x

Antara Ronald Koeman atau Nagelsmann, Jawaban Fans Barcelona Mengejutkan!

Sabtu, 13 Maret 2021 14:45 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ronald Koeman atau Julian Nagelsmann, kini adalah pilihan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Bobroknya sepak terjang Barcelona sepanjang LaLiga Spanyol dan pentas Eropa buat Joan Laporta ingin datangkan Julian Nagelsmann sebagai pengganti Ronald Koeman. Disuruh pilih antara keduanya, para penggemar alias Cules pun beri jawaban ini.

Performa Catalan memang tak pernah lepas dari sorotan usai alami penurunan drastis dalam beberapa musim terakhir. Cukup mengagetkan, Lionel Messi cs sempat dapat bejibun prestasi ketika ditukangi Pep Guardiola dan Luis Enrique.

Ketika nirgelar selayaknya era Frank Rijkaard (2007-2008) terulang, tim bermarkas di Camp Nou itu pun tak punya banyak pilihan selain mendatangkan pelatih anyar. Padahal, kondisi mereka sudah sangat memperihatinkan imbas utang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun).

Baca Juga
Baca Juga

Ronald Koeman pun jadi salah satu pilihan darurat dengan alasan legenda klub, meskipun pengalaman kepelatihannya terkesan kurang cukup. Baru datang saja, keputusannya sudah tergolong kontroversial ketika mengusir Luis Suarez dan enggan istimewakan Lionel Messi.

Hasil buruk usai terlunta-lunta di LaLiga Spanyol dan tersingkir kala lakoni Liga Champions lawan PSG pun buat nasibnya kian dekat pintu keluar. Apalagi, Joan Laporta yang telah resmi jadi presiden klub ingin datangkan Julian Nagelsmann sebagai penggantinya.

Baca Juga
Baca Juga

Pelatih asal Jerman yang sempat tukangi RB Leipzig itu pun punya kapasitas mumpuni yang dipercaya bisa kembalikan El Barca seperti sediakala. Apalagi, embel-embel The Baby Mourinho buatnya mampu memanfaatkan skuat Die Bullen yang terkesan seadanya.

Tentu saja dengan berbagai pengalaman yang cukup memadai bersama RB Leipzig, harusnya bisa buat Cules lebih senang dengan Julian Nagelsmann. Akan tetapi, pada kenyataannya mereka malah memilih jalur sulit di mana lebih yakin masa depan Barcelona bareng Ronald Koeman.


1. Fans Lebih Percaya Ronald Koeman Ketimbang Nagelsmann

Julian Nagelsmann kalah saing dari Ronald Koeman di mata fans Barcelona.

Melansir laman Football Espana dinukil dari Mundo Deportivo, dalam pemungutan suara terkait siapa yang pantas tukangi Blaugrana, muncul fakta mengagetkan. Koeman memimpin dengan perolehan 90 persen lebih, sementara sisanya Julian Nagelsmann.

Alasan banyak yang mendukung eks pelatih Everton itu sendiri tak lepas dari suatu fakta miris perkembangan skuat asuhannya. Bayangkan, setelah tersingkir di Supercopa de Espana, mereka bisa menangi laga semifinal Copa del Rey dengan luar biasa.

Bertarung lawan Sevilla yang sudah permalukan mereka 0-2, leg kedua sukses dimenangkan dengan agregat 3-2. Gol Ousmane Dembele kemudian penentu Gerard Pique, dan ditutup oleh Martin Braithwaite di extra time buat kemenangan mereka jadi dramatis.

Selain itu, para Cules juga percaya jika proses tak akan pernah mengkhianati hasil mengingat kedatangan pelatih asal Belanda itu terkesan tidak tepat. Sebagaimana diketahui, rentetan konflik internal dan krisis finansial telah menyertai Azulgrana.

Ketika Ronald Koeman masih bisa buat Barcelona merangkak naik klasemen LaLiga Spanyol, Nagelsmann malah belum tentu bisa lakukan itu semua. Apalagi, pelatih pilihan Joan Laporta ini masih harus lakukan penyesuaian dulu ketika tinggalkan RB Leipzig.

BarcelonaLaLiga SpanyolRonald KoemanJoan LaportaRB LeipzigLiga SpanyolJulian NagelsmannSepak Bola

Berita Terkini