x

Bedah Kualitas Mikel Oyarzaba, Wonderkid Spanyol yang Bikin Barcelona Lupa Neymar

Senin, 3 Mei 2021 16:45 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Bedah kualitas Mikel Oyarzabal, penyerang muda Real Sociedad asal Spanyol yang bikin klub raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, 'lupa' ingin merekrut Neymar.

INDOSPORT.COM - Bedah kualitas Mikel Oyarzabal, penyerang muda Real Sociedad asal Spanyol yang bikin klub raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, 'lupa' ingin merekrut Neymar di bursa transfer. 

Menjalani musim perdana bersama pelatih anyar Ronald Koeman, performa Barcelona tak terlalu memuaskan. Di LaLiga Spanyol, mereka tertahan di peringkat ketiga di bawah Atletico Madrid dan Real Madrid. Sementara itu di Liga Champions, Lionel Messi dkk kandas di babak 16 besar.

Penampilan yang tak memuaskan ini pun membuat Blaugrana terus dikaitkan dengan sejumlah bintang di bursa transfer musim panas nanti, salah satunya mantan pemain mereka sendiri, Neymar. Seperti diketahui, bintang Brasil itu pindah dari Camp Nou ke Paris Saint-Germain pada 2017.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, buruknya kondisi keuangan Barcelona dan mahalnya banderol Neymar membuat rencana tersebut sulit diwujudkan. Akibatnya, Blaugrana pun mulai membidik sejumlah alternatif.

Dilansir Fichajes, sosok yang kini jadi menjadi incaran Barcelona adalah sayap kiri Real Sociedad, Mikel Oyarzabal.

Pemain 24 tahun itu memang tampil memukau musim ini. Oyarzabal sukses mencetak 12 gol dan 9 assist untuk Sociedad, dari 39 laga di semua kompetisi. Torehan itu sudah mendekati jumlah gol terbanyaknya dalam semusim yakni 14 kali, yang tercipta di musim 2017/2018 dan 2018/2019.

Aksi gemilangnya pun membawa Real Sociedad menembus 5 besar klasemen LaLiga Spanyol dan berpeluang lolos ke Liga Europa musim depan.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu, seperti apa kualitas sesungguhnya dari seorang Mikel Oyarzaba sampai-sampai klub Barcelona tertarik kepadanya?


1. Bedah Kualitas Mikel Oyarzaba

Selebrasi Mikel Oyarzabal usai mencetak gol di laga Spanyol vs Swiss.

Mikel Oyarzaba memulai debutnya di LaLiga Spanyol pada Oktober 2015 untuk tim Real Sociedad pada usianya yang ke-18 tahun. Mikel berhasil promosi ke tim utama berkat penampilannya yang menonjol di Akademi Zubieta, pusat pelatihan pemain muda Real Sociedad. 

Meski besar di Real Sociedad, namun Mikel Oyarzaba mengawali karier sepak bolanya di klub kampung halaman, Eibar, pada tahun 2011. 

Musim debut Mikel Oyarzaba di LaLiga Spanyol terbilang cukup bagus. Pada awal 2016 ia berhasil mencetak dua gol untuk kemenangan timnya melawan Espanyol dan Granada. 

Pada musim perdananya di LaLiga, Mikel mencatatkan 22 penampilan dengan kontribusi 6 gol dan 2 assist. Secara keseluruhan, ia tampil 32 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 9 gol dan 3 assist. 

Sejak musim itu, Mikel Oyarzaba selalu masuk ke skaud reguler tim Real Sociedad. Sejak 2015 sampai saat ini, Mikel telah mencatatkan 235 penampilan dengan 63 gol dan 44 assist. 

Catatan itu terbilang impresif bagi pemain yang masih berusia di bawah 24 tahun. Apalagi, Sociedad bukanlah tim dengan skuad mewah di Liga Spanyol. 

Salah satu kelebihan utama dari Mikel Oyarzaba adalah kemampuannya dalam bermain di tiga posisi lini depan. Mikel tercatat bisa bermain sebagai penyerang sayap kiri, gelandang serang, dan penyerang sayap kanan. 

Tugas utama Mikel bukan hanya mencetak gol. Ia dibutuhkan timnya untuk membongkar pertahanan lawan dan melepaskan umpan. Mikel adalah penyerang yang kreatif maka tak heran ia selalu dibutuhkan oleh timnya. 

Performa apik Mikel Oyarzabal juga tertular ke Timnas Spanyol. Dalam 8 laga terakhir La Furia Roja, pemain bertinggi 1,81 meter itu tercatat tampil 6 kali dan sukses mencetak 2 gol dalam periode tersebut.

Secara total, Oyarzabal kini sudah mencatatkan 13 penampilan di Timnas Spanyol dan menorehkan 4 gol untuk La Furia Roja. Sebelumnya, ia sukses di tim U-21 dengan torehan 8 gol dari 25 laga. Bisa dibilang, Mikel Oyarzabal merupakan salah satu berlian yang dimiliki oleh Spanyol saat ini. 

Setelah enam musim membela panji biru-putih Real Sociedad, Mikel Oyarzabal pun kini mulai semakin gencar didekati oleh tim-tim besar Eropa. Barcelona menjadi calon kuat lantaran mereka pernah berhadapan langsung dengan sang pemain. Jika berhasil hengkang ke klub yang lebih besar, karier Mikel diyakini bakal semakin gemilang lantaran sang pemain memiliki adaptasi bermain yang bagus. 

BarcelonaLaLiga SpanyolReal SociedadLiga SpanyolBerita Liga SpanyolMikel Oyarzabal

Berita Terkini