x

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Rep Ceko vs Belgia: Untung Ada Lukaku

Minggu, 28 Maret 2021 04:46 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Republik Ceko vs Belgia, Minggu (28/03/21). Romelu Lukaku selamatkan Belgia dari kekalahan.

Akhir pekan ini, kembali digelar matchday kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Di Grup E, salah satu laga mempertemukan antara Republik Ceko vs Belgia, Minggu (28/03/21) pukul 02.45 WIB.

Kedua tim sama-sama memiliki modal bagus jelang laga ini, setelah meraih kemenangan di matchday pertama beberapa hari lalu dengan Republik Ceko menghajar Estonia 6-2 dan Belgia membekap Wales 3-1. Dengan demikian laga ini pun akan menjadi perebutan puncak klasemen.

Baca Juga
Baca Juga

Di laga ini, Ceko tak diperkuat Patrick Schick yang mencetak gol ke gawang Estonia, sementara Belgia juga tak dibela Thorgan Hazard dan Thomas Meunier.

Mengawali babak pertama, tim tamu tampil lebih agresif. Di menit kesembilan, mereka bahkan nyaris mencetak gol lewat aksi Dries Mertens andai kiper Thomas Vaclik tidak membuat penyelamatan gemilang.

Tersentak oleh upaya Mertens itu, Republik Ceko meningkatkan tempo permainan. Hasilnya, 7 menit kemudian mereka balas mengancam gawang Belgia lewat upaya Michael Krmencik. Sayangnya, tembakan sang penyerang masih membentur tiang gawang Thibaut Coutois.

Saling berbalas serangan pun terus terjadi di kedua kubu. Belgia kembali mendapat peluang emas di menit ke-24, kali ini melalui Leander Dendoncker. Memanfaatkan bola pantul, gelandang Wolverhampton itu melepaskan tembakan yang masih bisa digagalkan Vaclik.

Baca Juga
Baca Juga

Belgia pun mulai mengambil alih kendali. Di menit ke-31, mereka mendapat peluang emas lewat sundulan Kevin de Bruyne. Sayangnya, Vaclik lagi-lagi berhasil membuat penyelamatan gemilang.

Tim asuhan Roberto Martinez itu terus menyerang, khususnya lewat Timothy Castagne di sisi kanan. Namun, buruknya penyelesaian akhir menyulitkan upaya mereka.

Di sisi lain, Republik Ceko beberapa kali kehilangan kesempatan karena Krmencik kerap terkena jebakan offside. Babak pertama pun akhirnya berakhir dengan skor kacamata, 0-0.


1. Babak Kedua

Pemain Belgia, Romelu Lukaku (kanan), merayakan gol saat menghadapi Republik Ceko pada kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di Eden Arena, Praha, Sabtu (27/3/2021).

Gol! Lima menit babak kedua berjalan, Republik Ceko akhirnya sukses membuka skor di laga ini. Umpan lambung Jakub Jankto dituntaskan Lukas Provod lewat tendangan voli yang tak bisa diselamatkan Courtois. Gol ini sekaligus menjadi gol pertama Provod di level timnas.

Empat menit kemudian, Belgia terpaksa melakukan pergantian pemain setelah Dries Mertens mengalami cedera. Bintang Napoli itu pun digantikan oleh Leandro Trossard.

Gol! Menit ke-60, Romelu Lukaku akhirnya membawa Belgia menyamakan kedudukan. Menerima umpan Kevin de Bruyne, Lukaku mengecoh bek Ondrej Celutska dengan olah bola yang apik sebelum melepaskan tembakan mendatar kaki kiri yang tak bisa ditahan kiper Thomas Vaclik.

Sepuluh menit kemudian, Ceko mendapat kesempatan untuk kembali unggul. Namun, tembakan Jan Boril masih bisa diamankan Courtois.

Belgia pun langsung membalas lewat Kevin de Bruyne yang melepaskan tembakan congkel setelah melihat Vaclik berdiri terlalu jauh dari gawang. Sayangnya, bola masih membentur tiang gawang.

Sebelas menit kemudian, de Bruyne lagi-lagi membuang peluang seteah tembakannya dari tepi kotak penalti melenceng tipis di sisi gawang.

Nyaris! Menit ke-84, giliran Ceko yang harus gigit jari setelah upaya Jan Boril membentur mistar gawang.

Di menit 90+4, Tomas Soucek nyaris saja menjadi pahlawan kemenangan Ceko. Sayangnya, bola hasil sundulannya yang sudah tak bisa diraih Courtois masih bisa diselamatkan  pemain belakang Belgia di garis gawang.

Pertandingan pun akhirnya berakhir dengan skor 1-1. Dengan hasil ini, Republik Ceko  memuncaki klasemen Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Eropa dengan 4 poin, unggul selisih gol dari Belgia yang ada di posisi kedua dengan poin sama.

Susunan pemain:

Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik; Coufal, Celutska, Kudela, Boril; Holes, Soucek; Provod, Barak, Jankto: Krmencik.

Belgia (3-4-3): Coutois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Castagne, De Bruyne, Dendocker, Tielemans; Mertens, Lukaku, Chadli.

BelgiaCekoRomelu LukakuKevin De BruyneBola InternasionalHasil PertandinganKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini