x

3 Pemain Biang Kerok Kekalahan Arsenal dari Everton di Liga Inggris

Sabtu, 24 April 2021 07:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Arsenal menelan kekalahan 0-1 dari Everton di Liga Inggris, Sabtu (24/04/21) dini hari WIB. Berikut 3 pemain yang jadi biang kerok hasil buruk tersebut.

INDOSPORT.COM – Arsenal menelan kekalahan 0-1 dari Everton di Liga Inggris, Sabtu (24/04/21) dini hari WIB. Berikut 3 pemain yang jadi biang kerok hasil buruk tersebut.

Liga Inggris 2020/2021 kini memasuki gelaran pekan ke-33. Laga antara tuan rumah Arsenal vs Everton di Emirates Stadium, Sabtu (24/04/21) dini hari WIB menjadi pertandingan pembuka gelaran pekan ke-33 itu.

Bermain di kandang, The Gunners yang berada di posisi 9 memburu kemenangan demi membuka peluang finis di zona Eropa. Namun, krisis cedera membuat Mikel Arteta tak bisa memainkan Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang dan terpaksa mengandalkan Eddie Nketiah di depan.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, The Toffees yang punya misi serupa tampil dengan kekuatan terbaik, termasuk trio Dominic Calvert-Lewin, Richarlison, dan James Rodriguez di lini depan.

Meski tidak turun dengan kekuatan terbaik, Arsenal mendominasi permainan. Nicolas Pepe tampil dominan menjadi pusat serangan The Gunners di sayap kiri. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat Arsenal harus rela menutup babak pertama dengan skor kacamata.

Di babak kedua, Everton dan Arsenal terus bertukar serangan. Namun, tak banyak peluang emas yang tercipta. Menit ke-74, Arteta pun melakukan perubahan dengan menarik keluar Pepe dan Nketiah serta memasukkan Martin Odegaard dan Garbriel Martinelli.

Namun, hanya dua menit kemudian, petaka menimpa Arsenal. Richarlison yang lolos dari jebakan offside sukses menggiring bola ke kotak penalti. Bintang Brasil ini kemudian mencoba memberikan umpan kepada Calvert-Lewin, tapi bola malah membentur Bernd Leno dan meluncur ke gawang.

Baca Juga
Baca Juga

Tertinggal 0-1, Arsenal pun melakukan gempuran balasan untuk setidaknya menyamakan kedudukan. Tapi hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 0-1 untuk kemenangan Everton.

Dengan hasil ini, The Gunners gagal mendapatkan poin dan tetap tertahan di peringkat 9 klasemen Liga Inggris. Misi mereka mengejar tiket ke Eropa pun makin sulit karena mereka tertinggal 9 poin dari West Ham yang ada di posisi 5.

Di sisi lain, ada sedikitnya 3 pemain yang tampil buruk di laga dini hari tadi, sehingga menjadi salah satu penyebab kekalahan Arsenal dari Everton. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya:


1. Dua Sosok Jadi Kunci Terciptanya Gol Kekalahan

Kiper Arsenal, Bernd Leno.

Bernd Leno

Sempat diparkir akhir pekan lalu ketika Mikel Arteta memilih menurunkan Mat Ryan, Bernd Leno kembali menjadi berdiri di bawah mistar gawang Arsenal di laga melawan Everton. Sayangnya, kiper Jerman itu justru menjadi salah satu penyebab kekalahan The Gunners lewat gol bunuh diri.

Bernd Leno sejatinya tak banyak mendapat ancaman di sepanjang laga. Namun, pada menit ke-76, ia justru gagal mengantipasi umpan mendatar Richarlison yang sejatinya tak terlalu mengancam.

Bola sepakan Richarlison gagal ditangkap sempurna dan malah berubah arah berkat sentuhan Leno, sehingga kemudian meluncur ke gawang melewati kolong kakinya.

Thomas Partey

Kembali menjadi andalan Mikel Arteta untuk menjadi salah satu dari double pivot, Thomas Partey menunjukkan performa yang tak memuaskan. Dalam urusan bertahan, ia tampil baik untuk merebut bola dari penguasaan lawan.

Namun, ia kerap terlalu lama menguasai bola dan tidak akurat dalam memberikan umpan, sehingga bola justru kembali jatuh ke penguasaan Everton. Ia juga kerap melakukan pelanggaran tidak perlu yang membuat Gylfy Sigurdsson sempat mendapat peluang mencetak gol.

Granit Xhaka

Kembali tampil sebagai bek kiri seiring absennya Kieran Tierney, Granit Xhaka sejatinya tampil cukup baik. Namun, ia minim memberikan dukungan saat menyerang karena terus menerima tekanan konstan dari Richarlison yang mengisi sektor kanan serangan Everton.

Pada momen terjadinya gol, Granit Xhaka gagal mengantisipasi umpan panjang sehingga Richarlison mampu menguasai bola. Ia kemudian mencoba melakukan tekel tapi meleset, sehingga bintang Brasil itu bisa menerobos kotak penalti sebelum melepaskan tendangan yang berujung gol bunuh diri.

ArsenalEvertonBernd LenoGranit XhakaLiga InggrisRicharlisonThomas ParteyBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler