x

Pelatih Timnas Putri Mulai Lakukan Seleksi Pemain, Ini Syaratnya

Kamis, 4 Februari 2021 14:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Timnas Putri Indonesia gagal meraih hasil bagus di laga pembuka Piala AFF Wanita 2019 setelah kalah telak 0-7 dari Myanmar, Jumat (16/08/19).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada mulai bergerak untuk membentuk tim dengan melakukan seleksi terhadap para pemain. Hal itu dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi sejumlah agenda internasional pada tahun ini.

Rudy Eka melakukan seleksi tahap awal dengan meminta rekomendasi pemain dari para pelatih sepak bola putri di daerah, maupun sekolah sepak bola (ssb). Jika sudah terkumpul pemain yang sesuai kriteria, tim rencananya melakukan pemusatan latihan pada Maret mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

"Seusai pemaparan program dan rencana terkait Timnas wanita yang sudah saya sampaikan ke ketua umum (Mochamad Iriawan dan direktur teknik PSSI (Indra Sjafri), saya akan melakukan scouting pemain terlebih dahulu di bulan Februari ini. Bulan Maret nanti rencananya kami memulai pemusatan latihan," kata Rudy Eka.

Rudy menjelaskan, seleksi tahap awal berupa video screening. Setelahnya ia akan mengunjungi tim atau klub untuk melihat langsung kemampuan dari para kandidat yang terpilih, sebelum akhirnya mengumpulkan para pemain tersebut untuk melakukan seleksi di lapangan.

"Seleksi tahap awal akan dilakukan melalui screening video, di mana setiap pesepak bola wanita potensial yang ingin mengikuti seleksi, harus memenuhi beberapa kriteria dasar, yakni memiliki fisik yang baik, kecepatan berlari, berani, mengerti dan menguasai teknik-teknik sepakbola, disiplin, dan yang terpenting memiliki sikap yang baik," tuturnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Adapun menyangkut persyaratan batas usia, untuk Timnas senior, pemain harus kelahiran 2002 ke atas. Sementara untuk kelompok U-18, para pemain harus kelahiran tahun 2003-2005, dan kelompok U-15 mereka yang lahir pada tahun 2006 dan 2007," tutup mantan pelatih Tira Persikabo itu.

Pada 2021 sejumlah event yang rencananya akan diikuti timnas putri Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Piala Jenesys di Jepang (1-8 Juni), Piala AFF U-16 (2-15 Agustus), kualifikasi AFC U-20  (14-22 Agustus), AFF 2021 di Filipina (Agustus-September), kualifikasi AFC (13-25 September), AFC U-17 (18-26 September), kualifikasi AFC U-20 (3-7 November), AFF U-19 (16-28 November), SEA Games (15 November-1 Desember), kualifikasi AFC U-17 (8-12 Desember).

Liga IndonesiaRudy Eka PriyambadaTimnas Indonesia Putri

Berita Terkini