x

Lakukan Fat Test Garuda Select, Pelatih Inggris Bahas Komposisi Tubuh

Minggu, 21 Maret 2021 20:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Skuat Garuda Select 3 di Inggris secara rutin menggelar fat test untuk memantau kadar massa otot dan lemak di tubuh. Lalu, apa kata tim pelatih?

Fat test memang digelar secara berkala di setiap bulan, yang berguna untuk memantau perkembangan massa otot dan lemak dalam tubuh para pemain, sehingga bisa tampil maksimal di lapangan.

Tes ini dilakukan langsung oleh pelatih fisik Garuda Select berkebangsaan Inggris, Jake Fitzsimmons. Menurutnya, pada Maret 2021 ini, para pemain mengalami perkembangan positif soal massa otot dan kadar lemak.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami mengukur beberapa hal, mulai dari berat badan, tinggi badan, hingga lipatan kulit, dari situ kemudian dihitung berapa presentase lemak di kulit. Masing-masing pemain punya tujuan yang berbeda dari tes kali ini, tergantung kita ingin membentuk mereka seperti apa," ungkap Coach Jake.

"Kalau komposisi tubuh mereka sudah bagus, massa ototnya bertambah dan kadar lemaknya rendah, kami akan terus menjaga mereka di level itu,

"Lalu jika ada pemain yang massa ototnya harus ditambah dan kadar lemak dikurangi, kami akan memberi nutrisi atau mengubah rencana latihan mereka. Jadi, itu semua tergantung ada di level mana si pemain itu."

Baca Juga
Baca Juga

Menurut Jake, edukasi tentang ini juga akan terus disampaikan agar para pemain Garuda Select 3 bisa lebih bertanggung jawab pada tubuh mereka, termasuk soal asupan nutrisi.

Tim juga akan mengedukasi bagaimana para pemain menjaga asupan nutrisi di tubuhnya, tentang mana yang boleh dan yang seharusnya tidak dimakan untuk menjadi seorang atlet.


1. Terus Jaga Kondisi

Salah satu pemain Garuda Select 3, Dustin Pratama Bramantio.

Peningkatan massa otot para pemain tidak terlepas dari latihan intensif yang diterapkan beberapa waktu belakangan. Terutama, saat latihan pre-season yang menguras fisik.

Oleh sebab itu, menurut tim pelatih Garuda Select, saat ini para pemain tinggal menjaga kondisi mereka untuk tetap berada di level terbaik. Pasalnya, dalam waktu dekat Dustin Bramantio dkk akan menjalani laga uji coba kembali.

Pemerintah Inggris telah mengumumkan rencana untuk melonggarkan lockdown. Bila berjalan lancar, skuat Garuda Select 3 sudah bisa berlatih secara normal dan bertanding melawan tim Eropa, mulai 29 Maret nanti.

Program Garuda Select 3 sendiri masih berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat selama lockdown Inggris. Tim pelatih menggelar sesi latihan secara berkelompok atau bubble di Loughborough University.

Skuat Garuda Select 3 juga berpeluang untuk melakoni tur Jerman, menggelar laga ujic oba dengan akademi terbaik, mulai dari Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Schalke 04, Eintracht Frankfurt, dan juga FC Cologne.

Bola InternasionalGaruda SelectSepak Bola

Berita Terkini