x

Beda Agama, Begini Toleransi Saat Ramadhan di Keluarga Jacksen Tiago

Kamis, 6 Mei 2021 05:01 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, selalu menjaga toleransi dalam keluarga kecilnya yang hidup dengan keyakinan yang berbeda dalam satu rumah.

Istri dan anak Jacksen tetap menjalankan kewajiban mereka sebagai seorang muslim, berpuasa di bulan Ramadhan. Sementara Jacksen, meskipun dia seorang nasrani, tetap menghormati apa yang dijalani oleh istri dan anaknya.

Sejak menikah dengan sang istri, Nadirah Bajamal, Jacksen Tiago sudah terbiasa dengan suasana Ramadhan. Terlebih, mereka tinggal di Kota Surabaya yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, pelatih asal Brasil itu selalu menjaga toleransi dalam keluarga kecilnya. Jacksen selalu mendukung istri dan anaknya yang menjalankan ibadah puasa.

"Kehidupan kami tetap berjalan normal seperti biasanya, dan bagaimana kita harus saling respek dan saling menghargai dalam segala hal,” ungkap Jacksen, Senin (03/05/21).

“Semua berjalan biasa saja. Di saat bulan Ramadhan ketika saya berada di rumah, saya selalu belikan kurma untuk istri saya dan memasak masakan untuk berbuka dan sahur. Anak saya (Hugo Samir) dia ikut seleksi di Bhayangkara dan saya selalu ingatkan dia untuk berbuka dan sahur," lanjutnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Dengan istri saya juga sama, saya sering bicara bahwa apa yang bisa dimakan dan dilakukan ketika berpuasa, begitupun dengan hari raya natal, saya tetap menjalankan dan sangat merespek mereka.”

“Toleransi selalu dijaga. Kita sangat menghargai dan saling mensupport. Puasa sunah pun istri saya sering menjalankan, makanya keluarga kita diberkati terus," tambah Jacksen.


1. Gelandang Persipura Tetap Berpuasa

Gelandang klub Liga 1, Persipura Jayapura, Muhammad Tahir.

Sementara itu di skuat Persipura Jayapura yang diasuh Jacksen Tiago, gelandang Muhammad Tahir tetap menjalani rutinitasnya sebagai seorang pesepakbola. Meski harus berlatih di tengah panas terik, namun Tahir tetap berpuasa di bulan Ramadhan.

Gelandang jangkar tim Mutiara Hitam ini tetap menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim, sembari tetap berlatih bersama rekan-rekannya di Persipura untuk mematangkan kesiapan jelang tampil di Piala AFC.

Meski harus berlatih dengan intensitas yang tinggi, namun gelandang berdarah Bugis itu tak menjadikan hal tersebut sebagai sebuah halangan.

"Puasa bagi saya bukan sebuah halangan, karena itu juga wajib. Kalau latihan itu juga adalah pekerjaan saya, jadi harus tetap saya tekuni. Walaupun berpuasa, itu tidak berpengaruh bagi saya," ujar Muhammad Tahir, belum lama ini.

Selain Muhammad Tahir, tiga kiper Persipura juga tetap menjalankan ibadah puasa. Mereka yakni Dede Sulaiman, Fitrul Dwi Rustapa dan Mario Fabio Londok

Persipura JayapuraPuasa RamadhanJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Muhammad Tahir

Berita Terkini