x

4 Mantan Wonderkid PSG yang Bersinar di Klub Lain

Selasa, 19 Januari 2021 21:51 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Paris Saint-Germain.

INDOSPORT.COM - Paris Saint-Germain ternyata mampu mencetak pemain muda bertalenta, meski klub asal Paris itu dikenal gemar membeli pemain bintang jadi.

Paris Saint Germain (PSG) adalah tim terbaik di Liga Prancis saat ini. Kehebatan PSG tak lain tak bukan adalah karena kekuatan finansialnya sehingga mampu membeli pemain bintang setiap musimnya.

Sejak Qatar Sports Investments (QSI) mengambil alih PSG,  mereka pun menjadi tim yang bertabur bintang. Alhasil PSG berhasil mendominasi Liga Prancis. PSG menjadi juara liga sebanyak 7 kali dalam 8 musim terakhir.

PSG bahkan mampu memecahkan rekor transfer dunia pada tahun 2017. Itu terjadi ketika mereka membeli Neymar dari Barcelona dengan biaya yang luar biasa, 222 juta euro.

Baca Juga

Meski demikian, kebiasaan membeli pemain bintang itu juga sedikit memberi dampak negatif. Pasalnya, PSG seperti melupakan pemain yang berasal dari akademi mereka sendiri.

Karena dilupakan, para pemain muda itu pun hengkang ke klub lain, dan bahkan mampu bersinar. Berikut ini empat mantan wonderkid PSG yang kini sukses bersama klub lain seperti dikutip dari Sportskeeda.

1. Kingsley Coman

Kingsley Coman memutuskan hengkang Juventus pada tahun 2014 saat usianya 18 tahun. Namun, Serie A ternyata tidak cocok dengan Coman sehingga kemudian ia pindah ke Bayern Munchen.

Selama lima musim di The Bavarians hingga saat ini, Coman adalah pemain reguler di tim utama. Winger berusia 24 tahun itu telah membuat 158 penampilan kompetitif untuk tim asal Jerman tersebut.

2. Moussa Dembele

Klub asal Inggris, Fulham berhasil merayu Moussa Dembele untuk meninggalkan PSG. Dembele pun datang ke Inggris pada tahun 2013.

PSG tidak keberatan melepas Dembele karena klub itu menganggap skuatnya sudah cukup baik untuk menjalani kompetisi.

PSG mungkin menyesali keputusan itu karena sang pemain sudah kembali ke Ligue 1 untuk memperkuat Olympique Lyon. Dembele kini menjadi striker utama Lyon dan mampu mencetak banyak gol.

3. Jonathan Ikone

Akademi PSG banyak menghasilkan penyerang yang berbakat, dan Jonathan Ikone adalah salah satunya. Setelah gagal mendapatkan kesempatan bermain di tim utama, Ikone pindah ke Lille pada tahun 2013.

Ikone pun berkembang menjadi sosok penting Lille musim ini. Pemain berusia 22 tahun itu berhasil menyumbang 4 gol dan 7 assist di semua kompetisi yang dijalani Lille musim ini.

Baca Juga

4. Christopher Nkunku

Nkuku sebenarnya sempat menembus tim utama PSG pada musim lalu. Ia bahkan mampu bermain dalam 29 pertandingan PSG di semua kompetisi.

Namun, Nkunku akhirnya harus tersingkir dari skuat PSG. Gelandang berusia 22 tahun itu kemudian bersinar di Bundesliga Jerman bersama RB Leipzig.

Musim ini Nkunku berhasil membuat 13 assist dan juga mampu mencetak 5 gol.

Paris Saint-GermainPSGLigue 1 PrancisKingsley ComanMousa DembeleBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini