x

Resmi Dipinjam Arsenal, Martin Odegaard 'Messi Norwegia' Nyaris Diangkut Pep Guardiola

Kamis, 28 Januari 2021 13:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:

INDOSPORT.COM – Gelandang Martin Odegaard yang berjuluk ‘Messi Norwegia’ rupanya nyaris direkrut Pep Guardiola sebelum akhirnya dipinjamkan ke Arsenal.

Melansir dari laman resmi Arsenal pada Rabu (27/01/21), disebutkan bahwa pemain berusia 22 tahun, Martin Odegaard resmi bergabung dengan The Gunners. Kedatangan Odegaard ke Arsenal dengan status pinjaman dari Real Madrid hingga akhir musim.

Baca Juga
Baca Juga

“Pemain Timnas Norwegia, Martin Odegaard bergabung dengan kami dari Real Madrid sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim ini,” tulis pernyataan resmi Arsenal.

Bergabungnya Martin Odeegard ke Arsenal, yang digadang-gadang bakal menggantikan posisi Mesut Ozil yang baru saja hijrah ke Fenerbahce, menarik perhatian publik.

Hal ini tak lepas dari profil Odegaard yang pernah dijuluki ‘Messi Norwegia’, di mana dia memiliki banyak pengagum, mulai dari Pep Guardiola, Cristiano Ronaldo,  hingga rekan  senegaranya Erling Haaland.

Berbicara mengenai ketertarikan Pep Guardiola terhadap Odegaard, The Sun mengungkapkan bahwa sang pemain rupanya pernah menjadi target Guardiola di masa lampau.

Ini terjadi ketika Odegaard berusia 13 tahun. Saat itu dia mulai berlatih dengan tim utama Stromsgodset, serta melakukan debutnya di kasta tertinggi liga Norwegia pada usia 15.

Odegaard kemudian diundang untuk berlatih dengan klub-klub top di seluruh Eropa, termasuk klub masa kecil Liverpool, Bayern Munchen dan Manchester United.

Ketika Odegaard berlatih bersama Bayern Munchen, Pep Guardiola yang saat itu menjadi pelatih klub Bundesliga Jerman ini menyatakan bahwa dirinya ingin memoles Odegaard sebagai pemain berkelas dunia.

Menurut mantan pesepak bola, Fjortoft, yang saat ini menjadi jurnalis di Jerman, Guardiola sempat meminta dewan direksi Bayern Munchen untuk merekrut Odegaard.

“Anda harus membawa bocah itu (Odegaard) ke Munchen, Anda harys membawanya ke Munchen! Saya akan menjadikannya pemain terbaik di dunia,” kata Guardiola  saat itu, menurut penuturan Fjortoft di podcast Here We Go.

Sayangnya, impian Guardiola untuk bekerja bersama Odegaard pupus karena Real Madrid lebih dulu menyegel tanda tangan Odegaard. Saat itu Madrid membeli Odegaard dengan biaya sekitar 2,3 juta pounds.

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, Odegaard gagal menembus tim utama Los Blancos mengingat ketatnya persaingan di lini tengah raksasa ibukota Spanyol itu. Saat itu, Madrid sudah memiliki sejumlah bintang ternama, mulai dari Luka Modric hingga Federico Valverde.

Alhasil Real Madrid melepas Odegaard meski dengan status pinjaman saja ke Arsenal. Di satu sisi, Arsenal sedang bersuka cita karena akhirnya bisa mendapatkan gelandang serang kreatif yang bisa mengisi tempat Mesut Ozil.

Bursa TransferReal MadridArsenalBayern MunchenPep GuardiolaNorwegiaMartin OdegaardBerita Bursa Transfer

Berita Terkini