x

Keren! Ini Arti Mendalam di Balik Selebrasi Gol Frets Butuan di Laga Persib vs Bali United

Jumat, 26 Maret 2021 06:27 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menjelaskan arti selebrasi Frets Butuan saat mencetak gol ke gawang Bali United di Piala Menpora.

INDOSPORT.COM – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menjelaskan arti selebrasi Frets Butuan saat mencetak gol ke gawang Bali United di Piala Menpora.

Frets Butuan menjadi penyelamat bagi tim Persib Bandung, setelah golnya ke gawang Bali United membuat skor menjadi imbang 1-1, pada pertandingan perdana babak penyisihan Grup D turnamen Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/03/2021).

Setelah mencetak gol di menit 89, Frets Butuan merayakannya dengan lari dan juga mengepalkan tangan. Selebrasi tersebut pun tampak beda dari biasanya. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menjelaskan tujuan dari perayaan gol tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut Robert Alberts, selebrasi tersebut memang sudah direncanakan sebelumnya oleh skuat Maung Bandung, apalagi sebelum laga ada imbauan untuk tidak merayakan gol dengan berpelukan seperti biasanya.

"Itu bukan selebrasi Frets melainkan selebrasi gol tim Persib. Sebelum pertandingan kemarin, kami mendapat imbauan dari Organizing Comitte untuk tidak melakukan selebrasi gol dengan saling berpelukan karena situasi covid-19," kata Robert Alberts, Kamis (25/03/2021).

Baca Juga
Baca Juga

Robert Alberts menuturkan, turnamen Piala Menpora 2021 menjadi ajang pemanasan bagi semua pihak terutama dalam menerapkan protokol kesehatan, agar kompetisi Liga 1 2021 bisa mendapatkan izin. Sehingga, pihaknya mengikuti seluruh aturan yang diterapkan penyelenggara dengan baik.

"Turnamen ini digelar untuk mendapat izin dari polisi agar bisa menggelar liga. Jadi kami membahas soal regulasi ini dengan tim, untuk mengikuti aturan itu dan jangan ada selebrasi dengan berpelukan satu sama lain," ucap Robert Alberts menambahkan.


1. Perlawanan Terhadap Rasisme

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Selain itu, perayaan gol yang dilakukan oleh Frets bersama pemain Persib lainnya, merupakan salah satu bentuk perlawanan terhadap aksi rasisme. Menurut Robert Alberts, tindakan rasisme jangan sampai terulang lagi.

"Di saat yang sama, ada kejadian soal perundungan di sosial media berkaitan dengan rasisme, yang menurut kami sangatlah buruk dan tidak perlu terjadi," ujarnya.

"Jadi kami juga membahas soal ini dan mengajukan kepada semua pemain, untuk merayakan gol secara terpisah, mengikuti aturan turnamen, tapi tetap dengan sukacita dan di saat yang sama menunjukkan bahwa kami juga menentang rasisme," jelasnya.

Selebrasi gol seperti itu menurut Robert Alberts menjadi salah satu cara pemain Persib untuk merayakan gol di tengah pandemi corona seperti ini. Meski tidak berpelukan seperti biasanya, namun pemain tetap bisa merayakan gol secara bersamaan.

"Kombinasi dua faktor ini jadi cara baru Persib dalam merayakan gol, masih bersama-sama tapi kami membentuk lingkaran dengan salah satu pencetak gol duduk di satu titik dan meneriakkan 'menang bersama'," tegas Robert Alberts.

Sementara itu, setelah pertandingan menghadapi Bali United, tim kebanggaan Bobotoh akan melakoni laga kedua babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021, menghadapi Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/03/2021).

Persib BandungRobert Rene AlbertsBali UnitedLiga IndonesiaPiala MenporaFrets Listanto ButuanBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini