x

5 Bintang Dunia yang Pernah Perkuat FC Utrecht Klub Baru Bagus Kahfi

Sabtu, 5 Desember 2020 19:45 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kabar bergabungnya Bagus Kahfi ke klub Belanda, FC Utrecht, tentu sangat membanggakan sebab di klub tersebut pernah bercokol nama-nama tenar dunia.

INDOSPORT.COM - Kabar bergabungnya pemain muda Indonesia, Bagus Kahfi, ke klub Belanda, FC Utrecht, tentu sangat membanggakan sebab di klub tersebut pernah bercokol nama-nama tenar dunia. 

Pemain muda Indonesia, Bagus Kahfi, akhirnya mewujudkan mimpinya bergabung dengan klub Belanda, FC Utrecht. Proses kepindahan Bagus sendiri sempat melalui polemik setelah sang pemain mengutarakan kekecewaannya karena peluangnya bergabung ke Utrecht terancam batal. 

Namun, akhirnya bersama Barito Putera (klub pemilik Bagus) dan PSSI, Bagus Kahfi berhasil mengurus kepindahannya ke klub Belanda tersebut. Di Utrecht kabarnya Bagus akan dikontrak selama 18 bulan dan akan bermain di tim reserve Jong FC Utrecht di Eerste Divisie. 

Baca Juga
Baca Juga

FC Utrecht sejatinya baru berdiri pada tahun 1970 setelah menggabungkan tiga klub yaitu VV DOS, USV Elinkwijk dan Velox. Sepanjang perjalanannya, FC Utrecht telah berkembang menjadi salah satu tim kuda hitam di luar 3 tim raksasa Belanda seperti Ajax Amsterdam, Feyenoord dan PSV Eindhoven.

Meski terbilang klub baru, Utrecht ternyata pernah memenangi 3 Piala KNVB Belanda dan sekali Johan Cruijff Shield. Uniknya gelar Johan Cruijff Shield menjadikan Utrecht sebagai satu-satunya tim di luar tiga raksasa Belanda yang bisa menang.

Selain itu, Utrecht juga kembali menjadi satu-satunya klub di luar 3 raksasa Belanda yang tidak pernah terdegradasi. Tak cuma itu, sejumlah bintang besar dunia juga pernah bergabung dan mengawali karier di FC Utrecht. 

Siapa saja bintang-bintang yang jejaknya bisa diikuti Bagus Kahfi tersebut? Berikut INDOSPORT ulas untuk Anda. 

1. Dirk Kuyt 

FC Utrecht diketahui pernah menempa salah satu bintang Liverpool yaitu Dirk Kuyt yang sangat terkenal di Belanda. Sebelum Kuyt menjadi bintang Liverpool, ternyata sinar kehebatan Kuyt telah ditempa di Utrecht pada 1998-2003.

Bahkan Kuyt masuk dalam salah satu pencetak gol terbanyak FC Utrecht sehingga membuatnya begitu dikenang di sana. Total 51 gol dicetak Kyut dalam kurun waktu lima tahun yang membuatnya duduk di peringkat ketiga rekor klub. 

2. Michael Mols

Buat Anda yang mengikuti perkembangan sepak bola di akhir 90-an dan awal 2000-an, kemungkinan pernah mendengar nama Michael Mols. Mols merupakan legenda dari klub Glasgow Rangers. 

Ia klub Skotlandia tersebut ia mencetak 38 gol dari 94 penampilan dalam kurun 1999-2004. Ternyata, sebelum sukses di Rangers, ia juga menjadi pilar FC Utrecht selama dua periode, yakni 1996-1999 dan 2004-2005. 

Dalam dua periode itu, ia menoerhkan 50 gol dari 118 laga. Setelah itu Mols berkelana ke Den Haag dan mengakhiri karier di Feyenoord. Mols juga pernah memperkuat Timnas Belanda dari kurun 1995-1999 dengan catatan enam caps.  


1. 3. Erik ten Hag

Erik Ten Hag, pelatih Ajax Amsterdam yang pernah bermain dan melatih klub FC Utrecht.

Salah satu nama tenar lain yang pernah menimba ilmu di FC Utrecht adalah Erik ten Hag. Erik ten Hag saat ini merupakan pelatih Ajax Amsterdam yang sempat membawa tim Belanda itu ke semifinal Liga Champions beberapa musim lalu.

Meskipun Erik ten Hag bukan berasal dari akademi Utrecht, tapi ia sempat bermain dan merasakan didikan klub itu pada 1995-1996. Berposisi sebagai bek tengah telah membentuk mentalnya untuk menjadi seorang pelatih berkelas di masa depan.

Ternyata sebelum ia meraih kesuksesan di Ajax, Erik ten Hag sempat menjadi pelatih di Utrecht pada 2015-2017. Berkat kerja bagus dan pengalamannya di Utrecht, Erik ten Hag pun langsung dipinang oleh Ajax Amsterdam.

4. Erik Pieters

Nama Erik Pieters pernah dan masih menghiasi jagat Liga Inggris. Usai bermain bersama FC Utrecht pada 2006-2009, ia dpininang tim raksasa PSV Eindhoven di mana ia juga dilirik masuk skuad Timnas Belanda. 

Usai lima tahun menjadi palang pintu PSV Eindhoven, ia pindah ke Stoke City di mana ia mencatatkan sekitar 190 penampilan sebelum akhirnya hijrah ke Burnley pada 2019. 

Erik Pieters (yang kini berusia 32 tahun) saat ini tengah membela Burnley di Liga Inggris musim 2020-2021. 

5. Kevin Strootman

Selain Dirk Kuyt, mama Kevin Strootman adalah alumni paling menonjol dari klub FC Utrecht yang kariernya bisa ditiru oleh Bagus Kahfi. Eks pemain AS Roma ini hanya setengah musim membela FC Utrecht yakni pada Januari 2011-Juli 2011 sebelum akhirnya hengkang ke klub raksasa Eredivisie, PSV Eindhoven. 

Pada 2013 Strootman dibeli AS Roma dari PSV dan membela tim Serigala Ibu Kota sampai Agustus 2018 sebelum akhirnya dijual ke Marseille dengan biaya 25 juta euro. Eks FC Utrecht, Kevin Strootman, merupakan andalan lini tengah Timnas Belanda dengan koleksi 45 caps dan 3 gol.  

BelandaBarito PuteraKevin StrootmanDirk KuytFC UtrechtTRIVIABagus KahfiErik ten Hag

Berita Terkini