x

Gugur di Babak Grup Liga Champions, MU Perpanjang Rekor Buruk Pasca Pensiunnya Ferguson

Rabu, 9 Desember 2020 05:39 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Kandas di fase grup Liga Champions usai kalah 2-3 dari RB Leipzig, Rabu (09/12/20), Manchester United perpanjang rekor buruk sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM – Kandas di fase grup Liga Champions usai kalah 2-3 dari RB Leipzig, Rabu (09/12/20), Manchester United perpanjang rekor buruk sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson.

Manchester United menjalani laga penting di matchday terakhir Grup H Liga Champions, Rabu (09/12/20) pukul 03.00 WIB. Bertandang ke markas RB Leipzig, Setan Merah membutuhkan satu poin untuk lolos ke babak 16 besar.

Meski demikian, petaka sudah terjadi saat laga baru memasuki menit kedua. Sepakan bek kiri Leipzig yang dipinjam dari Manchester City, Angelino, membawa tuan rumah unggul cepat 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

Angelino kemudian terbukti menjadi mimpi buruk bagi Manchester United. Dua assistnya kepada Amadou Haidara dan Justin Kluivert di menit ke-13 dan 69 membawa RB Leipzig unggul 3-0.

Ketegangan muncul ketika MU mencetak dua gol beruntun di menit ke-80 dan 82 lewat Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Namun, gempuran di sisa laga tak membuahkan hasil sehingga United harus menerima kekalahan 2-3.

Hasil ini pun membawa RB Leipzig ke puncak sedangkan Manchester United turun ke peringkat tiga dan “terdegradasi” ke Liga Europa, meski laga lain di Grup H yakni PSG vs Istanbul Basaksehir dihentikan dalam skor 0-0 karena kasus rasisme.

Kegagalan lolos dari fase grup ini pun memperpanjang rekor buruk MU di Liga Champions sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada akhir musim 2012/2013. Sejak itu, prestasi terbaik Manchester United hanya sampai ke babak perempat final sebanyak dua kali.

Sisanya, Setan Merah terhenti di babak 16 besar satu kali, gugur di fase grup sebanyak dua kali, dan tidak lolos ke Liga Champions sebanyak tiga kali.

Baca Juga
Baca Juga

Kondisi ini tentu berkebalikan dibandingkan ketika Sir Alex Ferguson masih memegang kendali. Pria Skotlandia itu  sukses membawa MU dua kali menjuarai kompetisi tersebut.

Sejak Fergie pensiun, Setan Merah sudah dilatih 5 manajer berbeda, termasuk Jose Mourinho yang sempat menjuarai Liga Champions bersama Porto dan Inter Milan. Namun, tak satu pun bahkan bisa membawa MU ke semifinal.

Hasil 2-3 di kandang RB Leipzig ini juga membuat Manchester United kebobolan 3 gol atau lebih dalam dua laga Liga Champions beruntun, setelah di matchday kelima mereka kalah 1-3 dari PSG. Catatan ini mengulang rekor buruk pada April 2003.  

Manchester UnitedLiga ChampionsSir Alex FergusonRB LeipzigBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini