x

Ketika Lelucon Lingardinho Tak Lucu Lagi

Senin, 12 April 2021 16:07 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Julukan Lingardinho yang melekat kepada sosok Jesse Lingard kini seperti terasa tak relevan seiring dengan kebangkitannya di klub West Ham United pada paruh kedua Liga Inggris. 

Jesse Lingard kembali berdansa lagi, kali ini ia mencetak dua gol yang membawa kemenangan West Ham atas Leicester City, 3-2. Padahal, di laga sebelumnya, Jesse Lingard juga mencetak gol bagi The Hammer. 

Lingard menjadi pencetak gol pembuka kemenangan West Ham atas Wolverhampton yang berakhir dengan skor serupa 3-2. Dengan hasil ini, West Ham United di luar dugaan hingga pekan ke-30, masih bertahan di 4 besar Liga Inggris. 

Seperti yang kita ketahui, posisi empat merupakan jatah terakhir klub Liga Inggris untuk mendapatkan tiket ke Liga Champions. Kegemilangan West Ham musim ini jelas tak lepas dari magis Jesse Lingard, bintang muda pinjaman dari Manchester United. 

Baca Juga
Baca Juga

Performa gemilang Lingard tentu cukup membingungkan mengingat ia bahkan sudah terbuang dari Manchester United. Bahkan, Jesse Lingard pernah begitu terpuruk sampai menjadi bahan olok-olok fans sepak bola di dunia maya. 

Ya, julukan Lingardinho pernah begitu lengket melekat pada sosok Jesse Lingard. Julukkan ini tak lain adalah satire alias bentuk sindiran terhadap performa buruk Jesse Lingard. 

Lingardinho sendiri terinspirasi dari sosok legenda Brasil, Ronaldinho. Jika Ronaldinho menjadi pemain terbaik dunia, maka Lingardinho lain lagi ceritanya. 

Setelah mencuri perhatian sebagai pemain muda jebolan akademi, perlahan-lahan pesona Jesse Lingard di Man United merosot. Terutama ketika The Red Devils diambil alih oleh Ole Gunnar Solskjaer dari tangan Jose Mourinho. 

Setelah musim fantastis di 2017-2018 dengan catatan 48 laga dan 13 gol serta 7 assist, statistik Lingard di Man United terus menurun. Pada musim 2018/19 catatannya menjadi 36 laga (5 gol dan 4 asssit), lalu meningkat sedikit ke 40 laga (4 gol dan 2 assist) namun di musim itu, ia cuma tampil 22 kali di liga dengan hanya menyumbang 1 gol. 

Praktis, pada putaran pertama 2020/21, Jesse Lingard menjadi penghuni tetap bangku cadangan Man United karena tidak diturunkan sama sekali di Liga Inggris. Posisinya tergeser oleh nama-nama seperti Marcus Rashford dan bahkan Mason Greenwood. 

Apalagi setelah Man United kedatangan Bruno Fernandes di mana Solskjaer lebih mengutamakan pemain yang bisa bersinergi dengan bintang Portugal tersebut. Posisi Lingard kerap digeser ke sana ke mari sampai akhirnya ia gagal menampilkan performa terbaik. 

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, di tengah keterpurukan karier, Lingard kerap tampil flamboyan di media. Hal ini membuat fans gemas dan menjulukinya Lingardinho, pemain flopp dengan ekspektasi seperti Ronaldinho. 


1. Ketika Lelucon Lingardinho Tak Lagi Lucu

Pemain West Ham United, Jesse Lingard, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arsenal pada lanjutan Premier League di London Stadium, Minggu (21/03/21).

Namun, pada bursa transfer musim dingin lalu Jesse Lingard mengambil keputusan brilian dengan memilih pergi dari Old Trafford untuk dipinjamkan ke klub London, West Ham

Tak banyak orang yang menyangka, Jesse Lingard justru bangkit total bersama The Hammer. Dari 9 laga yang dijalani di Liga Inggris, Jesse Lingard berhasil mencatatkan 8 gol dan 4 assist untuk West Ham. 

Raihan itu menyamai perolehan terbaiknya di Liga Inggris musim 2017/18. Bedanya, di West Ham ia hanya butuh 9 laga. Pekan demi pekan, publik sepak bola Inggris dikejutkan dengan penampilan garang Jesse Lingard. 

Lingard menjadi pemain tersubur di Liga Inggris terhitung sejak ia bergabung bersama West Ham. Lingard mencetak 8 gol melewati Sadio Mane (7), Harry Kane (7), dan sederet bintang Liga Inggris lainnya dalam kurun waktu yang sama. 

Lingard juga menjadi pemain dengan keterlibatan gol paling banyak di Liga Inggris sejak putaran kedua dengan total 12 gol (8 gol dan 4 assist). Catatan ini jelas bukan hal yang kebetulan. 

Terbukti bahwa Jesse Lingard memang memiliki kualitas seorang bintang. Man United pun patut menyesal telah menyia-nyiakannya di putaran pertama. Lelucon Lingardinho saat ini seakan tak lagi relevan untuk dirinya. 

Meski begitu, tak bisa dilepaskan pula andil dari seorang David Moyes pada perkembangan karier Jesse Lingard di West Ham. Moyes adalah sosok yang menginginkan keberadaan Lingard di timnya, West Ham. 

Dengan taktik serta posisi yang tepat, David Moyes sukses mengembalikan form terbaik dari pemain 28 tahun itu. Kini, Lingard pun menjadi komoditi panas di bursa transfer Liga Inggris

Pihak West Ham tentu ingin agar bintang Timnas Inggris itu bertahan, namun di sisi lain Man United tentu memonitor ketat keberadaan Lingard di London dan tak akan melepas bintangnya begitu saja di bursa transfer. 

Manchester UnitedWest Ham UnitedJesse LingardLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini