x

Aksi-aksi 'Brutal' Harry Maguire di Atas Lapangan, Kesayangan Wasit Inggris?

Kamis, 8 April 2021 13:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Harry Maguire berselebrasi usai mencetak gol di laga Norwich City vs Manchester United

INDOSPORT.COM – Harry Maguire dengan segala tindak tanduknya memiliki beragam kontroversi. Kontroversi paling jelas adalah dari gaya bermainnya yang ‘brutal’ namun tak pernah mendapat sorotan wasit. Benarkah ia menjadi kesayangan wasit Inggris?

Maguire menjadi salah satu pilar penanda kebangkitan Manchester United di Liga Inggris 2020/21. Berstatus kapten, ia selalu tampil dan jarang absen dalam keberhasilan Setan Merah menembus dua besar.

Saat ini Man United tengah duduk di tempat kedua di belakang Manchester City. Dengan perolehan 60 poin dan delapan pertandingan sisa, Setan Merah diyakini mampu finis empat besar dan bermain di Liga Champions musim depan.

Baca Juga
Baca Juga

Setiap pemain Man United dan bahkan Ole Gunnar Solskjaer mendapat kredit atas pencapaian Setan Merah di Liga Inggris sejauh ini.

Salah satu kredit diberikan kepada Harry Maguire selaku kapten tim. Di musim keduanya, ia mulai bermain stabil, berbeda dengan musim perdananya bersama Manchester United.

Di musim perdananya, ia kerap menjadi bahan olok-olok karena dianggap tak mampu bermain apik meski didatangkan dengan status bek termahal di dunia.

Namun musim ini terasa berbeda. Ia menjadi pilar dan kunci solidnya pertahanan Man United sehingga mampu menembus peringkat kedua dan bahkan sempat duduk di tempat pertama.

Baca Juga
Baca Juga

Meski tampil solid musim ini, Maguire tak lepas dari kontroversi. Kontroversi itu sendiri lahir dari caranya dalam bertahan ataupun tingkah lakunya yang seharusnya berbuah pelanggaran.

Sejak musim lalu, pelanggaran berat yang dibuatnya kerap diabaikan oleh wasit. Bahkan musim ini pun demikian sehingga banyak protes atau bahkan pertanyaan akan kualitas wasit Liga Inggris.

Lalu, aksi-aksi apa saja yang membuat adanya anggapan bahwa Harry Maguire merupakan kesayangan wasit Liga Inggris? Berikut rangkumannya.


1. Aksi 'Brutal' Harry Maguire

Duel dua pemain Manchester United, Harry Maguire dengan Alexandre Lacazette di laga Liga Inggris.

1. Pelanggaran terhadap Michy Batshuayi (vs Chelsea 2020)

Aksi brutal pertama dilakukan Harry Maguire terlihat jelas saat laga Chelsea vs Man United pada Februari 2020 silam. Saat itu, Maguire terlihat menendang alat vital Michy Batshuayi usai duel.

Maguire yang jatuh tepat di depan Bench Chelsea mengarahkan kakinya ke alat vital Batshuayi yang hendak terjatuh. Saat itu, Bench The Blues sempat protes karena Maguire terlihat sengaja.

Wasit mengindahkan kejadian tersebut. Pasca laga, Maguire buka suara dan berdalih dirinya tidak sengaja meski dalam tayangan ulang jelas bahwa kaki kanannya menendang alat vital Batshuayi.

2. Pelanggaran terhadap Cesar Azpilicueta (vs Chelsea 2020)

Masih di tahun yang sama (hanya berbeda musim) dan melawan tim yang sama, Harry Maguire kembali membua aksi brutal saat melancarkan aksi gulat kepada Cesar Azpilicueta saat duel udara.

Dalam skema bola mati, terlihat lengan Maguire melingkar di leher Azpilicueta dan ia memenangkan bola serta duel udara.

Kejadian itu sempat diprotes pemain Chelsea. Namun, lagi-lagi wasit mengindahkan alih-alih melihat tayangan ulang VAR.

Pasca laga, banyak pandit dan pecinta sepak bola meyayangkan kepemimpinan wasit atas tragedi tersebut.

3. Pelanggaran terhadap Danny Welbeck (vs Brighton 2021)

Dan teranyar, Maguire melakukan pelanggaran brutal terhadap Danny Welbeck di laga Man United vs Brighton.

Di laga itu,Maguire terlihat menarik pundak Welbeck yang berada dalam keadaan bebas di depan gawang Man United.

Welbeck yang hendak menyambut bola pun terjatuh dan gagal melesakkan gol. Namun wasit tak mempedulikan kejadian tersebut kendati dalam tayangan ulang memang terlihat tarikan dari Maguire ke Welbeck.

Alhasil, Brighton tumbang di laga tersebut dan Maguire lolos dari hukuman kartu. Kejadian ini pun membuat pandit, jurnalis dan netizen memprotes kepemimpinan wasit yang terlihat menjadikan Maguire anak kesayangan dengan segala aksi-aksi brutalnya di atas lapangan.

Manchester UnitedChelseaDanny WelbeckCesar AzpilicuetaBrighton & Hove AlbionWasitMichy BatshuayiLiga InggrisHarry MaguireSepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler