x

Liga Champions: Fakta dan Data Jelang Laga Atletico Madrid vs Chelsea

Selasa, 23 Februari 2021 12:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Fakta dan data jelang pertandingan Liga Champions antara Atletico Madrid vs Chelsea.

INDOSPORT.COM - Berikut fakta dan data pertandingan Liga Champions antara Atletico Madrid vs Chelsea, yang akan digelar pada Rabu (24/02/21) dini hari WIB.

Dua tim berbeda liga ini akan saling berhadapan dalam duel sengit di leg pertama 16 besar Liga Champions 2020-2021 di Bucharest, Rumania.

Sejatinya, Atletico Madrid adalah tuan rumah yang bakal menjamu Chelsea di markas mereka, Wanda Metropolitano. Akan tetapi, pembatasan ketat di negara Spanyol selama pandemi Covid-19 menghalangi wacana tersebut.

Alhasil, pertandingan ini pun akhirnya dipindahkan ke tempat netral, yang bisa merugikan Atletico Madrid sebagai tuan rumah asli leg pertama. Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih Chelsea, Thomas Tuchel.

Baca Juga
Baca Juga

“Atletico Madrid dirugikan karena tidak bermain di rumah sendiri,” demikian kata mantan juru taktik Paris Saint-Germain tersebut kepada Marca.

Meski begitu, apa pun yang terjadi, ia mengaku tidak akan membiarkan anak-anak asuhnya lemah maupun memandang sebelah mata calon lawan mereka. Pasalnya, Los Rojiblancos bukan tim yang mudah dikalahkan.

Mereka tampil ampik musim ini, bahkan digadang-gadang sebagai calon juara LaLiga Spanyol 2020-2021 dan Tuchel sadar betul terhadap hal tersebut.

“Atletico adalah tim yang sudah punya banyak pengalaman di kompetisi ini, dengan mentalitas yang hebat pula. Anda tahu mereka akan berjuang sekuat tenaga,” tambah Tuchel lagi.

Tuchel sendiri baru pertama kali ini menghadapi Atletico Madrid sepanjang kariernya di dunia kepelatihan. Ditambah lagi, rekor kedua tim saat bersua di Liga Champions sejauh ini bisa dibilang cukup fair.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya, Atletico Madrid pernah menendang Chelsea keluar dari Liga Champions 2013-2014 saat menang agregat 3-0 di fase semifinal. Leg kedua yang digelar pada tanggal 30 April 2014 ternyata memihak kubu Los Rojiblancos.

Setelah imbang di leg pertama, mereka menang 3-1 lewat Adrian Lopez, Diego Costa, dan Arda Turan. Akan tetapi, pada musim 2017-2018, giliran Chelsea-lah yang berjaya ketika berjumpa Atletico Madrid di fase grup.

Saat itu, mereka berjumpa dua kali dan The Blues-lah yang berhasil lolos ke 16 besar dengan status runner-up grup. Sementara itu, Atletico Madrid terpaksa lengser ke Liga Europa karena berada di peringkat tiga.


1. Fakta dan Data Jelang Atletico Madrid vs Chelsea

Salah satu momen ketika Atletico Madrid dan Chelsea berjumpa di Liga Champions.

Selain catatan pertemuan mereka di Liga Champions 2013-2014 dan 2017-2018 tersebut, berikut redaksi berita INDOSPORT sajikan fakta dan data lainnya jelang bentrokan Atletico Madrid vs Chelsea di National Arena, Rabu (24/02/21) dini hari WIB.

Atletico Madrid

- Hanya menelan tujuh kekalahan dari 37 penampilan mereka di kompetisi Eropa. Akan tetapi, mereka harus waspada lantaran belakangan ini selalu kebobolan alias gagal clean sheet dalam tujuh laga terakhirnya.

- Finis di peringkat tiga klasemen akhir LaLiga Spanyol musim lalu, ini adalah penampilan ke-11 sekaligus ke-8 secara bertuntun Atletico Madrid di Liga Champions. Lalu, untuk di fase knockout, mereka telah mencapainya sembilan kali.

- Atletico Madrid menang di dua pertandingan kontra klub Inggris ketika bermain di tempat netral. Yang pertama kontra Chelsea di Piala Super Eropa (Monako), dan yang kedua lawan Fulham di final Liga Europa (Hamburg).

- Diego Simeone beberapa kali membawa Atletico Madrid melaju cukup jauh di Liga Champions sepanjang masa kepelatihannya. Mereka mencapai minimal perempatfinal di lima dari tujuh penampilan terakhirnya.

Chelsea

- The Blues sudah memainkan 11 pertandingan dua leg melawan klub-klub asal Spanyol. Terakhir kali, mereka melawan Barcelona di 16 besar Liga Champions 2017-2018.

- Hanya pernah menang sekali dari empat pertandingan mereka kontra klub-klub Spanyol di tempat netral, yakni saat membabat Real Madrid di ajang UEFA Cup Winners' Cup 1971 yang digelar di Yunani.

- Finis di peringkat empat klasemen akhir Liga Inggris musim lalu, ini adalah penampilan ke-17 Chelsea di Liga Champions. Dari empat musim terakhir, mereka sempat absen sekali pada 2018-2019 lantaran bermain di Liga Europa.

- Chelsea sudah dua kali bermain di National Arena, semuanya melawan Steaua Bucuresti di ajang Liga Europa dan Liga Champions. 

Atletico MadridChelseaLiga ChampionsDiego SimeoneThomas TuchelSepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini