x

Profil Singkat Klub Baru Brylian Aldama, HNK Rijeka Langganan Kompetisi Eropa

Sabtu, 3 April 2021 20:07 WIB
Editor: Juni Adi
Hnk Rijeka.

INDOSPORT.COM - Kabar baik kembali menghampiri dunia sepak bola Indonesia, mengenai talenta-talenta muda Tanah Air yang berani keluar dari zona nyaman untuk bergabung dengan klub luar negeri.

Setelah Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Bagus Kahfi dan beberapa nama lainnya yang sudah lebih dulu hijrah ke negara orang, kini menyusul nama Brylian Aldama yang baru saja resmi bergabung dengan tim kasta tertinggi Liga Kroasia, HNK Rijeka. 

HNK Rijeka menyambut kedatangan Brylian Aldama dengan antusias. Klub bahkan menganggap jebolan Garuda Select itu sebagai pemain muda paling berbakat dari Indonesia.

Baca Juga

"@Brylianaldamaa resmi menjadi pemain anyar HNK Rijeka. Dia adalah salah satu pemain muda paling berbakat di Indonesia." begitu bunyi pernyataan resmi HNK Rijeka di akun Instagram klub. 

"Aldama adalah sosok yang memiliki banyak fans di Indonesia, itu terlihat dari banyaknya media lokal yang memberitakan kepergiannya ke Rijeka, serta dukungan para penggemar di media sosial."

Dalam unggahan tersebut, Brylian Aldma yang mengenakan jaket berwarna hitam dengan list putih, tampak berpose memamerkan jersey HNK Rijeka. Ia juga mengenakan syal serta masker klub. 

Tak hanya itu, Brylian juga memamerkan nomor punggung 23, yang bakal dikenakannya saat membela klub yang bermarkas di Stadium Rujevica tersebut. 

Baca Juga

Kepergian Brylian Aldama sempat dihadang pandemi Covid-19, sehingga ia masih belum mendapat visa hingga 2021. Apalagi, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih membutuhkan jasa gelandang itu.

Penantian panjang itu pun akhirnya mendapatkan titik terang. Setelah mendapat visa, Brylian Aldama langsung bertolak ke Kroasia pada Kamis (01/04/21) malam dan pada Sabtu (03/04/21) akhrinya secara resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar HNK Rijeka.


1. Profil Singkat HNK Rijeka

Resmi! gelandang Timnas Indonesia Brylian Aldama gabung tim kasta Teratas Kroasia.

HNK Rijeka secara resmi lahir pada tahun 1946 dengan nama FC Kvarner. Klub ini awalnya masuk dalam bagian negara Yugoslavia sebelum wilayah tersebut terpecah menjadi beberapa bagian.

Namun banyak sumber yang mengatakan bahwa mereka sejatinya sudah eksis di dunia sepak bola sejak tahun 1925. Kala itu belum ada negara Kroasia, yang membuat mereka bermain di kompetisi negara lain.

Klaim ini juga diakui oleh HNK Rijeka sebagai bagian dalam sejarah perjalanan panjang mereka. Saat masih menjadi bagian dari Yugoslavia, prestasi HNK Rijeka cukup mentereng dan diperhitungkan. 

Baca Juga

Sejarah mencatat, mereka berhasil memenangi Yugoslavia Cup sebanyak 2 kali yakni di musim 1977–78 dan 1978–79.

Kendati begitu, klub ini sempat turun ke level kedua di musim 1969/70 sebelum kembali naik ke Divisi Utama di musim 1973/74.

HNK Rijeka akhirnya menjadi bagian dari sepak bola negara Kroasia, setelah Yugoslavia terpecah. Namun, kiprah mereka sejauh ini bak tertutup oleh kilaunya prestasi Dinamo Zagreb di ranah sepak bola lokal.

Adapun HNK Rijeka akhirnya hanya mampu menjadi bayang-bayang Dinamo Zagreb. Mereka sudah 7 kali nyaris merengkuh gelar juara dengan finis sebagai runner-up Liga Kroasia.

Kendati demikian, HNK Rijeka pernah mempunyai musim terbaiknya yakni pada musim 2016/2017, dimana mereka mencatatkan sejarah dengan menjuarai Liga Kroasia untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Baca Juga

Mereka sukses merengkuh gelar juara Liga Kroasia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub. Kala itu, mereka unggul tipis 2 poin di atas Dinamo Zagreb.

Beberapa musim terakhir, HNK Rijeka konsisten berada di peringkat kedua. Hal itu membuat mereka maju sebagai wakil Kroasia di Liga Europa bersama Dinamo Zagreb.

Musim ini, mereka tergabung di grup F bersama Napoli, Real Sociedad, dan AZ Alkmaar. Sayang, tim besutan Pelatih Simon Rozman belum bisa berbuat banyak dengan menempati posisi buncit setelah menelan 3 kekalahan dari 3 laga awal Liga Europa 2020/2021.

Liga IndonesiaBrylian AldamaHNK Rijeka

Berita Terkini