x

Kena Kutukan, 5 Pemenang Ballon d’Or Ini Tak Bisa Juarai Liga Champions

Selasa, 23 Februari 2021 18:57 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Memenangkan Ballon d'Or kerap kali dipandang sebagai prestasi terbesar bagi pemain sepak bola dari segi individu.

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, ada dua pemain yang mendominasi penghargaan tersebut yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Keberhasilan kedua pemain tersebut dalam memenangi gelar Ballon d’Or tentu karena kontribusi besar terhadap timnya.

Baca Juga

Akan tetapi mengantarkan timnya menjadi juara kompetisi bergengsi seperti Liga Champions juga merupakan pencapaian tertinggi bagi pemain untuk diraih pada level klub.

Sebab, biasanya, para pemain yang sukses membawa timnya menjuarai Liga Champions menjadi kandidat terkuat untuk meraih penghargaan tersebut.

Musim lalu, Ballon d'Or tak diselenggarakan akibat dari adanya pandemi virus corona (covid-19), namun penghargaan pemain terbaik dari pihak lainnya tetap diselenggarakan.

FIFA The Best dan Pemain Terbaik Eropa dari UEFA, adalah dua gelar individu yang diberikan kepada Robert Lewandowski yang sukses mengantarkan Bayern Munchen meraih gelar Liga Champions, dan lima gelar lainnya.

Andai pihak France Football selaku penyelenggara Ballon d'Or bisa menggelar tahun lalu, penyerang asal Polandia tersebutlah yang kemungkinan besar memenangkannya.

Baca Juga

Tapi sayangnya tidak semua pemain hebat yang pernah meraih gelar Ballon d'Or bisa membawa timnya juara Liga Champions, yang penuh dengan persaingan tim-tim elite.

Siapa saja mereka? berikut ulasannya:Berikut ini adalah 5 pemenang Ballon d'Or yang tidak pernah memenangkan Liga Champions:


1. 5 Pemain yang Tak Pernah Menang Liga Champions

Legenda Juventus, Pavel Nedved

1. Roberto Baggio

Mantan pemain internasional Italia itu dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or pada tahun 1993, pada hari-hari terbaiknya sulit bagi para bek lawan untuk menghentikan Roberto Baggio.

Meski bermain untuk klub besar Italia seperti Juventus, AC Milan dan Inter Milan, ia tidak mampu memenangkan gelar Liga Champions hingga akhir kariernya.

2. Michael Owen

Penghargaan Ballon d'Or yang diterima Michael Owen pada 2001 membuatnya dipandang sebagai salah satu penyerang terbaik Liverpool, tapi ada banyak kesalahan yang dibuat dalam kariernya.

Meninggalkan Liverpool terlalu cepat untuk pindah ke Real Madrid, karier Owen terus mengalami penurunan. Meski pernah membela Manchester United di era Sir Alex Ferguson, sang striker tetap gagal memenangkan Liga Champions.

3. Pavel Nedved

Gelandang asal Ceko yang begitu identik dengan Juventus, memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2003, Pavel Nedved yang kini duduk di salah satu posisi petinggi Si Nyonya Tua memang dipandang sebagai salah satu gelandang terbaik.

Tapi, prestasi yang diraih Nedved bersama Juventus di kompetisi domestik, tidak bisa menular ke Eropa karena ia tidak pernah memenangkan trofi Liga Champions.

4. George Weah

George Weah hingga saat ini masih menjadi satu-satunya orang Afrika yang pernah memenangkan Ballon d'Or, ketika sang pemain mencapai prestasi ini pada tahun 1995.

Meski prestasinya secara individu sudah tidak diragukan lagi dan memiliki kesempatan membela beberapa klub besar Eropa, trofi Liga Champions tidak pernah menghampiri sang pemain.

Baca Juga

5. Ronaldo Luis Nazario de Lima

Salah satu pemain paling terampil dan bertalenta di generasinya adalah Ronaldo asal Brasil, yang memenangkan Ballon d'Or dua kali pada tahun 1997 dan 2002.

Namun, sialnya bagi Ronaldo, ia tidak pernah menempatkan trofi Liga Champions pada lemari pencapaiannya setelah gagal memenangkan trofi Si Kuping Besar bersama para klub yang dibelanya.

Liga ChampionsRobert LewandowskiBallon d'OrTRIVIA

Berita Terkini