x

Joe Willock, Buangan Arsenal yang Jadi Pahlawan Baru Newcastle United

Minggu, 25 April 2021 12:02 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Terbuang dari skuat Arsenal, Joe Willock jadi pahlawan baru Newcastle United. Terbaru, ia menyelamatkan The Magpies dari kekalahan saat berjumpa Liverpool.

INDOSPORT.COM – Terbuang dari skuat Arsenal, Joe Willock jadi pahlawan baru Newcastle United. Terbaru, ia menyelamatkan The Magpies dari kekalahan saat berjumpa Liverpool.

Akhir pekan ini, kompetisi Liga Inggris menggelar rangkaian pertandingan pekan ke-33. Salah satu laga tersebut mempertemukan antara Liverpool vs Newcastle United, Sabtu (24/04/21) malam WIB.

Berstatus juara bertahan, The Reds musim ini tertahan di peringkat 6. Anak asuh Jurgen Klopp ini pun membidik 3 angka demi menjaga asa finis di 4 besar dan tampil di Liga Champions musim depan. Sementara itu, The Magpies juga memburu kemenangan demi menjauhkan diri dari zona degradasi.

Baca Juga
Baca Juga

Menurunkan tim terbaik termasuk kuartet Diogo Jota, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan. The Reds seolah akan menang mudah ketika sudah unggul 1-0 di menit ketiga lewat aksi Mohamed Salah.

Meski demikian, hingga menjelang pertandingan berakhir, tim asuhan Jurgen Klopp itu gagal menambah gol.

Kejutan pun terjadi di injury time babak kedua. Pemain Newcastle United yang dipinjam dari Arsenal, Joe Willock, berhasil membobol gawang Alisson di menit terakhir pertandingan. Laga pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi The Reds, hasil ini menyulitkan upaya mereka finis di 4 besar. Sementara bagi Newcastle, tambahan 1 poin ini sangat berharga dalam upaya mereka menghindari degradasi.

Di sisi lain, torehan 1 gol di laga melawan Liverpool ini menjadikan Joe Willock sebagai pahlawan baru Newcastle. Pasalnya, akhir pekan lalu ia juga menjadi pahlawan ketika golnya menentukan kemenangan The Magpies atas West Ham dengan skor 3-2 di Liga Inggris.


1. Gemilang Usai Dibuang, Diharapkan Pulang ke Arsenal Musim Depan

Joe Willock saat membela Arsenal

Memasuki musim keempat sejak menjalani debut di tim utama pada 15 April 2018 dengan menghadapi Newcastle, Joe Willock dipertahankan manajer Mikel Arteta di tim utama alih-alih dipinjamkan ke klub lain.

Bintang muda Inggris itu pun tampil cukup baik. Meski jarang jadi pilihan utama di Liga Inggris, Willock jadi andalan di Liga Europa dengan tampil di 5 laga di fase grup. Performanya pun terbilang apik dengan torehan 3 gol dan 3 assist.

Namun, performa apik Willock itu tak cukup mencuri perhatian Arteta. Puncaknya, pada bursa transfer musim dingin lalu sang gelandang pun dipinjamkan ke sesama klub Liga Inggris, Newcastle United.

Willock pun kemudian menjalani debutnya bersama Newcastle saat menghadapi Southampton di Liga Inggris pada 6 Februari. Tampil sebagai starter, gelandang 21 tahun ini langsung mencetak gol debutnya untuk The Magpies di menit ke-16, dan pada akhirnya membawa Newcastle menang 3-2.

Sempat puasa gol meski menjadi starter di 7 laga beruntun, Willock akhirnya tergusur di bangku cadangan saat Newcastle bertemu Tottenham. Namun, ia justru kemudian jadi pahlawan di laga tersebut.

Masuk di menit ke-78, Willock sukses mencetak gol di menit ke-85 yang membuat Newcastle sukses menahan imbang Spurs 2-2.

Peran sebagai supersub itu pun kembali terlihat ketika Willock mencetak gol kemenangan atas West Ham dan penyama kedudukan melawan Liverpool meski turun sebagai pemain pengganti.

Secara total, Willock kini sudah mencetak 4 gol untuk Newcastle dalam 10 laga Liga Inggris. Menariknya, The Magpies tak pernah kalah setiap kali gelandangnya itu mencetak gol (2 menang, 2 seri).

Newcastle pun tercatat tidak terkalahkan di 4 laga terakhir Liga Inggris, dan mulai menjauhi zona degradasi. Mereka berada di posisi 15 dengan 36 poin dari 33 laga, unggul 9 poin dari Fulham yang ada di posisi 18 alias batas teratas zona degradasi.

Newcastle United pun membuka peluang mempermanenkan Willock di bursa transfer musim panas. “Jika ada peluang mendatangkannya kembali musim depan, saya harus melakukannya,” kata Steve Bruce seperti dilansir Football London.

Arsenal sendiri sebelumnya memasang banderol 20 juta pounds untuk peminat Willock. Namun penampilan apik pemain 21 tahun itu menarik perhatian Mikel Arteta yang ingin kembali mengandalkannya musim depan.

“Penampilan Joe di Newcastle sangat bagus bagi perkembangannya. Dan karena itulah kami yakin peminjaman ke Newcastle adalah langkah yang tepat,” ungkap Arteta.

Menarik ditunggu klub manakah yang akhirnya dibela Joe Willock musim depan, dan apakah ia dapat mempertahankan performa yang ditunjukkannya bersama Newcastle di paruh kedua musim ini.

ArsenalNewcastle UnitedLiga InggrisBerita Liga InggrisJoseph Willock

Berita Terkini