x

Ketum PSSI Soroti Masalah Mental dan Fisik Pemain Timnas Indonesia U-23 Jelang Uji Coba

Rabu, 3 Maret 2021 08:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemusatan Latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 Vietnam hari kedua di Lapangan G Senayan, Jakarta, Rabu (10/02/21) sore.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kembali menyambangi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021. Dalam kunjungan kali ini, Iriawan menilai fisik pemain Timnas Indonesia belum 100 persen.

Memang Iriawan memaklumi fisik para pemain timnas yang belum kembali sempurna. Situasi pandemi COVID-19 membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak memberikan latihan fisik seberat biasanya.

"Secara fisik memang belum 100 persen peningkatannya masih 60 persen. Kenapa? karena memang situasi Shin menyesuaikan dengan imunitas mereka, jangan terlalu capek jadi mereka turun," ucap Iriawan. 

Baca Juga
Baca Juga

"Mudah-mudahan nanti dengan menurunnya corona dan banyak vaksin intensitas latihan mereka akan lebih keras lagi khususnya fisik," tambah pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Namun meski fisik belum kembali 100 persen, Iriawan melihat kondisi penggawa Garuda muda dalam kondisi sehat. Selain itu perkembangan mental Evan Dimas dan kolega semakin baik.

"Pemain Timnas Indonesia dalam keadaan sehat dan penampilan cukup meningkat. Mindset-nya sudah betul-betul bagaimana dia akan bertanding pada SEA Games 2021. Kami memang menargetkan medali emas," beber Iriawan.

"Secara mental mereka bagus cuma satu dua pemain saja yang ngeluh sakit terus langsung berhenti. Itu yang tidak diinginkan Shin Tae-yong karena pemain bola ya risikonya sakit di lapangan. Kalau polisi juga di lapangan terjadi masalah untuk tentara dalam peperangan meninggal dunia. Itu yang saya sampaikan ke mereka," tukas Iriawan.


1. 2 Uji Coba

Pemusatan Latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 Vietnam hari kedua di Lapangan G Senayan, Jakarta, Rabu (10/02/21) sore.

Timnas Indonesia U-23 sendiri dihadapkan dua agenda uji coba melawan klub anggota PSSI. Mereka akan menghadapi Tira Persikabo pada Rabu (03/03/21) dan dua hari kemudian menghadapi Bali United.

Semua laga Timnas Indonesia U-23 berlangsung di Stadion Madya serta dalam protokol kesehatan ketat. Sehingga tidak ada suporter yang boleh masuk ke dalam.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan, dirinya saat ini masih fokus untuk meningkatkan fisik serta performa pemain akibat jeda kompetisi yang terlalu lama.

"Fisik pemain menjadi titik perhatian. Kompetisi yang tidak jalan membuat fisik mereka melempem. Setelah fisik kembali tentu laga uji coba menjadi penting,’’ ujar Shin Tae-yong.

Masih dari laman PSSI, tercatat ada 36 pemain yang dipanggil untuk jalani pemusatan serta melakoni dua laga uji coba pekan ini. Dari nama-nama tersebut, beberapa merupakan pemain senior seperti Evan Dimas, Rizky Pellu serta Andik Rendika.

Sejumlah pemain jebolan U-19 yang sempat TC di Kroasia beberapa bulan lalu juga kembali dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 seperti duet Braif Fatari dan Irfan Jauhari, hingga Arhan Pratama.

PSSITimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini