x

Mourinho dan Solskjaer Gagal di Manchester United? Ini Petuah Sir Alex Ferguson

Kamis, 3 Desember 2020 00:40 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Sir Alex Ferguson berikan petuah terkait kegagalan Ole Gunnar Solskjaer dan Jose Mourinho selama menukangi raksasa Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Kejayaan Manchester United sebagai penguasa Liga Inggris tak pernah muncul ketika ditukangi Jose Mourinho maupun Ole Gunnar Solskjaer. Hal ini lantas buktikan petuah pelatih legendaris Sir Alex Ferguson benar adanya.

Siapa yang tak kenal dengan Ferguson? Pensiunan pemain ini menjelma jadi salah satu tokoh penting dalam kejayaan Setan Merah. Bayangkan saja, ada 38 trofi yang pernah ia bawa ke brankas Theatre of Dreams dan bahkan pernah berikan treble winners.

Pencapaian Fergie begitu mengesankan, tak cuma langganan juara Liga Inggris sebanyak 13 kali, melainkan juga kecerdikannya dalam meramu pemain-pemain yang langsung jadi bintang dunia. Pensiun pada 2013 lalu, kehilangannya sangat berdampak bagi MU.

Baca Juga
Baca Juga

Bagaimana tidak? Banyak pelatih lalu lalang mulai dari David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, dan kini Ole Gunnar Solskjaer, pamor Manchester United tetap tak seperti dulu. Ferguson pun bocorkan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

"Ada suatu frasa penuh makna dalam sepak bola dimana pemain 'tidak dianjurkan bermain untuk sang pelatih,' yang sering saya melihatnya. Jika itu terjadi maka pelatih itu sudah gagal, seharusnya malah para pemain mengikuti langkahnya," ucap sang legenda dilansir Mirror.

Ucapan dari mantan pelatih asal Skotlandia yang menyebut agar pelatih punya wibawa cukup terbukti. Dalam kasus Mourinho terlihat betapa berbedanya perilaku pemain terhadap sang pemain yang justru buat The Red Devils kian anjlok dalam segi kualitas.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika gantikan Van Gaal, The Special One berhasil sumbangkan trofi Liga Europa sekaligus finis di peringkat dua kompetisi kasta atas Negeri Big Ben. Dapat petunjuk pertahankan pola permainannya, ia malah buat kegaduhan di ruang ganti hingga dipecat dua tahun lalu.

Beralih ke Solskjaer yang sempat tunjukkan respons positif hingga jadi pelatih permanen, citra dari Manchester United tetap tak kunjung terlihat. Sebut saja nihilnya gelar dan beberapa kali hasil tak konsisten yang justru dialami oleh klub hingga saat ini.

Jika saja Solskjaer bisa belajar dari kesalahan Jose Mourinho, ada kans Manchester United yang mengerikan di Liga Inggris bisa kembali tercipta. Apalagi pelatih asal Norwegia itu punya rekor kemenangan delapan kali berturut-turut kalahkan pencapaian Ferguson.

Manchester UnitedJose MourinhoSir Alex FergusonOle Gunnar SolskjaerLiga Primer InggrisPelatihLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler