x

3 Tim Kuda Hitam yang Patut Diwaspadai di 8 Besar Liga Champions

Kamis, 18 Maret 2021 15:35 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah 3 tim kuda hitam yang patut diwaspadai pada babak 8 besar Liga Champions musim ini, siapa saja?

Akhirnya pagelaran babak 16 besar Liga Champions usai sudah dilaksanakan pada dini hari tadi. Chelsea dan Bayern Munchen menjadi tim terakhir yang dipastikan lolos ke babak 8 besar Liga Champions.

Chelsea dan Bayern Munchen menyusul 6 tim lainnya yang sudah lolos lebih dulu ke perempatfinal Liga Champions. Mereka adalah Borussia Dortmund, Liverpool, Porto, PSG, Real Madrid dan Manchester City.

Baca Juga
Baca Juga

Pengundian untuk babak 8 besar Liga Champions pun baru akan diselenggarakan pada esok hari. Melihat hanya tersisa 8 tim saja di Liga Champions, tentu itu artinya kita sebentar lagi sudah bisa melihat siapa yang akan mengangkat trofi si kuping besar pada akhir musim.

Tim-tim unggulan macam Bayern Munchen dan Liverpool pun dianggap memiliki peluang lebih besar untuk menjadi juara Liga Champions. Maklum saja, kedua klub ini adalah juara Liga Champions pada dua edisi terakhir.

Akan tetapi, Liga Champions selalu ramah terhadap tim kuda hitam untuk berbicara banyak, setidaknya itu bisa terlihat dari 4 edisi terakhir. Pada musim lalu, ada RB Leipzig dan Lyon yang mampu bertahan hingga babak semifinal.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu Liga Champions 2018/19, menjadi saksi sejarah bagaimana Tottenham dan Ajax mengejutkan benua Eropa. Pada Liga Champions 2017/18, giliran AS Roma yang nyaris saja bisa lolos ke babak final Liga Champions.

Terakhir pada Liga Champions 2016/17, kita semua dikejutkan oleh AS Monaco yang berhasil bertahan hingga babak semifinal. Fakta itulah yang membuat bukan tidak mungkin para kuda hitam bisa kembali berbicara banyak di Liga Champions musim ini.

Tapi, siapa saja tim kuda hitam yang patut diwaspadai pada babak 8 besar Liga Champions?


1. Porto

Pertandingan Liga Champions antara FC Porto vs Juventus, Rabu (17/2/21).

Pertama, ada Porto yang secara mengejutkan ternyata berhasil melewati hadangan Juventus pada babak 16 besar. Padahal di Porto saat ini, praktis hanya Pepe saja yang mungkin kita kenal sebagai pemain bintang.

Namun ternyata, kekompakan dan semangat pantang menyerah Porto berhasil membawa mereka ke 8 besar Liga Champions. Dibanding 7 tim lainnya, jelas Porto merupakan tim terlemah di Liga Champions saat ini.

Namun justru itu yang bisa membuat Porto tampil mengejutkan dan layak sebagai kuda hitam patut diwaspadai. Asalkan Pepe tidak melakukan pelanggaran bodoh, sepak terjang Porto sebagai kuda hitam patut dinanti.

Borussia Dortmund

Pasti banyak yang tidak setuju ketika kami memasukan Borussia Dortmund sebagai tim kuda hitam. Bagaimana bisa Dortmund sebagai kuda hitam ketika memiliki banyak pemain bintang seperti Erling Haaland, Jadon Sancho hingga Marco Reus?

Memang benar secara materi, Dortmund sangat kuat, tapi kalau melihat tim saat ini, jelas mereka bukan unggulan. Saat di babak 16 besar saja, Sevilla sebenarnya lebih diunggulkan untuk lolos.

Alasannya sederhana, Sevilla sedang dalam peforma terbaiknya, sedangkan Dortmund baru saja mengganti pelatihnya. Namun ternyata secara mengejutkan, Haaland tampil luar biasa dan sanggup membawa Dortmund ke babak 8 besar.

Dortmund memang pernah punya pengalaman ke final Liga Champions tapi itu sudah lama terjadi. Dengan rekam jejak Dortmund tak begitu baik di Liga Champions dalam 5 tahun terakhir, jelas mereka bukan unggulan dan hanya kuda hitam saja.

Chelsea

Chelsea pun juga pasti dianggap bukan kuda hitam, tapi bagi kami memang demikian adanya. Sekarang begini, siapa juga yang berani mengunggulkan Chelsea untuk ke 8 besar saat Desember lalu mereka diundi untuk bertemu dengan Atletico Madrid.

Di satu sisi, Atletico sedang memimpin LaLiga Spanyol, sedangkan Chelsea sedang hancur lebur bersama Frank Lampard. Begitu Lampard diganti oleh Thomas Tuchel pun, Atletico sebenarnya tetap diunggulkan karena Chelsea masih belum stabil peformanya.

Tapi hebatnya Tuchel, dengan cepat ia berhasil menyulap Chelsea menjadi sangat tangguh dan sukses membalikan semua prediksi orang. Meski dengan skuad belum kompak sepenuhnya, Chelsea berhasil melaju ke 8 besar berkat Tuchel.

Chelsea juga pernah jadi juara Liga Champions, tapi itu sudah cerita lama dan mereka baru saja bangkit dengan Tuchel. Dibandingkan Bayern Munchen atau bahkan Manchester City, Chelsea jelas masuk dalam kategori kuda hitam di Liga Champions musim ini.

Real MadridChelseaManchester CityLiga ChampionsBayern MunchenPSGBorussia DortmundFC PortoFeature

Berita Terkini