x

Sulit Datangkan Asing, Arema FC Kini Buka Opsi Rekrut Pelatih Lokal

Kamis, 8 April 2021 17:35 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Logo klub Liga 1, Arema FC.

INDOSPORT.COM - Arema FC kini membuka diri perihal opsi untuk merekrut pelatih lokal untuk meracik taktik dan strategi saat mengarungi Liga 1 2021.

Sebelumnya, klub berlogo kepala singa itu lebih fokus mendatangkan pelatih asing. Namun, belakangan opsi lain dibuka Arema FC setelah merasakan sulitnya mendatangkan pelatih asing.

Dengan situasi ini, ada nilai plus yang didapatkan Arema FC. Paling tidak tim kebanggaan Aremania ini punya sejumlah pilihan nama untuk mengisi posisi head coach alias pelatih kepala.

Baca Juga
Baca Juga

"Awalnya, kami memang ingin merekrut pelatih asing, tapi tidak menutup kemungkinan kami mengambil pelatih lokal untuk Liga 1 2021," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Kamis (8/4/21).

Seturut kemudian, pihaknya mengemukakan alasan di balik perubahan kualifikasi posisi head coach timnya. Adaptasi dan waktu, menjadi pertimbangan kuat.

"Direksi melihat sosok pelatih lokal akan memudahkan dari segi komunikasi dan adaptasi. Tapi kembali lagi, keputusan ada di sana (direksi klub)," sambung dia.


1. Lisensi AFC Pro

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Sehubungan dengan hal itu, pihaknya juga melontarkan syarat penting untuk merekrut pelatih lokal, yaitu pemegang lisensi AFC Pro sebagai syarat utama untuk menangani Arema FC.

"Klub ini sebelumnya lolos dalam AFC Club License. Sehingga, kami mencari pelatih dengan lisensi AFC Pro karena persyaratannya memang demikian," beber Ruddy Widodo.

Sejauh ini, formasi staf kepelatihan Arema FC memang tinggal posisi head coach saja. Sektor asisten sudah diisi Kuncoro, Siswantoro, dan Singgih Pitono beserta pelatih kiper asal Brasil, Felipe Americo.

Baca Juga
Baca Juga

Formasi inilah yang merumuskan taktik dan strategi tim saat berlaga di Piala Menpora 2021. Hasilnya cukup mengecewakan lantaran Arema FC tidak mampu bersaing di babak penyisihan grup di Solo.

Ruddy WidodoLiga IndonesiaPiala MenporaArema FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini