x

3 Fakta Zidane Iqbal, Wonderkid 'Indonesia' yang Resmi Dikontrak Manchester United

Kamis, 8 April 2021 21:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 3 fakta Zidane Iqbal, wonderkid 17 tahun yang baru saja dikontrak oleh Manchester United, dan sempat dikira memiliki darah Indonesia.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 fakta Zidane Iqbal, wonderkid 17 tahun yang baru saja dikontrak oleh Manchester United, dan sempat dikira memiliki darah Indonesia.

Manchester United diketahui kerap menelurkan pemain muda berbakat yang kemudian menjadi andalan. Di skuat saat ini, ada nama Marcus Rashford dan Mason Greenwood yang sudah rutin menjadi starter di beberapa musim terakhir.

Sementara itu, Februari lalu manajer Ole Gunnar Solskjaer juga memberi debut kepada wonderkid 18 tahun, Amad Diallo. Bintang muda yang diboyong Atalanta itu tampil pertama kali untuk tim utama saat menghadapi Real Sociedad di Liga Europa, masuk di menit ke-83 menggantikan Greenwood.

Baca Juga
Baca Juga

Jumlah debutan MU bahkan berpeluang bertambah lagi musim ini. Pasalnya, sang manajer memasukkan nama Anthony Elanga ke dalam skuat Setan Merah untuk menghadapi Granada di leg 1 perempat final Liga Europa, Jumat (09/04/21).

Solskjaer sendiri sudah memastikan Elanga akan duduk di bangku cadangan pada laga itu dan berpeluang dimainkan. Jika benar-benar dimasukkan, laga itu pun akan menjadi laga debut Elanga untuk Setan Merah.

Di sisi lain, berbarengan dengan masuknya nama Anthony Elanga ke skuat untuk Liga Eropa, Manchester United juga memberikan kontrak profesional untuk salah satu bintang muda mereka, Zidane Iqbal.

Iqbal yang kini berusia 17 tahun memang sudah absen dari tim Manchester United U-18 sejak Desember lalu karena cedera. Namun, manajemen klub memutuskan memberinya kontrak profesional agar bisa terus memantau perkembangannya.

Melalui Twitter, Iqbal pun mengungkapkan kebahagiannya. “Menandatangani kontrak profesional pertama saya bersama Manchester United adalah mimpi yang jadi nyata,” tulisnya dalam unggahan foto dirinya melakukan tanda tangan kontrak.

“Terima kasih kepada keluarga saya, teman-teman, tim pelatih, dan agen saya atas bantuan dan dukungan mereka.”

Baca Juga
Baca Juga

Sosok Zidane Iqbal sendiri sempat menimbulkan kehebohan beberapa waktu lalu karena dikira memiliki keturunan Indonesia.

Pasalnya, laman Football-talents.co.uk menyebut bahwa Zidane Iqbal memiliki kewarganegaraan Inggris dan Indonesia. Sementara itu, Football-wonderkids.co.uk menyebut pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini bisa membela Inggris serta Indonesia.

Data Zidane Iqbal di Football-Talents

Nama Zidane Iqbal sendiri memang terkesan sebagai nama yang berasal dari Indonesia. Namun, sang wonderkid kemudian membantah kabar tersebut.

Berikut ini 3 fakta tentang Zidane Iqbal yang berhasil dikumpulkan INDOSPORT:


1. Bukan Indonesia Tapi Tetap Asia

Zidane Iqbal membela Manchester United melawan Ragers pada laga turnamen junior Super NI di Ballymena, Irlandia.

Keturunan Pakistan dan Irak tapi Lahir di Manchester

Usai ramai diduga berdarah Indonesia beberapa waktu lalu, Zidane Iqbal pun menyampaikan konfirmasinya kepada Indo Football Scout melalui Twittter dan mengaku sama sekali tak memiki darah Indonesia.

Meski demikian, ia memang merupakan keturunan Asia karena ayahnya berasal dari Pakistan sedangkan ibunya berasal dari Irak. Di sisi lain, Iqbal sudah tinggal di Inggris sejak kecil dan bahkan dilahirkan di Manchester.

Wonderkid Keempat MU yang Mendapat Kontrak Profesional Tahun Ini

Dengan resmi menandatangani kontrak profesional bersama MU, Zidane Iqbal menjadi pemain keempat yang meraih prestasi tersebut sepanjang tahun 2021 ini.

Sebelumnya, 4 pemain seangkatannya yakni Teden Mengi, Shola Shoretire, Hannibal Mejbri, dan Anthony Elanga juga telah menandatangani kontrak profesional di MU pada awal tahun ini.

Bakal Dipromosikan Musim Depan

Zidane Iqbal saat ini bermain untuk tim Manchester United U-18, usai menjalani debutnya tahun lalu saat masih 16 tahun.

Berposisi sebagai gelandang serang, musim ini ia sudah tampil 11 kali dengan 7 kali sebagai starter, dan mencetak 3 gol. MU sendiri kini memuncaki klasemen Liga Inggris U-18 zona Utara mengungguli Manchester City.

Iqbal sebenarnya sudah absen bertanding sejak Desember lalu karena cedera. Namun, bakat besarnya membuat MU memercayainya dan memberinya kontrak profesional.

Tak hanya itu, Setan Merah juga berencana mempromosikannya musim depan dengan menaikkannya ke tim U-23 meski usianya baru 18 tahun.

Manchester UnitedIndonesiaIn Depth SportsLiga InggrisZidane IqbalBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler