x

3 Fakta Ega Rizky, Pahlawan Kelolosan PSS Sleman ke Semifinal Piala Menpora

Selasa, 13 April 2021 10:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
PSS Sleman lolos ke semifinal Piala Menpora usai menyingkirkan Bali United 4-2 di semifinal. Kiper Ega Rizky jadi pahlawan Super Elja berkat penampilan apiknya.

INDOSPORT.COM – PSS Sleman lolos ke semifinal Piala Menpora usai menyingkirkan Bali United 4-2 di semifinal. Kiper Ega Rizky jadi pahlawan Super Elja berkat penampilan apiknya.

Gelaran Piala Menpora 2021 akhirnya menuntaskan rangkaian babak perempat final. PSS Sleman menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal usai menyingkirkan Bali United, Selasa (12/04/21) malam WIB.

Laga antara PSS vs Bali United sendiri harus berlangsung hingga babak adu penalti, setelah kedua tim bermain dengan skor kacamata 0-0 selama 2 kali 45 menit. Di babak tos-tosan itu, satu nama muncul menjadi pahlawan Super Elja yakni kiper Ega Rizky.

Baca Juga
Baca Juga

Mantan penjaga gawang PSCS Cilacap itu sukses menepis eksekusi William Pacheco yang menjadi eksekutor keempat Bali United.

Akibatnya, Super Elja pun memenangi adu penalti tersebut dengan skor 4-2 setelah sebelumnya sepakan Dias Angga yang jadi penendang ketiga melambung tinggi. Sementara itu, keempat eksekutor PSS yakni Irfan Jaya, Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta semuanya sukses menjalankan tugas.

Penampilan apik Ega Rizky di laga itu sejatinya tidak hanya terjadi di babak adu penalti. Sepanjang waktu normal sang kiper menunjukkan performa gemilang menghadapi serangan Bali United yang memang tampil lebih dominan.

Kiper berusia 28 tahun itu sempat menggagalkan sundulan Yabes Roni serta menggagalkan aksi Stefano Lilipaly dalam situasi satu lawan satu.

Aksi gemilang di Piala Menpora 2021 sebelumnya juga sempat ditunjukkan Ega Rizky di fase grup, ketika PSS menghadapi Persebaya.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika itu, Persebaya tampil agresif usai tertinggal 0-1 lewat gol penalti Irfan Bachdim di menit ke-47. Namun, segala upaya Bajul Ijo antara lain melalui Marcelo Ferdinand dan Ricky Kambuaya bisa digagalkan oleh Ega.

Ega sendiri sejatinya sempat tampil buruk di laga pertama Piala Menpora menghadapi Madura United. Ia membuat sejumlah blunder di laga tersebut sehingga PSS akhirnya kalah 1-2. Namun, ia berhasil bangkit meski sempat diparkir di laga ketiga melawan Persik.

Demi mengenal lebih lanjut pahlawan PSS Sleman ini, berikut 3 fakta mengenai Ega Rizky yang berhasil dirangkum tim Indosport.


1. Berawal dari PON dan Sempat Ditolak Seleksi di Tim Liga 1

Kiper klub Liga 1 PSS Sleman, Ega Rizky.

1. Berawal dari PON

Nama Ega Rizky mulai dikenal saat membela kontingen Jateng pada PON 2012. Setelah itu, ia membela tim asal kota kelahirannya, Banyumas, yakni Persibas Banyumas. Usai dari Persibas, ia kemudian menjajal petualangan bersama PSCS Cilacap yang bermain di Liga 2 pada 2014.

Hanya setahun kemudian, Ega meninggalkan PSCS untuk bergabung dengan PSIS Semarang. Namun, pada akhirnya ia kembali ke Cilacap di musim berikutnya, setelah tak mendapatkan kesempatan tampil di Mahesa Jenar.

2. Gagal Seleksi di Bali United

Pada 2017, Ega Rizky sempat menjajal seleksi di Bali United. Namun, ia kemudian dilepas karena penampilannya dinilai kurang memuaskan oleh tim pelatih, yang ketika itu dipimpin oleh Indra Sjafri.

“Kami lepas mereka bukan karena tidak bagus. Namun, kami ingin cari pemain yang lebih bagus dari mereka dan lebih cocok dengan permainan kami,” ujar Indra Sjafri seperti dilansir situs resmi klub ketika itu. Gagal ke Bali, Ega pun bertahan bersama PSCS sebelum kemudian pindah ke PSS hingga saat ini.

3. Terancam Tersingkir Musim Ini

Bergabung dengan PSS Sleman pada 2018 usai meninggalkan PSCS Cilacap, Ega Rizky sukses membawa tim Laskar Sembada promosi ke Liga 1 pada musim pertamanya. Musim berikutnya, ia pun tidak kesulitan tampil di kasta tertinggi dan tetap menyuguhkan performa menawan.

Memasuki musim keempat bersama Super Elja, posisi Ega sempat terancam ketika PSS mendatangkan dua kiper baru yakni Miswar Saputra dan Adi Satryo. Miswar dikenal sempat jadi andalan Persebaya Surabaya, sedangkan Adi merupakan kiper timnas Indonesia U-19.

Namun, pada akhirnya Ega-lah yang mendapatkan menit bermain terbanyak sejauh ini di Piala Menpora dengan sudah tampil di 4 laga, sementara Adi hanya tampil sekali dan Miswar sama sekali belum dimainkan.

PSS SlemanPSCS CilacapLiga IndonesiaPiala MenporaBali United FCBola Indonesia

Berita Terkini