x

Koeman Hampir Buatnya Khianati Barcelona, Messi Malah Punya Predikat Tak Terduga

Selasa, 27 April 2021 14:10 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Hampir khianati raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, gara-gara Ronald Koeman, Lionel Messi malah mendapat predikat pemain paling setia.

INDOSPORT.COM - Aksi pengkhianatan hampir dilakukan oleh Lionel Messi terhadap raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, gara-gara kedatangan Ronald Koeman. Anehnya, siapa sangka ia malah dapat predikat tak terduga.

Semenjak direkrut dari Newell's Old Boys semasa kecil, karier dari striker berpaspor Argentina ini begitu menggelegar. Bagaimana tidak? Menuntut ilmu di La Masia langsung buatnya layak untuk masuk skuat utama hingga catatkan masa bakti 21 tahun!

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, hubungan dengan Catalan bukan berarti langgeng-langgeng saja karena beberapa kali terjadi cobaan berat. Salah satu yang terparah ialah saat akhir musim lalu dimana tim bermarkas di Camp Nou itu menderita nirgelar.

Saat gagal menangi LaLiga Spanyol gara-gara terenggut oleh Real Madrid, nama baik Blaugrana kian hancur usai dipecundangi Bayern Munchen 2-8. Kondisi finansial memburuk usai kini didera hutang 1,3 miliar euro (Rp22 triliun).

Hadirnya Koeman yang mengusir rekan-rekan sekompatriotnya seperti Arturo Vidal, Ivan Rakitic, dan Luis Suarez lantas membuat Messi mantab ingin hengkang. Terhenti gara-gara klausul rilis 700 juta euro (Rp12 triliun), kans itu masih ada.

Baca Juga
Baca Juga

Walaupun Barca sudah punya presiden baru yakni Joan Laporta, tak adanya kesepakatan baru jelang tenggat waktu kontraknya tentu bisa buat La Pulga hengkang tahun ini. Meskipun kans ini jadi tipis usai timnya mulai berprestasi lagi lewat juara Copa del Rey.

Ketika kesetiaannya mulai diragukan, ironi malah terjadi saat Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain paling setia 10 tahun terakhir. Hal ini tak lepas dari jumlah penampilan yang begitu mencengangkan.


1. Messi Jadi Pemain Setia di Liga Kasta Atas Spanyol dan Nomor 2 Seantero Eropa

Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terloyal di LaLiga Spanyol selama 10 tahun terakhir.

Melansir laman Football Espana, data dari CIES Football Observatory menguak fakta jika pemain berusia 33 tahun itu sudah tampil dalam 340 pertandingan Blaugrana. Dalam jangka 10 tahun terakhir, rata-rata tampil tiap musimnya mencapai 34 laga.

Totalnya mencapai 28 ribu lebih menit bermain, ia menjadi satu-satunya pemain di liga kasta atas Spanyol yang paling setia, posisi lima tertinggi dunia, dan peringkat dua setingkat Eropa. Si Kutu dibelakang kiper Leicester Kasper Schmeichel (37 ribu menit).

Satu-satunya pesaing nomor 10 Barcelona itu ialah Koke Resurreccion dari Atletico Madrid yang berada di peringkat dua gelaran LaLiga dengan total tampil 330 laga. Selama 10 tahun membela Los Rojiblancos, ia catatkan 26 ribu menit bermain.

Didapuk sebagai pemain paling loyal, perasaan benci dari striker La Albiceleste tersebut mulai memudar ketika berhasil menyesuaikan diri dengan tim yang baru. Tak heran, Laporta sang presiden klub optimis akan ada kesepakatan pada akhirnya.

Secara garis besar Lionel Messi bisa saja perpanjang masa bakti dengan Barcelona, meskipun ia harus menderita gara-gara gaji yang tak seperti dulu. Joan Laporta yakin, kuncinya berada ditangan Koeman jika bisa bantu tim menangi LaLiga Spanyol musim ini.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolRonald KoemanCopa del ReyJoan LaportaLiga SpanyolSepak Bola

Berita Terkini