x

4 Alasan Monchengladbach Bisa Kalahkan Real Madrid di Liga Champions

Rabu, 9 Desember 2020 10:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bukan tidak mungkin Borussia Monchengladbach bisa mengalahkan Real Madrid di Liga Champions, Kamis (10/12/20).

INDOSPORT.COM - Pertandingan Liga Champions antara Real Madrid vs Borussia Monchengladbach akan dilangsungkan pada hari Kamis (10/12/20) dini hari WIB.

Bertempat di Estadio Alfredo di Stefano, Real Madrid harus mutlak meraih tiga poin. Hasil imbang saja tidak cukup aman bagi skuat asuhan Zinedine Zidane untuk lolos ke fase 16 besar.

Los Blancos saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B dengan raihan tujuh poin. Mereka sejatinya memiliki kans yang sama dengan Shakhtar Donetsk yang ada di peringkat kedua.

Sementara itu, tim tamu yakni Borussia Monchengladbach merupakan pemuncak klasemen dengan selisih yang begitu tipis yakni mengumpulkan delapan poin. Jelas, pertandingan nanti adalah laga hidup mati bagi kedua tim.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil pertandingan Inter Milan vs Shakhtar Donetsk yang tidak kalah pentingnya pun akan menambah sengit persaingan di Grup B ini. Siapa kira-kira yang berhasil melaju ke 16 besar Liga Champions 2020-2021?

Meski Real Madrid bisa dibilang rajanya Benua Biru, Borussia Monchengladbach juga tidak selayaknya dipandang sebelah mata. Pasalnya, klub berjuluk Die Fohlen tersebut bukan sama sekali tanpa pengalaman di Eropa.

Mereka masih memegang rekor sebagai klub Jerman yang paling banyak memenangkan Liga Europa, yakni pada tahun 1975 dan 1979, ditambah status finalis pada 1973 dan 1980, ketika kompetisi ini masih bernama UEFA Cup.

Sementara itu, untuk Liga Champions, prestasti terbaik Die Fohlen adalah finalis pada tahun 1977. Untuk kategori ini, mereka lebih memang lebih inferior ketimbang para rivalnya di Jerman seperti Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Baca Juga
Baca Juga

Jelas, lebih inferior juga ketimbang calon lawan yang akan dihadapi esok dini hari WIB, Real Madrid. Bagaimana tidak, lemari trofi Los Blancos jauh lebih menyilaukan dengan adanya 13 gelar Liga Champions.

Akan tetapi, semua bisa terjadi di sepak bola. Apalagi kini Borussia Monchengladbach sedikit berada di atas angin lantaran memimpin perolehan poin di Grup B, bukan tidak mungkin pula mereka bisa mengalahkan Real Madrid.

Kira-kira faktor apa saja yang bisa membuat Borussia Monchengladbach membungkam Real Madrid di pertandingan nanti?


1. Keunggulan Borussia Monchengladbach

Alassane Plea, pemain kunci yang bisa bantu Borussia Moenchengladbach kalahkan Real Madrid.

Catatan Performa

Statistik membuktikan bahwa Borussia Monchengladbach setidaknya lebih unggul ketimbang Real Madrid dari segi penampilan.

Dari 14 pertandingan terakhir di semua kompetisi, mereka tercatat hanya kalah dua kali, sedangkan Los Blancos lima kali. Skuat asuhan Zinedine Zidane juga terlihat kesulitan menemukan performa terbaiknya.

Dari segi produktivitas, Borussia Monchengladbach bisa dibilang kuda hitam di daftar jumlah gol terbanyak musim ini.

Berdasarkan statistik di laman resmi UEFA, mereka berada di posisi yang sama dengan Bayern Munchen dan Barcelona, yang telah menorehkan 16 gol. Di bawahnya ada Manchester United dan Chelsea (14).

Ketika Die Fohlen mencatatkan 16 gol dengan rataan 3,2 per laga, Los Blancos hanya mampu mencetak 9 gol dengan rataan 1,8. Jumlah kebobolan Borussia Monchengladbach pun juga lebih sedikit.

Marcus Thuram

Faktor lainnya yang bisa membuat Borussia Monchengladbach mengalahkan Real Madrid adalah Marcus Thuram. Pemain yang satu ini sejatinya bukan nama asing bagi Zinedine Zidane.

Selama masa-masanya sebagai pemain, Zizou pernah berada di skuat yang sama dengan ayah Marcus, Lilian, di Timnas Prancis. Mereka bahkan pernah memenangkan Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 bersama.

Lilian pun patut berbangga dengan sang putra yang perlahan mulai mengikuti jejak kesuksesannya di dunia sepak bola. Didatangkan dari Guingamp pada tahun 2019, Marcus sudah banyak membawa dampak bagi Borussia Monchengladbach.

Selain mencetak 18 gol dari 55 penampilan, ia juga sering berkontribusi dalam memberi assist dan menjadi kreator gol. Real Madrid agaknya harus mewaspadai pemain berusia 23 tahun ini.

Alassane Plea

Bukan hanya Marcus Thuram, Borussia Monchengladbach juga memiliki Alassane Plea. Pemain belakang lawan, tidak terkecuali Los Blancos, sebaiknya tidak boleh lengah dan oleng dengan striker yang satu ini.

Pasalnya, Plea rata-rata bisa mencetak satu gol atau memberi satu assist setiap 45 menit. Hal inilah yang bisa membuat Real Madrid selayaknya ketar-ketir dan harus berusaha semaksimal mungkin meredam aksinya.

Kondisi Real Madrid

Seperti diketahui, situasi Los Blancos saat ini sedang kurang baik, apalagi jika menyoal pelatih mereka, Zinedine Zidane. Beberapa waktu belakangan, namanya santer jadi pemberitaan, akan dipecat dan sebagainya.

Di tengah kondisi ini, posisi Real Madrid di Liga Champions pun juga di ujung tanduk. Meski kekalahan dan kegagalan adalah hal wajar dalam sepak bola, tidak bisa ke 16 gagal akan membawa reputasi buruk untuk klub sekelas mereka.

Melawan Borussia Monchengladbach, Real Madrid jelas tampil dalam tekanan. Kemungkinannya hanya dua, yakni gagal mengatasinya atau justru menjadikannya motivasi untuk tampil trengginas.

Real MadridZinedine ZidaneLiga ChampionsBorussia MonchengladbachSepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini