x

Duel Antarlini Barcelona vs PSG di Liga Champions: Double Pivot Matikan Lionel Messi

Senin, 15 Februari 2021 14:37 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Bedah duel antarlini antara Barcelona vs Paris Saint-Germain di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa 2020-2021, Rabu (17/02/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Bedah duel antarlini antara Barcelona vs Paris Saint-Germain di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa 2020-2021, Rabu (17/02/21) dini hari WIB. 

Barcelona akan menjamu tamunya Paris Saint-Germain di laga leg pertama babak knock-out Liga Champions Eropa. Duel dua tim sensasional ini akan digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (17/02/21) dini hari WIB.

Barca dan PSG kembali bertemu di fase gugur Liga Champions Eropa. Pada dekade lalu, kedua tim telah bertanding sebanyak empat kali di Liga Champions. 

Salah satunya adalah laga penuh kejutan pada musim 2016-2017 ketika Barca melakukan comeback gemilang setelah tertinggal empat gol tanpa balas. Laga keduanya pada tahun ini masih terbilang sangat seru karena kedua tim dihuni banyak pemain bintang. 

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, untuk leg pertama ini kita tidak bisa menyaksikan duel Lionel Messi vs Neymar. Sebab, Neymar saat ini masih dibekap oleh cedera. 

Lalu, seperti apa gambaran kedua tim ketika bertarung di laga Rabu dini hari nanti? Berikut kami ulas duel antarlini Barcelona vs PSG. 

FORMASI

Barcelona (4-3-3)
Paris Saint-Germain (4-2-3-1)

KIPER

Untuk posisi penjaga gawang, kedua tim bakal memainkan kiper terbaik mereka. Di kubu Barcelona, nama Ter Stegen masih akan menjadi andalan. 

Meski tidak tampil penuh, namun musim ini Ter Stegen cukup menjadi andalan Barcelona. Sebanyak 16 penampilan di LaLiga dan 3 di Liga Champions mampu ditorehkannya. 

Total, musim ini Ter Stegen telah bermain sebanyak 25 laga di seluruh kompetisi dengan catatan 7 clean sheet dan 28 kali kebobolan. 

Sementara itu, di kubu tim tamu PSG akan memainkan kiper senior mereka, Keylor Navas. Di PSG, Keylor Navas berhasil bangkit setelah dibuang oleh Real Madrid. 

Hal itu memang beralasan karena Keylor Navas tampil gemilang musim ni. Dari total 24 penampilan di seluruh kompetisi, Navas sukses mencatatkan 13 clean sheet dan hanya kebobolan 15 gol saja. 

BELAKANG

Untuk barisan belakang, kedua tim memainkan skema yang sama yakni formasi empat bek. Namun, malang bagi Barcelona, mereka ditinggal cukup banyak pilar di lini belakang. 

Barcelona tidak bisa memainkan Gerard Pique dan Sergi Roberto. Sebagai gantinya, Ronald Koeman akan memasang Clement Lenglet dan menarik mundur Frenkie de Jong. 

Untuk posisi bek sayap, Barca masih mempercayakan pada Jordi Alba di kiri dan terpaksa menggeser Oscar Mingueza menjadi bek kanan. 

Sedangkan kubu tim tamu, PSG, tak mengalami masalah pada lini belakang. Mereka bisa memainkan kuarter andalan yakni Florenzi (kiri), Marquinhos (tengah), Kimpembe (tengah), Kurzawa (kiri). 

Baca Juga
Baca Juga

Untuk urusan pertahanan, Paris Saint-Germain masih lebih dominan dari Barca. Jika ditotal performa di Ligue 1 dan Liga Champions, PSG baru kebobolan 21 gol. Sementara Barcelona telah kebobolan 26 gol. 


1. TENGAH

Lionel Messi mencetak gol di laga Barcelona vs Athletic Bilbao

Pertarungan seru baru terjadi di lini tengah. Kedua tim memainkan gaya yang berbeda. Pelatih PSG, Mauricio Pochettino, menggunakan skema double pivot alias menempatkan dua gelandang bertahan di antara bek dan barisan tengah/depan.

Kedua nama yang ditugasi adalah Paredes dan Gueye. Untuk melawan Barca yang memiliki Lionel Messi di tengah, strategi ini diharapkan efektif dalam merebut bola. 

Untuk tiga gelandang di depan, PSG bakal memainkan Marco Veratti di posisi tengah/playmaker, Kylian Mbappe (kiri) dan Moise Kean. Kean untuk sementara menggantikan Neymar yang cedera. 

Sebagai respons, tim tuan rumah, Barcelona, diyakini bakal tetap pada style-nya dengan menempatkan Pedri (kiri), Busquets (tengah), dan Pjanic (kanan) sebagai tiga gelandang sejajar. 

Kedua tim bakal bertumpu pada permainan dari sisi flank. Meski begitu, ada perbedaan di mana Barca bakal mengandalkan penyerang dan fullback mereka, sementara PSG berharap kepada fullback dan gelandang mereka. 

DEPAN

Untuk posisi depan, Barcelona yang menggunakan formasi 4-3-3 bakal menurunkan trisula maut mereka minus Ansu Fati. Sebagai gantinya, Koeman akan menurunkan Ousmane Dembele di sisi kanan. 

Sementara untuk posisi tengah dan kiri sudah pasti milik Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Sejauh ini taktik trisula cukup efektif dalam mengembalikan ketajaman Messi dan Griezmann. 

Jika Barca punya trisula maut, maka PSG cukup mempercayakan posisi ujung tombak pada Mauro Icardi seorang. Di PSG, Icardi tak perlu bekerja keras sebab ia akan menjadi target man sejati. 

Barcelona wajib mewaspadai Icardi di laga Liga Champions ini, sebab sang pemain begitu oportunis di kotak penalti lawan. Apalagi Icardi akan mendapat sokongan dari Kylian Mbappe dan Moise Kean di lini sayap Paris Saint-Germain

BarcelonaLionel MessiLiga ChampionsParis Saint-GermainRonald KoemanPSGKylian MbappeBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini