x

5 Sosok yang Pernah Jadi Korban Mulut Pedas Jose Mourinho

Sabtu, 12 Desember 2020 11:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tak hanya Antonio Conte, berikut lima sosok yang juga pernah jadi korban mulut pedas Jose Mourinho selama berkarier.

INDOSPORT.COM – Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih yang blak-blakan dan bermulut pedas baik kepada kawan maupun lawan. Tak heran banyak yang memusuhinya atau bahkan kagum dengan kejujuran pahitnya.

Tak terhitung berapa banyak rival yang dimiliki Mourinho selama berkarier sebagai pelatih. Rivalitas ini sendiri muncul dari komentar pedas yang ia keluarkan di publik.

Tentu pecinta sepak bola masih ingat dengan rivalitas Mourinho dan Antonio Conte. Keduanya berseterus saat Chelsea berhadapan dengan Manchester United pada 2016 silam.

Baca Juga
Baca Juga

Kala itu, Chelsea mampu menggasakan Man United-nya Mourinho dengan skor telak 4-0. Conte yang dikenal sebagai pelatih ekspresif, dianggap berselebrasi dengan cara berlebihan sehingga membuat ‘The Special One’ tersinggung.

Dari sanalah perseteruan keduanya berlanjut hingga media massa. Baik Jose Mourinho dan Antonio Conte sama-sama melontarkan komentar pedas yang menyindir lawannya.

Awal mula adu mulut keduanya berkaitan dengan selebrasi Conte, sindir menyindir gaya permainan dan bahkan menyindir urusan personal sepert transplantasi rambut.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan parahnya, Mourinho sempat menyebut Conte layaknya badut karena selebrasi berlebihan pelatih asal Italia tersebut yang kemudian dibalas Conte jika Mourinho mengidap Dementia atau menurunnya daya ingat.

Perang komentar baik dari Mourinho dan lawan-lawannya pun tak pelak menjadi santapan dan bumbu menarik jelang laga yang mempertemukan timnya dengan lawan.

Namun, mulut pedas Jose Mourinho tak sebatas menyasar lawan saja. Terkadang mulut pedasnya menyasar ke kawannya yang notabene anak asuhnya. Berikut lima sosok yang pernah jadi korban mulut pedas The Special One.


1. 1. Arsene Wenger

Arsene Wenger vs Jose Mourinho

Arsene Wenger mungkin jadi musuh utama Jose Mourinho di dunia sepak bola. Berkali-kali The Special One menyindir mantan pelatih Arsenal tersebut di depan publik hingga keduanya sempat bersitegang di tepi lapangan dengan saling mendorong.

Mourinho pernah menyebut Wenger sebagai tukang intip karena terlalu sibuk membicarakan Chelsea. Selain itu, ia juga menyebut pria asal Prancis ini sebagai spesialis gagal.

“Saya takut dengan kegagalan karena saya tak banyak gagal. Delapan tahun tanpa gelar, itu kegagalan. Dia (Wenger) spesialis kegagalan,” ujar Mourinho.

2. Luke Shaw

Saat berada di Manchester United, Jose Mourinho kerap mengkritisi pemain-pemainnya. Kritikan dan sindiran keras yang pernah ia keluarkan di Old Trafford sendiri pernah mengarah ke sosok Luke Shaw.

Shaw disebutnya tak memiliki otak atau tak berpikir karena penampilan buruknya pada 2017 silam.

“Luke Shaw punya permainan yang baik tapi itu tubuhnya dengan otak (pikiran) ku. Dia berada di depanku dan saya membuat setiap keputusan untuknya,” sindir Mourinho.

3. Pep Guardiola

Selain Wenger, ada nama Pep Guardiola yang menjadi rival Jose Mourinho di kalangan pelatih. Rivalitas keduanya telah berlangsung dari Spanyol hingga Inggris.

Dalam satu kesempatan, Mourinho pernah menyebut bahwa rivalnya tersebut tak menikmati sepak bola sehingga kehilangan rambut dan menjadi botak.

“Ketika Anda menikmati apa yang Anda lakukan, Anda takkan kehilangan rambut, dan Guardiola botak. Dia tak menikmati sepak bola,” tutur Mourinho.

4. Rafa Benitez

Baik Jose Mourinho dan Rafa Benitez telah bersaing sejak keduanya sama-sama berada di Inggris. Kegeraman Mourinho pada Benitez sendiri tak lepas dari gol hantu di semifinal Liga Champions Liverpool vs Chelsea pada 2005 silam.

Mourinho kedapatan kerap menyindir Benitez kala menggantikan dirinya di Inter Milan dan saat dirinya menggantikan Benitez di Chelsea.

“Dalam waktu enam bulan, ia (Benitez) menghancurkan tim terbaik Eropa kala itu (Inter Milan),” singkat Mourinho.

5. Lionel Messi

Lionel Messi saat muda pernah menjadi korban mulut pedas Jose Mourinho yakni pada 2006 atau kala La Pulga masih berusia 18 tahun.

Saat itu, Mourinho menyebut Messi jago akting karena membuat Asier Del Horno mendapat kartu merah saat Chelsea berjumpa Barcelona di babak 16 besar.

“Bagaimana Anda mengatakan ‘curang’ di Catalan? Bisakan Messi dihukum karena akting? Barcelona adalah kota budaya dengan banyak teater megah dan anak ini (Messi) belajar cukup baik. Dia belajar akting,” uca Mourinho.

Manchester UnitedChelseaArsene WengerJose MourinhoLionel MessiAntonio ContePep GuardiolaRafael BenitezLuke ShawPelatihBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini