mungkin Belgia saat ini dihuni oleh generasi emas. Namun, mental pemenang dan kehadiran Roberto Martinez tak menjamin The Red Devils bisa memenangi turnamen ini.

Belgia terbilang angin-anginan di fase grup UEFA Nations League 2020/21. Belum lagi, mulai menurunnya performa para pilarnya yang kerap dihantam cedera.

Tentunya, Martinez selaku pelatih butuh lebih dari sekadar keberuntungan untuk membawa Belgia menjadi kampiun UEFA Nations League 2020/21 layaknya saat membawa Wigan Athletic menjadi juara Piala FA pada musim 2012/13 silam.

ItaliaBelgiaBola InternasionalTim Nasional SpanyolTim Nasional PrancisUEFA Nations LeagueSepak Bola

Berita Terkini