x

Rekor Gol Sundulan Terjauh di Sepak Bola: Ada yang dari Setengah Lapangan Lebih!

Sabtu, 27 Februari 2021 14:04 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Salah satu gol unik yang terjadi di Piala Dunia 2014 yang diciptakan oleh striker Belanda, Robin van Persie ke gawang Spanyol (13/06/14).

INDOSPORT.COM – Sepak bola selalu menghadirkan sisi mencengangkan terutama dari gol-golnya. Kali ini, fakta mencengangkan hadir di mana terdapat lima gol sundulan yang masuk dalam rekor sebagai gol sundulan terjauh bahkan ada yang mencetaknya dari setengah lapangan.

Biasanya, gol sundulan di buat dari jarak dekat. Hal ini tak lepas dari kekuatan bola saat ditanduk dengan kepala berbeda dengan kekuatan bola saat disepak menggunakan kaki.

Tak ayal, biasanya gol-gol sundulan kebanyakan dicetak dari jarak dekat yakni kotak 16 lawan. Entah itu memanfaatkan umpan silang, sepak pojok, atau bahkan lemparan ke dalam.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, pernahkan membayangkan ada pemain yang pernah mencetak gol dengan sundulan dari jarak 50 meter lebih atau setengah lapangan? Tentu hal tersebut hanya terjadi di dunia game saja.

Bagi anak ’90 an, tentu mengenal game Super Shot Soccer di Play Station 1 (PS1). Di game ini, setiap tim memiliki ciri khas atau jurus baik saat menyerang dan bertahan.

Sebagai contoh, tim Arab Saudi memiliki jurus yakni menggunakan angin (Desert Storm) sehingga kiper tinggal melempar bola dan seketika bola akan masuk ke gawang lawan.

Baca Juga
Baca Juga

Tentu yang paling Epic adalah jurus yang dimiliki Tim Jerman yakni sundulan bola yang bisa langsung masuk ke gawang meski dari tengah lapangan yang bernama 'Saltz Heading'.

Jurus sundulan Tim Jerman di gim Super Shot Soccer ini nyatanya juga pernah ada di dunia nyata dan masuk dalam rekor gol sundulan terjauh di sepak bola. Berikut rangkuman INDOSPORT.


1. 5 Gol Sundulan Terjauh

Salah satu gol unik yang terjadi di Piala Dunia 2014 yang diciptakan oleh striker Belanda, Robin van Persie ke gawang Spanyol (13/06/14).

5. Robin van Persie: Jarak 15.5 Meter

Robin van Persie memegang rekor gol sundulan terjauh kelima dengan jarak 15.5 meter. Gol tersebut ia buat saat membela Belanda di Piala Dunia 2014.

Tak tanggung-tanggung, gol yang ia buat menaklukan Iker Casillas. Gol tersebut terbilang indah karena Van Persie melakukannya sambil melayang dan bola melambung di atas Casillas.

4. Carlton Palmer: Jarak 30 Meter

Pada era ’90 an, sepak bola Inggris menyaksikan sebuah gol indah yang dicetak Carlton Palmer di mana ia mencetak gol tersebut kala melawan Everton.

Palmer yang membea Sheffield Wednesday mampu menanduk bola dari jarak 30 meter setelah menyambut bola buangan pemain lawan. Ia yang berdiri di luar kotak penalti pun menanduk bola ke arah gawang dan membuat kiper Everton kala itu tak berkutik.

3. Martin Palermo : Jarak 40 Meter

Di Argentina pun pernah tercipta rekor apik kala Martin Palemro mencetak gol sundulan dari jarak 40 meter kala Boca Juniors menghadapi Veles Sarsfield pada 2009 lalu.

Palermo menanduk bola hasil buangan kiper lawan yang maju. Bola pun langsung disambutnya dengan tandukan dan mengarah ke gawang yang kosong.

2. Jone Samuelsen: Jarak 57,3 Meter

Hampir sama dengan skema Palermo, Jone Samuelsen mencetak gol sundulan dari setengah lapangan pada 2011 silam.

Samuelsen mencetak gol lewat tandukan hasil bola tandukan pemain lawan dalam skema serangan balik. Ia yang berdiri bebas pun lantas sekuat tenaga menanduk bola ke gawang yang kosong karena kiper lawan maju ke depan dalam situasi sepak pojok.

1. Ryujiro Ueda: Jarak 57.8 meter (Ada yang Menyebut 58 Meter dan 58.6 Meter)

Rekor sundulan terjauh di dunia sepak bola dipegang oleh pemain Jepang, Ryujiro Uefa. Ia mencetak gol lewat sundulan dari jarak 57.8 meter pada 2011 silam.

Saat itu, Ueda mencetak gol di laga Fagiano Okayama vs Yokohama. Ia menanduk bola hasil sepakan kiper ke tengah lapangan.

Bola yang telah melewati tengah lapangan lantas ditanduk Ueda sembari melompat. Bola tandukan tersebut pun mengalir deras ke arah gawang.

Sayang, kiper lawan terlalu maju dari areanya dan tak mampu menangkap bola yang melewati atasnya sehingga masuk dengan mudah.

Gol sundulan Ueda ini belum terpecahkan hingga sekarang. Mungkin bakal selamanya mengingat sulitnya mencetak gol melalui sundulan, alih-alih dari setengah lapangan lebih.

Piala Dunia Brasil 2014Robin van PersieIker CasillasMartin PalermoBola InternasionalTRIVIASepak Bola

Berita Terkini