x

Assanur Rijal, Hattrick Perdana di Piala Menpora dan Kebangkitan Striker Lokal

Sabtu, 27 Maret 2021 13:25 WIB
Editor: Coro Mountana
Striker Persiraja Assanur Rijal, Si Torres Asal Aceh

INDOSPORT.COM - Assanur Rijal, sang pencetak hattrick perdana di Piala Menpora sekaigus simbol gerakan kebangkitan striker lokal Indonesia.

Assanur Rijal, striker Persiraja Banda Aceh ini pada pekan perdana Piala Menpora 2021 berhasil menyita perhatian. Bagaimana tidak, hanya dia saja yang mampu mencetak hattrick di turnamen Piala Menpora.

Sebagai pencetak hattrick perdana Piala Menpora, penampilan Assanur Rijal di laga melawan Persita Tangerang memang impresif. Menurut pengamatan Statoskop, tiga gol dari Assanur Rijal berasal dari 5 kali percobaan tembakannya.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, dari 5 percobaan tembakannya itu, semuanya tepat sasaran dengan kata lain akurasi tendangan Assanur Rijal mencapai 100 persen. Gol perdana Assanur Rijal berasal dari umpan sepak pojok dari Miftahul Hamdi.

Miftahul jugalah yang memberikan asissts kedua bagi Assanur sebelum ditutup dengan gol ketiga hasil dari kemelut di depan gawang Persita Tangerang. Kami pun sampai memberikan apresiasi berupa pemain terbaik pekan perdana Piala Menpora 2021 versi INDOSPORT.

Tak terasa Piala Menpora pekan kedua pun akan segera dimulai, semua mata akan kembali tertuju pada Assanur Rijal. Striker Persiraja Banda Aceh yang justru berhasil mencetak hattrick perdana sekaligus satu-satunya di pekan perdana.

Baca Juga
Baca Juga

Sebenarnya apa yang dilakukan Assanur Rijal tak hanya sekadar hattrick perdana Piala Menpora, tapi lebih ke sebagai sinyal kalau striker lokal kini sudah bangkit. Sebuah simbol kalau striker lokal juga mau menjadi penguasa di tanahnya sendiri melawan para pemain asing.


1. Kebangkitan Striker Lokal Melalui Assanur Rijal

Striker Persiraja Assanur Rijal, Si Torres Asal Aceh

Perlu diketahui kalau dari 3 musim terakhir saja atau tepatnya sejak Liga 1 2017, selalu top skor diambil oleh striker asing. Padahal kalau kita mundur 10 hingga 20 tahun lalu, Indonesia seolah tak pernah kehilangan bomber lokal.

Mulai dari Kurniawan Dwi Yulianto, Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono hingga Boaz Solossa pernah menjadi mesin gol utama Timnas Indonesia. Sebenarnya beberapa striker lokal masih cukup konsisten mencetak gol dalam 3 musim terakhir seperti Samsul Arif dan Ferdinand Sinaga.

Tapi sayang, banyaknya striker asing yang masuk seakan seperti membuat pamor striker lokal kebanggaan Indonesia jadi tertutup. Coba lihat saja bagaimana betapa seringnya kita melihat Aleksandar Rakic, Sylvano Comvalius hingga Marko Simic lebih sering merayakan gol.

Tapi sebenarnya tidak ada yang salah juga kalau seandainya ada banyak striker asing berkeliaran di Indonesia karena seharusnya itu bisa menjadi cambuk pelecut semangat striker lokal. Sayangnya dalam 3 musim terakhir, belum muncul lagi striker lokal yang sangat tajam.

Soalnya begitu ada turnamen atau kompetisi, selalu striker asing yang berada di atas. Memang Beto Goncalves masuk juga dalam deretan atas top skor turnamen, tapi yang kami maksud di sini adalah benar-benar striker lokal non naturalisasi.

Namun sepertinya usai Liga 1 2020 tak dilanjutkan, mulai muncul striker-striker lokal yang punya potensi bersaing dengan nama asing. Setidaknya itu bisa dilihat dari pekan perdana Piala Menpora.

Di mana 3 besar pencetak gol terbanyak sementara, semuanya diisi oleh nama lokal. Mulai dari Fandi Eko Utomo dan Samsul Arif yang masing-masing sudah mencetak 2 gol.

Tapi tentu yang paling fenomenal adalah Assanur Rijal yang secara mengejutkan memimpin dengan koleksi 3 gol. Secara tidak langsung, Assanur Rijal seolah menjadi simbol kalau striker lokal non naturalisasi Indonesia sudah lelah berada di bayang-bayang striker asing.

Dengan semangat menyambut kompetisi yang baru dimulai lagi seperti Piala Menpora, Assanur Rijal bisa menjadi contoh kalau striker lokal tak kalah hebat dari striker asing. Harapannya tentu nantinya striker lokal ini bisa jadi tumpuan Timnas Indonesia seperti dahulu kala.

In Depth SportsPersiraja Banda AcehPiala MenporaLiga 1Sylvano ComvaliusMarko SimicAleksandar RakicFeature

Berita Terkini