x

Eksodus Pemain PSM Makassar Sudah di Tahap Mengkhawatirkan

Senin, 15 Maret 2021 13:47 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Eksodus pemain yang terjadi di tim Liga 1 2021, PSM Makassar, sudah mulai memasuki tahap mengkhawatirkan.

INDOSPORT.COM - Eksodus pemain yang terjadi di tim Liga 1 2021, PSM Makassar, sudah mulai memasuki tahap mengkhawatirkan. Mampukah mereka bertahan?

Penyerang naturalisasi, Ezra Walian, akhirnya resmi meninggalkan PSM Makassar untuk bergabung dengan klub Liga 1 lain, Persib Bandung. Ezra Walian memutuskan hengkang meski kontraknya masih tersisa hingga September 2022. 

Pesepak bola kelahiran 22 Oktober 1997 ini mengaku sangat berat untuk meninggalkan klub kebanggaan publik Sulawesi Selatan pada awal musim 2021.

"Sungguh disayangkan waktu saya di PSM Makassar harus berakhir. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang saya temui selama saya berada di Makassar," lanjut Ezra Walian.

Baca Juga
Baca Juga

Pernyataan itu pun secara tersirat menggambarkan kondisi PSM saat ini. Seperti diketahui, Ezra hanyalah satu dari banyak pemain yang memutuskan pergi dari PSM Makassar. 

Hengkangnya Ezra Walian membuat lini depan PSM Makassar kian tergerus. Sebelumnya, Pasukan Ramang telah ditinggal oleh Osas Saha, Ferdinand Sinaga, dan Giancarlo Lopes Rodrigues.

Selain Giancarlo Lopes yang berstatus pemain asing, sudah ada dua pemain asing lain yang hengkang dan menemukan klub baru, yakni Hussein El Dor dan Serif Hasic.

Lalu disusul sejumlah pemain lokal seperti Irsyad Maulana, Leo Guntara, dan Firza Andika akibat tidak memperbaharui kontrak. Nama terakhir bahkan baru saja meresmikan kepindahannya ke Borneo FC.

Eksodus pemain di PSM Makassar bisa dibilang sudah di tahap mengkhawatirkan. Wonderkid Asnawi Mangkualam Bahar baru saja dipinang oleh klub K-League 2, Ansan Greeners FC, pada 29 Januari 2021 lalu dengan durasi kontrak dua tahun plus opsi perpanjangan.

Sejumlah pemain lain yang masih bertahan hingga saat ini mulai diisukan tengah didekati klub lain. Salah satunya adalah Rizky Pellu yang dikabarkan dibidik oleh Persib Bandung. 

Baca Juga
Baca Juga

Adapun sejumlah pemain bintang yang berpeluang besar dicaplok klub lain di antaranya ialah Bayu Gatra, Yakob Sayuri, Miswar Saputra, Rizky Pellu, Firza Andika, hingga wonderkid Rizky Eka Pratama. 


1. Sanksi FIFA Bikin Situasi Gawat

Budiardjo Thalib (putih) di latihan perdana PSM Makassar di Bosowa Sport Center (BSC), Makassar, Minggu (07/03/21) sore.

Situasi darurat di tim PSM tak terlepas dari sanksi dari FIFA yang baru mereka terima awal tahun ini. PSM dilarang mendaftarkan pemain baru selama tiga periode transfer akibat menunggak gaji Giancarlo.

Kerugian demi kerugian terus menghantui PSM Makassar pascadijatuhi sanksi berat oleh FIFA, selaku federasi sepak bola dunia jelang bergulirnya Liga 1 2021.

Tak hanya larangan mendaftarkan rekrutan baru selama tiga periode transfer atau hingga awal 2023 mendatang, terdapat satu ancaman berat lagi yang bisa berakibat fatal.

Sebagian besar pemain yang telah memperkuat Pasukan Ramang sejak awal musim 2020 lalu dan masih bertahan hingga detik ini, bakal berstatus bebas transfer pada Maret 2021 nanti.

Sehingga pemain yang berstatus bebas transfer nanti akan dianggap sebagai rekrutan anyar dalam sistem pendaftaran PT Liga Indonesia Baru (LIB) andai mendapat perpanjangan kontrak.

Dari data yang diperoleh INDOSPORT, hanya Wiljan Pluim (Desember 2024), Ezra Walian (September 2022), dan Ferdinand Sinaga (Desember 2021) yang masih menyisakan kontrak. Sementara Ezra sudah hengkang lebih dulu. 

Dengan situasi seperti itu, eksodus para pemain di tim juara Liga Indonesia musim 1999/2020 itu pun tak lagi terelakkan jelang Liga 1 2020 bulan Juni mendatang. 

Situasi tersebut membuat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Red Gank, Sadakati Sukma, mulai khawatir. Ia takut skuat Pasukan Ramang kian melemah, padahal Liga 1 2021 sebentar lagi dimulai.

Sadat, sapaan akrab Sadakati Sukma, berharap manajemen klub kebanggaannya itu segera menyelesaikan sanksi FIFA tersebut sembari melalukan pendekatan kepada pemain lain.

Adapun sejumlah pemain bintang yang berpeluang besar dicaplok klub lain antara lain ialah Bayu Gatra, Yakob Sayuri, Miswar Saputra, Rizky Pellu, hingga wonderkid Rizky Eka Pratama.

Sebagai dampak terdekat, PSM Makassar terpaksa turun tanpa pemain asing dan sejumlah bintang lokal di Piala Menpora 2021. PSM akhirnya hanya mengumpulkan sebaik mungkin talenta nusantara termasuk putra derah Sulawesi Selatan. 

Zulham Zamrun kembali gabung PSM Makassar.

Saat ini sudah ada 30 pemain yang siap menjadi amunisi Tim Juku Eja di gelaran Piala Menpora 2021. Seperti diperkirakan, mayoritas materi pemain yang ada berasal dari talenta lokal di Makassar dan Indonesia Timur. 

Meski begitu, di tim PSM masih ada nama-nama beken Liga 1 macam Zulkifli Syukur, Rasyid Bakrier, M. Arfan, Hilman Syah, Hasyim Kipuw, dan Rizky Pellu. Mereka bahkan kedatangan pemain lokal seperti Patrich Wanggai dan Zulham Zamrun yang keduanya berasal dari Indonesia Timur. 

PSM MakassarEzra WalianLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini