x

5 Alumni Akademi City yang Bersinar di Klub Lain, Ada yang Jadi Juara Liga Inggris

Minggu, 7 Maret 2021 15:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut ini 5 alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain. Salah satunya bahkan sukses menjadi juara Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Berikut ini 5 alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain. Salah satunya bahkan sukses menjadi juara Liga Inggris.

Manchester City menjelma menjadi tim superkaya sejak diambil alih oleh Sheikh Mansour pada 2008. Sejak saat itu, mereka sukses meraih sejumlah gelar termasuk 4 titel Liga Inggris, 2 Piala FA, dan 5 Piala Liga Inggris.

Musim ini The Citizens bahkan berpeluang meraih 4 gelar. Mereka memuncaki Liga Inggris dengan unggul 14 poin dari Manchester City, lolos ke final Piala Liga, unggul 2-0 atas Borussia Monchengladbach di leg pertama 16 besar Liga Champions, dan akan bertemu Everton di 8 besar Piala FA.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Manchester City justru kerap mengalami kerugian dalam hal pengembangan pemain muda. Kebiasaan mendatangkan pemain mahal membuat pemain asli akademi City tak mendapatkan kesempatan, sehingga akhirnya hengkang.

Sejumlah pemain itu kemudian mendapatkan kesuksesan dan menjadi andalan di klub baru masing-masing. Salah satunya bahkan kemudian sukses menjadi juara Liga Inggris.

Siapa saja para alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain? Berikut ini ulasannya:

Jadon Sancho

Nama pertama sekaligus kehilangan terbesar The Citizens adalah Jadon Sancho. Bergabung dengan City sejak usia 15 tahun, Sancho memilih hengkang ke Borussia Dortmund pada 2017 di usia 17 tahun tanpa sekalipun tampil bersama tim utama City karena minimnya kesempatan.

Bersama Dortmund, Jadon Sancho menjelma menjadi salah satu pemain muda terbaik dunia. Memasuki musim keempat, ia sudah tampil 130 kali dan mencetak 46 gol serta 60 assist dan membantu menjuarai Piala Super Jerman. Kegemilangannya membuat ia menjadi incaran sejumlah tim, khususnya MU.

Baca Juga
Baca Juga

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge bergabung dengan akademi City pada tahun 2003 di usia 13 tahun. Tampil gemilang di tim muda, ia menjalani debut di tim utama pada 2007. Rangkaian cedera dan minimnya kesempatan membuat Sturridge hengkang ke Chelsea pada 2009 setelah hanya tampil 32 kali dalam 3 musim untuk City.

Empat musim di Chelsea, Daniel Sturridge meraih 1 trofi Liga Champions, 1 Liga Inggris, dan 2 Piala FA. Ia kemudian pindah ke Liverpool dan kembali meraih juara Liga Champions 2018/2019. Sayangnya, performanya menurun karena serangkaian cedera sebelum akhirnya dilepas.


1. Ada Juara Liga Inggris dan Calon Juara LaLiga

Bek Atletico madrid, Kieran Trippier pada laga saat melawan Juventus

Kieran Tripper

Bergabung dengan The Citizens selama 10 tahun sejak usia 9 tahun, Kieran Trippier tak sekalipun tampil membela tim utama. Ia pun akhirnya menjalani masa pinjaman 2 musim di Barnsley sebelum hijrah permanen ke Burnley pada musim panas 2011.

Tampil gemilang sebagai bek kanan Burnley selama 4 musim, ia diboyong Tottenham Hotspur dan menghabiskan 4 musim di London sebelum pindah ke Atletico Madrid sejak 2019. Ia juga sukses menjadi bek andalan timnas Inggris dan sempat mencetak gol di semifinal Piala Dunia.

Meski tengah menjalani hukuman 4 bulan karena kasus perjudian, Kieran Tripper kini berpotensi meraih gelar juara LaLiga Spanyol musim ini bersama Atletico.

Ben Mee

Ben Mee (kanan), kapten Burnley.

Sukses menjadi kapten akademi City yang menjuarai Piala FA Remaja pada 2008, Ben Mee gagal menembus tim utama. Sempat dipinjamkan ke Leicester, ia akhirnya diboyong Burnley pada 2011 tanpa sekalipun bermain untuk tim utama The Citizens.

Memasuki musim kesepuluh bersama Burnley, Ben Mee sukses menahbiskan diri sebagai bek tengah andalan dan kapten tim. Ia kini telah mencatatkan lebih dari 340 penampilan untuk The Clarets, dan dua kali membawa tim tersebut promosi ke kasta teratas Liga Inggris.

Kasper Schmeichel

Selebrasi kiper Leicester City, Kasper Schmeichel merayakan kemenangan atas Southampton di Liga Inggris.

Berayah legenda Manchester United, Peter Schmeichel, Kasper Schmeichel justru bergabung dengan City sejak usia 16 tahun. Hanya tampil 7 kali di tim utama dan justru 5 kali dipinjamkan ke klub berbeda, Schmeichel akhirnya memilih hengkang ke Notts County di League Two.

Tampil gemilang, Kasper Schmeichel diboyong Leeds United sebelum pindah lagi ke Leicester City semusim kemudian. Kini ia memasuki musim kesepuluh bersama The Foxes, dengan lebih dari 400 penampilan dan status sebagai kapten tim.

Ia juga berhasil membawa Leicester menjuarai Divisi Championship pada 2013/2014 dan menjuarai Liga Inggris 2015/2016.

Manchester CityDaniel SturridgeKieran TrippierKasper SchmeichelLiga InggrisJadon SanchoBerita Liga Inggris

Berita Terkini