x

Bedah Formasi Manchester United Jika Sukses Pulangkan Cristiano Ronaldo

Sabtu, 24 April 2021 09:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Cristiano Ronaldo santer disebut bakal meninggalkan Juventus dan pulang ke Manchester United. Akan seperti apa formasi MU jika Ronaldo benar-benar kembali?

INDOSPORT.COM – Cristiano Ronaldo santer disebut bakal meninggalkan Juventus dan pulang ke Manchester United. Akan seperti apa formasi MU jika Ronaldo benar-benar kembali?

Kabar mengejutkan datang dari seputar bursa transfer musim panas. Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, disebut bakal meninggalkan Si Nyonya Tua pada akhir musim ini.

Sempat dikaitkan dengan sejumlah klub seperti Paris Saint-Germain, bintang asal Portugal itu kini santer disebut bakal pulang ke klub lamanya, Manchester United.

Baca Juga
Baca Juga

Didatangkan dari Real Madrid pada 2018 lalu, Cristiano Ronaldo gagal membawa Juventus berjaya di Eropa. Padahal, untuk tujuan itulah Si Nyonya Tua sengaja memboyongnya, mengingat CR7 berhasil memenangi Liga Champions 4 kali bersama Madrid dan 1 kali bersama MU.

Namun, 3 musim ini, prestasi terbaik Juventus bersama Ronaldo hanyalah menembus perempat final pada 2018/2019. Musim ini, Bianconeri bahkan dikandaskan Porto di babak 16 besar.

Kegagalan di Eropa, gaji besar Ronaldo, dan kontraknya yang tersisa setahun pun membuat Juventus ingin melepaskannya di bursa transfer musim panas.

La Gazzetta dello Sport menyebut Ronaldo pun kini mulai membuka peluang untuk hengkang. Pemain 36 tahun itu bahkan diklaim ingin kembali ke klub lamanya, Manchester United, dan siap menerima gaji lebih kecil daripada di Juventus, demi bisa kembali ke Old Trafford.

Baca Juga

Di sisi lain, MU sendiri memang membutuhkan tambahan tenaga di lini tengah guna mengantisipasi kepergian Edinson Cavani, serta menambah daya gedor untuk bersaing memburu gelar juara musim depan.

Kehadiran Cristiano Ronaldo yang memiliki pengalaman panjang dan sejumlah koleksi gelar juara pun diharapkan mampu menularkan mental juara dan sikap positif lainnya ke skuat Manchester United yang didominasi pemain muda.

Lantas, bakal seperti apa formasi MU jika Cristiano Ronaldo benar-benar pulang ke Old Trafford di bursa transfer musim panas nanti? Berikut ini ulasannya:


1. Ada 3 Formasi yang Bisa Dipakai

Cristiano Ronaldo saat masih berseragam Manchester United

Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1 menjadi andalan Ole Gunnar Solskjaer musim ini demi memaksimalkan peran Bruno Fernandes. Dengan kemampuan penyelesaian akhirnya yang sangat bagus, Cristiano Ronaldo pun bisa ditempatkan langsung di formasi ini guna mengisi peran sebagai penyerang tengah.

Suplai bola untuk Ronaldo di depan akan tercukupi lewat Bruno Fernandes, sementara Marcus Rashford dan Mason Greenwood membantu menambah daya dobrak lewat kedua sayap. Sementara itu, Fred dan Scott McTominay akan berperan sebagai double pivot.

Solskjaer juga bisa meningkatkan kreativitas di lini tengah dengan memasukkan Paul Pogba untuk menggantikan salah satu dari Fred maupun McTominay

Formasi 4-3-3

Formasi lain yang bisa dijajal Solskjaer adalah 4-3-3. Dalam formasi ini, Ronaldo akan menjadi penyerang tengah dan membentuk trisula dengan Marcus Rashford dan Mason Greenwood yang mengapitnya di kedua sisi.

Dengan formasi ini, Ronaldo akan mendapatkan kebebasan penuh. Alih-alih menunggu di kotak penalti, ia bisa sedikit mundur ke luar kotak penalti dan membiarkan Greenwood serta Rashford menusuk ke dalam kotak penalti. Ronaldo sendiri bisa tetap mengancam lewat kemampuan tendangan jarak jauhnya.

Demi menambah daya dobrak, trio lini belakang bisa diisi dua gelandang serang dalam diri Bruno Fernandes dan salah satu dari Paul Pogba atau Donny van de Beek. Sementara itu, peran gelandang bertahan diserahkan kepada Fred atau Scott McTominay untuk menjaga kedalaman.

Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2 merupakan pola yang kerap dijalani Ronaldo bersama Juventus musim ini. Formasi ini bisa juga diterapkan di Manchester United, dengan sang megabintang berduet bersama salah satu dari Mason Greenwood atau Marcus Rasford di lini depan.

Meski demikian, guna memaksimalkan formasi ini MU butuh pemain sayap baru untuk menggantikan Greenwood maupun Rashford yang maju ke depan, misalnya Jadon Sancho. Dengan demikian, Sancho dan Rashford bisa mengisi sektor sayap sedangkan Greenwood mendampingi CR7 di depan.

Sementara itu, dua gelandang sentral bisa diisi oleh Bruno Fernandes dan salah satu dari Fred maupun McTominay.

Fernandes seperti biasa akan berperan sebagai gelandang serang dan pusat kreativitas, sedangkan Fred dan McTominay bertugas mematikan serangan lawan sejak dari tengah dan menjaga kedalaman.

Bursa TransferManchester UnitedCristiano RonaldoJuventusMarcus RashfordLiga InggrisBruno FernandesMason GreenwoodBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini

Berita Terpopuler