x

Menerka Calon Duet Sergio Ramos di Lini Pertahanan Manchester United

Jumat, 12 Februari 2021 09:03 WIB
Editor: Coro Mountana
Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Real Madrid ke gawang Real Betis

INDOSPORT.COM – Seandainya Sergio Ramos benar-benar jadi gabung Manchester United, siapakah kira-kira calon duet bintang Real Madrid tersebut?

Sepekan terakhir, jagat sepak bola Eropa dikejutkan dengan kabar keretakan hubungan rumah tangga antara Sergio Ramos dengan Real Madrid. Sergio Ramos disebut tak ingin bertahan di Real Madrid lagi, hal ini menimbulkan sejumlah spekulasi liar.

Salah satunya adalah rumor yang dihembuskan oleh Todofichajes, di mana dilaporkan jika agen Sergio Ramos disebut bakal melakukan perjalanan ke Inggris untuk negosiasi kontrak dengan Manchester United. Sontak rumor tersebut menggegerkan sepak bola Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Sungguh bagaikan ketiban durian runtuh jika memang pada akhirnya Sergio Ramos benar-benar bergabung dengan Manchester United. Bayangan Manchester United bakal kembali pada masa kejayaannya pun sepertinya bisa jadi kenyataan.

Mengingat, Ramos merupakan pemain sarat pengalaman yang sangat sukses bersama Real Madrid dan Timnas Spanyol. Ramos juga merupakan tipe bek yang komplet secara atribut dan punya tingkat influence sangat tinggi.

Impian suporter melihat Manchester United bangkit pasca era Sir Alex Ferguson pun sepertinya bisa terjawab berkat kehadiran Ramos. Namun tunggu dulu, dalam perkembangannya, jurnalis Fabrizio Romano mengungkapkan kalau belum ada kontak dari Manchester United ke Ramos.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, mengingat bursa transfer masih lama baru dibuka, apapun bisa terjadi termasuk kemungkinan Ramos ke Manchester United. Pertanyaannya sekarang, jika Ramos gabung Manchester United, siapa kira-kira calon duetnya di lini pertahanan Setan Merah?


1. Siapa Calon Duet Sergio Ramos di Manchester United?

Ekspresi kekecewaan Harry Maguire di laga RB Leipzig vs Manchester United

Sergio Ramos bisa dikatakan merupakan salah satu bek tengah terbaik dunia untuk saat ini. Kemampuannya begitu komplet, ia bisa bertindak sebagai No-Nonsense bek atau sebagai ball playing defender.

Hal itu dikarenakan Ramos punya catatan intersep, block dan clearances sangat apik untuk menjadi seorang No-Nonsense bek. Tapi di sisi lain, Ramos punya kemampuan memberikan umpan akurat dari lini belakang layaknya ball playing defender.

Satu-satunya kelemahan Ramos adalah emosi dan ketidaksabarannya yang membuat dirinya terkenal sebagai bek yang hobi mengoleksi kartu kuning ataupun merah. Melihat kekurangan itu, maka nama Victor Lindelof harusnya menjadi sosok paling tepat untuk Ramos.

Menurut catatan Squawka saat membandingkan statistik para bek Manchester United di Liga Inggris musim ini, Lindelof jadi bek yang paling disiplin. Setidaknya hingga artikel ini ditulis, hanya Lindelof yang belum pernah terganjal kartu apapun musim ini.

Ketenangannya di lini pertahanan Manchester United tampaknya bisa melengkapi kekurangan Ramos yang terkenal kasar. Tapi jika kita mau analisis lebih dalam, Ramos selama ini di Real Madrid ataupun Spanyol, lebih sering ditempatkan sebagai No-Nonsense bek.

Dengan kata lain, Ramos membutuhkan seorang ball playing handal dan itu ada pada sosok Axel Tuanzebe. Di mana Tuanzebe memiliki rataan long pass dengan akurasi tertinggi dibanding semua bek Manchester United yaitu mencapai 75%.

Tapi, dalam perbandingan statisik para bek Manchester United, harus diakui kalau Harry Maguire adalah yang terbaik dengan unggul dalam hal ball recoveries, clearances, intersep dan blok. Bisa saja Ramos nantinya diduetkan dengan Maguire.

Mengingat Maguire ini terkenal lambat sehingga ketika dipadukan dengan Ramos yang punya kecepatan, membuat lini pertahanan Manchester United jadi stabil. Sebagai catatan, Ramos pernah berlari dengan kecepatan hingga 30,6 km per jam pada 2015, menurut catatan FIFA.

Jadi, dengan tak menghitung Eric Bailly dan Phill Jones yang lebih banyak cedera, setidaknya ada 3 calon kuat bisa duet dengan Ramos. Tapi tentu masing-masing dari Tuanzebe, Lindelof atau Maguire punya plus minusnya.

Tuanzebe dengan kemampuan akurasi long pass terbaik, Lindelof dengan ketenangannya dan Maguire sang kapten Manchester United. Fleksibilitas dan kompletnya atribut Ramos membuat ketiga bek tadi bisa jadi duetnya di Manchester United, tergantung kebutuhannya nanti.

Manchester UnitedSergio RamosPhil JonesEric BaillyAxel TuanzebeIn Depth SportsVictor LindelofFeatureHarry Maguire

Berita Terkini