x

Panpel Grup B Nyatakan Zero Accident Perihal Penerapan Protokol Kesehatan

Jumat, 2 April 2021 11:48 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Ketua Panpel Grup B Piala Menpora, Abdul Haris.

INDOSPORT.COM - Panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Grup B menyatakan zero accident perihal penerapan protokol kesehatan (prokes) sepanjang gelaran Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Malang.

Pihak panpel pun menyatakan puas dengan kinerja para anggotanya. Terutama setelah menggelar 6 laga Grup B, yang dihuni empat tim yakni Persija Jakarta, PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC dan Borneo FC.

"Secara keseluruhan, penerapan prokes berjalan sangat baik. Di sini zero accident (tidak ada kejadian apa pun)," ujar Ketua Panpel Grup B, Abdul Haris kepada media di Malang, Rabu (31/03/21).

Baca Juga
Baca Juga

Dari tiga hari pelaksanaan, memang tidak ada insiden yang terkait dengan prokes. Semua perangkat yang terlibat tidak ada yang gagal melalui Swab Test Antigen sebagai seleksi pertama dari penugasan mereka.

Sementara sepanjang laga, semua perangkat pertandingan terlhat patuh dengan aturan prokes. Kampanye 5 M dinilai berjalan cukup baik, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Baca Juga
Baca Juga

Anjuran ini juga secara konsisten disuarakan Panpel melalui pengeras suara, baik sebelum, selama hingga setelah pertandingan yang berlangsung dua kali pada 15:30 WIB dan 19:00 WIB.


1. Tindak Tegas Pelanggar

Suasana swab test kepada awak media yg digelar Panpel Grup B di Stadion Kanjuruhan.

Hanya saja, pelaksanaan Grup B Piala Menpora 2021 sedikit tercoreng. Satu insiden sempat terjadi sebagai pelanggaran etika kerja, bukan dalam hal penerapan prokes.

Insiden itu terjadi pada beberapa saat setelah kick-off laga antara Persija Jakarta kontra Borneo FC, Sabtu (27/03/21) lalu. Seorang jurnalis kedapatan membuka maskernya untuk merokok di area tribune media.

"Ini lebih kepada etika kerja. Bahwa memang seharusnya, jurnalis tidak diperkenankan berkegiatan selain tugas peliputan selama pertandingan berlangsung," bilang Sudarmaji.

Panpel pun bertindak tegas terhadap seorang jurnalis media online lokal di Malang tersebut. Instruksi meninggalkan tribun menjadi penindakan tegas, lantaran panpel sudah mengirimkan peringatan beberapa kali.

"Kegiatan konsumsi, baik makan, minum dan merokok, sebaiknya dilakukan sebelum pertandingan berlangsung di tempat yang sudah kami sediakan. Sebagai evaluasi bersama juga," sambung Media Officer Grup B Piala Menpora 2021 tersebut.
 

MalangLiga IndonesiaStadion KanjuruhanPiala Menpora

Berita Terkini