x

4 Serba-serbi Rekrutan Anyar RB Leipzig, Dominik Szoboszlai

Jumat, 18 Desember 2020 11:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig, mengumumkan kedatangan Dominik Szoboszlai dari RB Salzburg pada Kamis (17/12/20) waktu setempat.

Pemain asal Hungaria tersebut diikat kontrak empat setengah tahun yang akan kedaluwarsa pada Juni 2025. Dalam pengumuman yang sama, ia pun disebut bakal menggunakan nomor punggung 17.

Szoboszlai dijadwalkan menuntaskan kepindahannya saat bursa transfer musim dingin dan diprediksi bisa tampil saat RB Leipzig melawan Borussia Dortmund pada 9 Januari 2021.

Berkat kesepakatan ini, pupus sudah harapan banyak klub sepak bola yang meminati Szoboszlai. Seperti diketahui, pemain yang satu ini belakangan memang jadi item rebutan di bursa transfer, termasuk oleh Arsenal dan AC Milan.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, pada akhirnya ia lebih memilih RB Leipzig sebagai pelabuhan selanjutnya. Sebelum mengambil keputusan, Szoboszlai mengaku sudah mendiskusikannya terlebih dahulu dengan agennya dan juga sang ayah.

“Gaya bermain (di Leipzig) tidak jauh berbeda dengan Salzburg, jadi tidak ada yang baru. Saya rasa Bundesliga Jerman lebih baik dari Austria, jadi saya rasa ini adalah langkah sempurna,” ujar Szoboszlai dalam wawancara resminya.

“Klub juga masih berkompetisi di Liga Champions. Bagus sekali. Mereka juga berhasil mencapai semifinal musim lalu,” tambahnya lagi.

Baca Juga
Baca Juga

Merapat ke RB Leipzig, selain bisa tampil di Liga Champions, Szoboszlai pada akhirnya menjadi rekan setim Peter Gulacsi dan Willi Orban yang juga bermain bersamanya di timnas Hungaria.

Dengan demikian, rasanya lengkap sudah alasan yang melatarbelakangi kepindahan Szoboszlai ke RB Leipzig. Di tempat barunya ini, ia bertekad meraih menit bermain yang banyak, dan pastinya mencetak gol serta menyumbang assist demi kemenangan tim.

Nah, tak kenal maka tak sayang, bukan? Berikut ada empat hal tentang Dominik Szoboszlai yang mungkin Sobat INDOSPORT perlu ketahui. Seperti apa sih rekrutan anyar RB Leipzig ini?


1. Serba-serbi Lainnya

Erling Haaland adalah kawan Dominik Szoboszlai.

Berteman dengan Erling Haaland

Dua pemain muda ini membina jalinan pertemanan dekat ketika sama-sama membela RB Salzburg pada tahun 2019. Mereka adalah satu tim solid di lini depan bersama Takumi Minamino yang kini membela klub Liga Inggris, Liverpool.

Bicara soal Haaland, Dominik Szoboszlai mengatakan bahwa kawannya tersebut kerap memberi arahan dan juga saran kepadanya. Mereka juga masih menyimpan kontak satu sama lain.

Sempat berpisah, kini keduanya dipersatukan kembali di ajang Bundesliga Jerman. Tentu akan sangat menarik melihat pertemuan keduanya sebagai musuh di lapangan.

Darah Sepak Bola

Ayah Dominik Szoboszlai pernah berkecimpung di dunia si kulit bundar sebagai pemain profesional. Bakat tersebut menurun ke sang anak yang mulai bermain sepak bola sejak kecil.

Saking sukanya dengan sepak bola, Szoboszlai sampai tidak tertarik dengan mainan layaknya bocah pada umumnya. Sang ayah pun akhirnya ikut turun tangan dengan menjadi pelatih pribadi putranya.

Ia bahkan mendirikan sebuah tim bernama Akademie Fonix Gold FC untuk membantu perkembangan sang anak sebagai pemain.

Szoboszlai ingat betul seperti apa masa-masa ia berlatih bersama ayahnya. Mereka berlatih bersama secara intensif setelah sesi latihan tim selesai.

“Dia (ayahnya) selalu punya ambisi untuk jadi pelatih, jadi kami bekerja sama sejak saya berusia tiga tahun,” kata Szoboszlai seperti dikutip dari laman resmi Bundesliga Jerman.

Pemain Binaan Marco Rose

Selain sang ayah, Szoboszlai nampaknya harus berterima kasih kepada pelatih Borussia Monchengladbach saat ini yakni Marco Rose. Ia adalah sosok yang membantu dirinya berkembang sebagai seorang pemain.

Adalah momen ketika Szoboszlai masih berusia 16 tahun dan bermain di tim junior RB Salzburg. Pada waktu itu, ia ibarat kata sedang bingung-bingungnya mencari jati diri dan membentuk masa depannya di dunia sepak bola.

Pelatih Salzburg saat itu, Rose, pun memberi banyak wejangan dan bimbingan untuk Szoboszlai, menekankan bahwa seorang pemain harus berusaha keras untuk bertahan di tengah persaingan demi mencapai kesuksesan.

“Marco adalah sosok yang berbeda. Akan tetapi, jika dia tidak menunjukkan kepada saya bahwa saya butuh perubahan, mungkin saya tidak akan berada di sini sekarang,” kata Szoboszlai.

Ahli Tendangan Bebas dan Bola Mati

Meski nyaman berposisi sebagai pemain sayap kiri, Dominik Szoboszlai juga bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah ataupun serang.

Secara terang-terangan ia pernah menyebut tendangan bebas dan bola mati adalah kekuatan utamanya sebagai pesepak bola. Kemampuannya ini pun juga diakui mantan pelatihnya di Hungaria U-21, Michael Boris.

Begitu pula dengan salah satu staf pelatih RB Salzburg, Rene Aufhauser. Ia bahkan menyebut Szoboszlai adalah pemain serbabisa yang dapat mengisi beberapa posisi.

Bundesliga JermanRB LeipzigBola InternasionalSepak BolaRed Bull SalzburgDominik Szoboszlai

Berita Terkini