x

Ada Eks Milan, Ini Tiga Pelatih Top Nganggur yang Bisa Gantikan Jose Mourinho di Tottenham

Senin, 22 Februari 2021 21:21 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pelatih top dunia yang tengah menganggur dan bisa jadi opsi Tottenham Hotspur andai mereka harus memecat Jose Mourinho pada musim ini.

Nasib Jose Mourinho di Tottenham sendiri saat ini memang berada di ujung tanduk. Meski bersinar di awal musim, namun setelah pergantian tahun peforma The Spurs malah alami penurunan.

Teranyar, klub asal London tersebut menelan kekalahan 2-1 saat bertandang ke markas West Ham United di pekan ke-25 Liga Inggris hari Minggu (21/02/21) lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Bertanding di Stadion Olimpiade London, tim tuan rumah West Ham langsung unggul cepat lewat sontekan Michail Antonio pada menit ke-5 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, West Ham memperbesar keunggulan melalui aksi Jesse Lingard dua menit setelah kick off. Tottenham sendiri cuma bisa memperkecil ketertinggalan lewat Lucas Moura usai memanfaatkan umpan Gareth Bale menit 67’.

Dengan kekalahan ini, total Tottenham sudah merasakan lima kekalahan dari tujuh pertandingan terakhir yang telah mereka jalani di Liga Inggris.

Hasil tersebut membuat Spurs melorot ke urutan sembilan dengan 36 poin, berjarak sembilan angka dari West Ham di urutan empat atau batas akhir zona Champions.

Berkaca pada hasil buruk tersebut, kecaman untuk memecat Jose Mourinho dari jabatan pelatih kepala Tottenham pun langsung bermunculan. Termasuk dari para pendukung The Lilywhites sendiri.

Dilansir dari salah fanspage terbesar Tottenham, Hotspurhq, menjelaskan bahwa satu-satunya cara agar Spurs bisa kembali ke jalur kemenangan adalah dengan memecat Jose Mourinho.

“Satu-satunya cara bagi Tottenham untuk memenuhi potensi mereka adalah dengan melepaskan diri dari Jose Mourinho, seorang manajer yang menyedot kegembiraan dari sisi yang sebelumnya bersemangat,” tulis laman tersebut.

Walau belum ada keterangan resmi dari klub perihal pemecatan Mou, namun jika benar Tottenham berniat cari jurulatih baru, berikut beberapa pelatih top dunia yang sedang menganggur dan mungkin cocok buat mereka.

Massimiliano Allegri

Pelatih asal Italia Massimiliano Allegri.

Nama pertama adalah Massimiliano Allegri, pelatih berusia 53 tahun tersebut saat ini masih berstatus bebas transfer setelah terakhir kali membesut Juventus pada 2014 hingga 2019.

Sempat dikabarkan telah menjalin pra kontrak bersama AS Roma, namun jika Tottenham bisa memberikan tawaran lebih menarik bukan tak mungkin Allegri bisa berlabuh ke Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Selama berkarier, mantan pelatih yang sempat membesut AC Milan ini berhasil meraih enam gelar juara Serie A, empat Coppa Italia serta tiga trofi Supercoppa Italiana.


1. Maurizio Sarri

Maurizio Sarri mencoba menenangkan para pemainnya di semifinal Coppa Italia Juventus vs AC Milan

Berikutnya ada Maurizio Sarri, pelatih Italia yang sempat merasakan kerasnya kompetisi Liga Inggris kala membesut Chelsea pada musim 2018/19.

Kini, mantan allenatore Juventus tersebut masih belum mendapat klub baru usai didepak manajemen Bianconeri awal Agustus 2020 lalu.

Banyak rumor yang menyebut bahwa Sarri akan kembali menukangi klub lamanya, Napoli, namun tantangan melatih di Inggris bisa saja menarik hari sang pelatih.

Sepanjang berkarir, pelatih yang dikenal dengan Sarri Ball nya ini berhasil merengkuh gelar UEFA Europa League dan Serie A, serta menjadi runner up di ajang Piala Liga Inggris, Coppa Italia serta Supercoppa Italiana.

Ernesto Valverde
Terakhir ada Ernesto Valverde, pelatih yang cukup sukses saat menukangi Barcelona pada 2017 hingga 2020 silam. Selama tiga tahun di Nou Camp, Valverde berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga serta masing-masing satu trofi Copa del Rey dan Supercopa de España.

Pasca dipecat dari Barcelona usai 3-2 dari Atlético Madrid di Supercopa de España 13 Januari 2020 lalu, sampai saat ini Ernesto Valverde belum juga mendapat pekerjaan baru.

Selain di Barcelona, kemampuan Ernesto Valverde juga cukup teruji kala menukangi tim papan tengah. Terbukti dirinya sukses membawa Athletic Bilbao juara Supercopa de Espana pada tahun 2015 lalu.

Jose MourinhoTottenham HotspurLiga Primer InggrisTottenham HotspursLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini