x

Setelah Dua Musim, Arema FC Buka Opsi Rekrut Pilar Asing Eropa

Minggu, 9 Mei 2021 13:55 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

INDOSPORT.COM - Arema FC kini membuka segala opsi perihal bursa transfer pilar asing, salah satunya dengan merekrut pemain asal negara yang bernaung di bawah federasi sepak bola Eropa.

Pertimbangan paling rasional, adalah jika Eduardo Almeida nantinya lebih memercayai pemain asing asal negaranya, lantaran pelatih kebangsaan Portugal itu juga berhak menentukan komposisi pemain asing sesuai skema yang diusung.

Baca Juga
Baca Juga

Oleh karena itu, bisa jadi komposisi pemain asing Arema FC berasal dari Portugal atau negara yang kental dengan kultur sepak bola Amerika Latin seperti Spanyol maupun Italia.

"Bisa jadi demikian (merekrut pemain asing Eropa). Tergantung hasil diskusi dengan coach nantinya," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Baca Juga
Baca Juga

Yang jelas, dua dari empat slot sudah hampir pasti diisi oleh pemain Latino. Mereka berasal dari Brasil, yaitu Jacsson Antonio Wichnovski (kiper) dan Arthur Cunha Da Rocha (defender) yang disinyalir segera menuntaskan proses transfer.

"Lebih fair jika pelatih menentukan pemain asing yang dipercaya. Karena masih ada dua slot tersisa (satunya wajib berasal dari Asia)," sambung Ruddy.


1. Rekrut Pemain Asing Eropa Lagi

Slot pemain asing terakhir asal Eropa yang terisi di Arema adalah Sylvano Comvalius (Belanda) saat Liga 1 musim 2019 .

Di sisi lain, membuka opsi dalam merekrut pemain asing asal Eropa bakal menjadi yang pertama bagi Arema FC dalam dua musim terakhir. Terakhir, slot itu dihuni oleh Sylvano Comvalius (Belanda) di Liga 1 musim 2019 lalu sewaktu dibesut Milomir Seslija (Bosnia).

Sebelumnya, pilar asing Eropa juga diwakili oleh Balsa Bozovic (Kroasia) pada musim 2018. Sementara musim 2016 diisi oleh Goran Ganchev (Makedonia Utara) dan Srdjan Lopicic (Montenegro), begitu juga dengan musim 2015 melalui keberadaan Kiko Insa Bohigues dan Antonio Jose Espinosa (Spanyol).

Namun, peralihan kultur sepak bola yang dianut Arema FC membuat mereka harus hengkang. Tim Singo Edan kembali menggunakan pakem Amerika Latin pada musim 2020 lalu.

Mario Gomez, Marcos Gonzales (Argentina) dan Felipe Americo (Brasil) dihadirkan untuk mengisi staf kepelatihan tim. Sementara komposisi pemain dihuni oleh Matias Malvino (Uruguay) serta Jonathan Bauman dan Elias Alderte (Argentina).

Ruddy WidodoAremaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Bola IndonesiaEduardo AlmeidaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini