x

Deretan Pemain Bintang yang Berawal dari Anak Gawang

Kamis, 14 Januari 2021 13:27 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
Alvaro Morata dari Juventus mengontrol bola selama pertandingan fase Grup G Liga Champions UEFA antara Juventus dan FC Barcelona

INDOSPORT.COM – Menjadi pesepak bola adalah mimpi setiap anak. Terkadang banyak jalan terjal dilalui untuk menjadi seorang pemain, termasuk di antaranya menjadi anak gawang dalam sebuah pertandingan.

Anak gawang atau Ball Boy menjadi salah satu elemen penting di pertandingan sepak bola. Perannya terbilang vital meski hanya sekadar memungut bola dan memberi bola yang keluar dari permainan.

Profesi ini memang terkesan membosankan. Namun bagi setiap anak-anak yang menyukai sepak bola, profesi ini membuat mimpi mereka untuk dekat atau melihat langsung gaya bermain pemain idola terwujud.

Baca Juga
Baca Juga

Pun di profesi ini saat ini, anak gawang terkadang ketiban durian runtuh. Seperti mendapat jersey yang dikenakan pemain idolanya .

Contoh nyatanya terjadi saat UEFA Super Cup 2019. Saat itu bintang Liverpool, Sadio Mane memberikan jersey yang ia kenakan di pertandingan kepada anak gawang.

Momen kecil seperti ini membuat banyak orang merasa tersentuh. Bahkan momen seperti ini juga menjadi momen berharga bagi si anak gawang di hidupnya.

Menjadi anak gawang pun dewasa ini mulai seperti menjadi titik utama bagi anak-anak untuk menjadi pemain ternama. Pasalnya, dari profesi sebagai anak gawang lah, mereka bisa mempelajari strategi dan permainan secara langsung.

Baca Juga
Baca Juga

Utamanya, anak gawang di klub-klub Eropa dipilih dari akademinya sendiri. Tak ayal banyak kasus anak gawang di sepak bola Eropa yang kini menjadi pemain ternama.

Berikut deretan pemain ternama yang dulunya hanyalah seorang anak gawang di tepi lapangan.

1. Alvaro Morata

Alvaro Morata saat ini masih dikenal sebagai salah satu bomber tajam. Tak ayal dirinya membela tim-tim besar sepanjang kariernya seperti Real Madrid, Chelsea, Atletico Madrid, hingga kini Juventus.

Siapa sangka sebelum menjadi bomber tajam seperti sekarang, Morata sempat menjajal profesi anak gawang. Tepatnya saat dirinya berada di akademi Atletico Madrid.

2. Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi menjadi salah satu pemain muda bertalenta yang menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola. Ia dianggap sebagai talenta terbaik yang dimiliki akademi Chelsea.

Sebagai pemain akademi, ia pun sempat menjajal profesi anak gawang di Stamford Bridge. Hal tersebut terlihat dari dokumentasi pada musim 2013/14 di mana Samuel Eto’o merayakan golnya dengan anak gawang yang tak lain adalah Hudson-Odoi.


1. 3. Bernardo Silva

Fabio Cannavaro saat menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Bernardo Silva dikenal karena kelincahannya dalam bermain sepak bola. Bahkan namanya menanjak sebagai salah satu instrumen penting bersama Manchester City.

Sebelum hijrah ke Man City, Silva mengawali kariernya di Benfica. Ia pun sempat mencicipi profesi menjadi anak gawang dan hadir langsung di tepi lapangan pada laga terakhir legenda Portugal, Rui Costa.

4. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro dikenal sebagai bek tangguh di era sepak bola modern kendati berpostur pendek untuk ukuran bek tengah.

Ia dikenal sebagai bek yang jeli membaca permainan dan lugas dalam menghadapi serangan. Mungkin saja kemampuan itu ia dapat saat menjadi anak gawang Napoli dan menonton langsung aksi Diego Maradona dan Ciro Ferrera.

5. Philipp Lahm

Philipp Lahm menjadi salah satu sosok yang paling loyal di Bayern Munchen. Kesetiannya pun telah berlangsung lama bahkan sejak dia belum menjadi pemain.

Mungkin saja kesetiaan Lahm berawal saat dirinya menjadi anak gawang Munchen. Siapa yang menduga malah anak gawang itu menjadi salah satu pemain tersukses dan juga legenda Die Roten.

Philipp LahmAlvaro MorataFabio CannavaroBernardo SilvaballboyBola InternasionalTRIVIACallum Hudson-OdoiSepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler