x

Bedah Strategi Mengerikan PSG di Bawah Arahan Mauricio Pochettino

Minggu, 3 Januari 2021 13:53 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Resmi jadi pelatih baru klub raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain, Mauricio Pochettino diyakini bakal membawa banyak perubahan ke dalam tim. 

Mantan pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, baru saja resmi menjadi pelatih baru Paris Saint-Germain menggantikan posisi Thomas Tuchel.

Sejak beberapa waktu yang lalu, Mauricio Pochettino memang sudah dirumorkan bakal mengisi jabatan sebagai pelatih kepala PSG yang baru usai klub Prancis itu mendepak Thomas Tuchel.

PSG resmi menginformasikan kabar tersebut  melalui unggahan di akun Twitter resmi mereka.

Baca Juga
Baca Juga

"Selamat datang Mauricio Pochettino," tulis akun tersebut disertai dengan video yang menunjukkan sepak terjang sang pelatih dalam menangani anak buahnya.

Pochettino sendiri bukanlah sosok asing bagi PSG. Saat masih aktif bermain, Pochettino pernah menjadi bek PSG pada 2001-2003 lalu. Ia sudah dimainkan 70 kali bersama Les Parisiens.

Sehingga, wajar bila raksasa Ligue 1 Prancis itu akhirnya tidak perlu berpikir dua kali untuk menggaet Mauricio Pochettino untuk menjadi pelatih baru mereka menggantikan Thomas Tuchel.

Sebagai pelatih muda, Mauricio Pochettino adalah sosok yang revolusioner. Dirinya tak sungkan untuk mengenalkan gaya permainan baru yang sama sekali berbeda kepada tim barunya. 

Lalu, kira-kira bagaimana wajah klub PSG di bawah besutannya? Berikut kami coba berikan analisisnya. 

Wajah Baru PSG

Perubahan pertama tentu terjadi pada gaya bermain. Mauricio Pochettino adalah pelatih dengan gaya menyerang dengan intensitas tinggi. 

Pochettino bakal selalu meminta anak asuhnya mem-build up serangan dari belakang. Gaya bermain dari kaki ke kaki yang dimulai dari lini pertahanan sudah dipakainya sejak di Southampton. 

Ia juga suka menaikan garis pertahanan yang tinggi. Meski begitu, bukan berarti pertahanan mereka berantakan, para pemainnya langsung memberikan pressing kepada lawan saat kehilangan bola. 

Perubahan ini bisa menjadi penyegaran bagi taktik PSG yang sebelumnya terbiasa menggunakan skema tiga bek dalam formasi 3-5-2. Dengan modal penyerang-penyerang terbaik dunia seperti Kylian Mbappe, Angel Di Maria, dan Neymar, para pemain PSG seharusnya tak terlalu sulit beradaptasi dengan gaya main Pochettino. 

Bersama PSG, Pochettino diyakini bakal menerapkan formasi 4-2-3-1 andalannya seperti saat menukangi Tottenham Hotspur. Di atas kertas formasi ini lebih menyerang ketimbang 3-5-2 sekaligus juga lebih berisiko. 

Pochettino bisa memainkan trio Neymar (kiri), Ander Herrera (tengah), dan Angel Di Maria (kanan) di barisan gelandang serang. Sementara untuk ujung tombak bisa diserahkan kepada Kylian Mbappe.  

Satu hal lainnya, Mauricio Pochettino adalah pelatih yang identik dengan pemain muda. Ia tak segan untuk menurunkan pemain-pemain muda yang dimilikinya di dalam tim. 

Mauricio Pochettino memiliki kemampuan yang baik dalam meramu timnya, terutama dalam hal memadukan kekuatan pemain muda dan senior. 

Ini menjadi nilai lebih bagi Paris Saint Germain yang memiliki cukup banyak materi pemain muda di Ligue 1. PSG adalah salah satu tim liga top Eropa dengan rataan usia termuda yakni 25,5 tahun. 

Para pemain muda yang siap tampil meledak bersama PSG di antaranya adalah Kylian Mbappe (striker), Timothie Pembele (bek), Mitchel Bekker (bek), Thilo Kehrer (bek), dan Mouise Kean (striker). 

Bersama Spurs, ia sukses mengorbitkan pemain muda seperti Harry Kane dan Dele Alli. Kini keduanya jadi andalan Spurs dan juga Timans Inggris.

Potensi Berlipat Jika Diberi Dana Melimpah

Sepanjang karier melatihnya di klub Eropa mulai dari Espanyol, Southampton, sampai Spurs, Mauricio Pochettino bukanlah pelatih yang dibiasakan dengan belanja besar.

Pada musim 2018-2019 saja misalnya, manajemen Tottenham Hotspur tidak memberikan dana belanja kepada Pochettino. Namun apa yang terjadi? Spurs berhasil dibawa Poche ke final Liga Champions dan finis di posisi keempat Liga Inggris.

Di Southampton ia juga pernah membuat kejutan dengan membawa tim semenjana itu finis 10 besar Liga Inggris. Bayangkan, jika ia membesut Paris Saint Germain dan diberi kelonggaran belanja pemain bintang, maka potensi kepelatihan Mauricio Pochettino bakal sangat menguntungkan Les Parisien.

Mauricio Pochettino dikabarkan tengah melirik enam pemain usai dirinya resmi jadi pelatih Paris Saint-Germain menggantikan posisi Thomas Tuchel.

Enam pemain tersebut adalah Hugo Lloris, Dele Alli, dan Harry Kane dari Tottenham, Lionel Messi dari Barcelona, Mohamed Salah dari Liverpool, dan Cristiano Ronaldo dari Juventus.

Dari semua pemain yang dikaitkan, kemungkinan Dele Alli yang paling berpotensi direkrut oleh jawara Ligue 1 tersebut. Sebabnya, hubungan Dele Alli dengan Jose Mourinho tengah kurang baik.

Baca Juga
Baca Juga

Walau belum tentu semuanya bisa didatangkan Paris Saint-Germain, namun yang pasti bersama klub barunya, Mauricio Pochettino bakal kedatangan banyak pemain bintang yang siap membantunya meraih kejayaan di Prancis dan Eropa. 

Paris Saint-GermainMauricio PochettinoThomas TuchelLigue 1Kylian Mbappe

Berita Terkini