x

Tak Ada Cristiano Ronaldo, 5 Blunder Terbesar Juventus di Bursa Transfer

Kamis, 1 April 2021 15:12 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 5 blunder terbesar yang dilakukan Juventus di bursa transfer. Namun, tak ada nama Cristiano Ronaldo yang gagal membawa Bianconeri berjaya di Eropa.

INDOSPORT.COM – Berikut 5 blunder terbesar yang dilakukan Juventus di bursa transfer. Namun, tak ada nama Cristiano Ronaldo yang gagal membawa Bianconeri berjaya di Eropa.

Juventus membuat kejutan besar di bursa transfer musim panas 2018, ketika memboyong Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dengan banderol 100 juta euro (Rp1,7 triliun).

Langkah itu diambil Bianconeri dengan harapan CR7 bisa membawa mereka berjaya di Liga Champions. Pasalnya, Ronaldo tercatat memenangi kompetisi itu 1 kali bersama Manchester United dan 4 kali bersama Real Madrid.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Juventus sudah lama berpuasa memenangi Si Kuping Lebar usai terakhir kali merebutnya pada musim 1995/1996.

Meski demikian, kehadiran Ronaldo nyatanya tak banyak membantu. Selama 3 musim dibela CR7, prestasi terbaik Juventus di Liga Champions adalah lolos ke perempat final.

Ronaldo memang menghadirkan 2 gelar Serie A Italia, namun Bianconeri sudah memenangi kompetisi itu 7 kali beruntun sebelum sang megabintang datang.

Kandasnya Juventus di tangan Porto pada babak 16 besar Liga Champions musim ini pun membuat Ronaldo santer disebut bakal didepak. Dengan demikian, uang penjualan dan gajinya bisa dimanfaatkan mendatangkan bintang lain yang lebih muda dengan kualitas yang tidak kalah.

Meski demikian, dengan torehan 2 scudetto Serie A Italia, Ronaldo tentu tidak pantas dianggap transfer blunder. Di sisi lain, ada sedikitnya 5 transfer yang bisa dianggap sebagai blunder terburuk Juventus di bursa. Apa saja? Berikut ini ulasannya:

5. Transfer Keluar – Joao Cancelo ke Manchester City

Didatangkan dengan harga 40 juta euro pada 2018, Joao Cancelo langsung jadi bek kanan andalan Massimiliano Allergi. Ia bahkan membantu tim merebut gelar Serie A Italia dan Supercoppa di musim pertamanya itu.

Namun, semusim kemudian, Joao Cancelo secara mengejutkan dilepas ke Manchester City untuk dibarter dengan Danilo. Danilo memang bukan pemain buruk, tapi melihat aksi gemilang Joao Cancelo di City musim ini, transfer tersebut bisa dianggap sebagai sebuah kesalahan.

Baca Juga
Baca Juga

4. Transfer Masuk – Marko Pjaca dari Dinamo Zagreb

Gelandang serang Juventus, Marko Pjaca (tengah) 

Pada 2016, Juventus mengeluarkan 23 juta euro untuk memboyong Marko Pjaca dari Dinamo Zagreb yang menjadikannya penjualan termahal bagi klub Kroasia itu. Ketika itu, Pjaca yang baru berusia 21 tahun memang tampil gemilang dengan catatan 28 gol hanya dari 2 musim.

Sayangnya, karier Marko Pjaca di Turin terhambat cedera dan ketatnya persaingan di sektor sayap. Usai tampil 20 kali di musim perdananya, dalam 4 musim berikutnya ia dipinjamkan ke 4 klub berbeda. Musim ini ia dipinjamkan ke Genoa dan kontraknya bersama Juventus habis 3 bulan lagi.


1. Satu Nama Bikin Juventus Siap Jilat Ludah

Nicklas Bendtner

3. Transfer Masuk – Diego Ribas da Cunha dari Werder Bremen

Tampil gemilang di Werder Bremen dengan torehan 54 gol dan 42 assist dari 156 pertandingan selama 3 musim, Diego Ribas da Cunha yang biasa dikenal dengan nama Diego diboyong ke Turin pada 2009 untuk menggantikan Pavel Nedved yang pensiun.

Diego tampil gemilang dengan mencetak 2 gol dan 1 assist di 2 laga pertama di Serie A Italia. Namun, performanya menurun dan ia terlibat perselisihan dengan pelatih Ciro Ferrara. Ia kemudian dilepas ke Wolfburg setahun kemudian, dengan hanya mencetak 7 gol dari 44 laga.

2. Transfer Keluar – Moise Kean ke Everton

Moise Kean melakukan selebrasi usai cetak gol untuk Juventus

Moise Kean dipromosikan ke tim utama pada 2016/2017 usai mencetak 24 gol untuk tim junior musim sebelumnya. Sempat dipinjamkan semusim ke Verona, Kean kembali pada musim 2018/2019 dan tampil apik dengan catatan 7 gol dari 17 laga bersama Bianconeri.

Namun, Juventus membuat kejutan dengan menjualnya di akhir musim ke Everton. Sempat tampil buruk di musim pertamanya bersama The Toffees, Moise Kean kini bersinar saat dipinjamkan ke PSG dan sudah mencetak 15 gol dari 31 laga.

Aksi gemilang Kean kini bahkan membuat Si Nyonya Tua siap menjilat ludah dengan memulangkannya kembali.

1. Transfer Masuk – Nicklas Bendtner dari Arsenal

Juventus membuat keputusan mengejutkan dengan meminjam Nicklas Bendtner dari Arsenal pada bursa transfer musim panas 2012. Padahal, musim sebelumnya Bendtner hanya bisa mencetak 8 gol saat dipinjamkan ke Sunderland.

Ketatnya persaingan dan rangkaian cedera membuat Nicklas Bendtner hanya bermain 11 kali untuk Si Nyonya Tua tanpa mencetak 1 pun gol. Ia pun dikembalikan ke Arsenal di akhir musim. Buruknya performa Bendtner ditanggapi fans dengan tidak lakunya 1 pun jersey bertuliskan nama sang penyerang.

Bursa TransferCristiano RonaldoSerie A ItaliaJuventusNicklas BendtnerLiga ItaliaMarko PjacaJoao CanceloMoise KeanBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini