x

Ini Penjelasan OC Terkait Siaran Piala Menpora 2021

Senin, 22 Maret 2021 17:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Turnamen Piala Menpora 2021 telah resmi dihelat.

INDOSPORT.COM - Turnamen Piala Menpora 2021 telah resmi dihelat. Bahkan laga perdana antara Arema FC dan Tira Persikabo berkesudahan dengan skor 1-1. 

Namun dalam pelaksanaannya Piala Menpora masih mendapat kritikan. Terlebih permasalahan jaringan siaran yang dia acak sehingga membuat sebagian pecinya sepak bola Indonesia merasa kecewa.

Padahal, sebelum digelarnya Piala Menpora 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyampaikan bahwa seluruh pertandingan di turnamen pra musim tersebut akan bisa disaksikan masyarakat secara gratis di layar televisi.

Baca Juga
Baca Juga

Tujuan pada harapan Menpora tersebut lebih pada agar siaran pertandingan Piala Menpora 2021 bisa memberikan hiburan yang berkualitas di tengah pandemi Covid-19 dan beradaptasi dengan kehidupan new normal.

Menanggapi keluhan netizen tersebut, Marketing Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021, Rudy Kangdra menjelaskan. Baginya jaringan stasiun televisi pemilik hak siar Piala Menpora 2021 berskala nasional dan gratis.

“Kami telah bekerjasama dengan Indosiar (Emtek Group) untuk menyiarkan pertandingan Piala Menpora 2021. Dari babak penyisihan grup hingga babak final," buka Rudy.

Baca Juga
Baca Juga

"Jangkauan televisi tersebut sudah berskala nasional dan bisa disaksikan secara live dan gratis. Dengan begitu, kami berharap dan berupaya menjalankan apa yang dianjurkan oleh pemerintah,” tutur Rudy Kangdra. 


1. Adanya Kebijakan Ekosistem Bisnis

Babak 1 pertandingan grup A Piala Menpora 2021 antara Arema FC vs Tira Persikabo di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/03/21).

Terkait kekecewaan netizen yang mengklaim harus membayar saat streaming atau siaran yang diacak, hal itu lebih pada kebijakan dari ekosistem bisnis pada perusahaan bersangkutan yang memiliki hak untuk menyiarkan turnamen yang diikuti 17 tim peserta tersebut.

“Cara menikmati siaran pertandingan di Piala Menpora 2021 ada di beberapa platform. Bukan hanya melalui televisi lokal nasional yang secara gratis dapat dinikmati dengan menggunakan antena biasa, namun ada juga platform lain seperti Over The Top (OTT) dan televisi kabel," beber Rudy.

"Dua kategori itu, bisa dikatakan premium atau berbayar. Jadi, lewat kategori tersebut pemirsa diberikan keleluasaan dalam memilih sesuai dengan kebutuhan,” pungkas Rudy.
 

Liga IndonesiaPiala MenporaNetizen

Berita Terkini