x

5 Rekor yang Tercipta Usai Juventus Juarai Coppa Italia: Buffon Resmi Jadi Legenda

Kamis, 20 Mei 2021 07:43 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Juventus menutup musim dengan menjuarai Coppa Italia usai mengalahkan Atalanta 2-1 di final. Berikut 5 rekor baru yang tercipta pasca hasil tersebut.

Berstatus juara Serie A Italia 9 musim beruntun, Juventus membuat kejutan besar di awal musim ini. Usai mendepak Maurizio Sarri, Si Nyonya Tua memilih mantan gelandang mereka Andrea Pirlo sebagai pelatih baru. Keputusan ini dinilai berisiko, mengingat Pirlo tak punya pengalaman melatih sama sekali.

Bersama Pirlo, Si Nyonya Tua menunjukkan performa yang kurang memuaskan. Hingga pekan ke-37, Juventus masih tertahan di posisi 5 klasemen Serie A Italia sehingga terancam gagal lolos ke Liga Champions. Di UCL sendiri, Cristiano Ronaldo dkk kandas di babak 16 besar.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, musim Juventus pada akhirnya sedikit terselamatkan. Pasalnya, mereka sukses menjuarai Coppa Italia usai mengalahkan Atalanta di final, Kamis (20/05/21) dini hari tadi.

Tampil dengan duet Dejan Kulusevski dan Cristiano Ronaldo di lini depan, Juventus berhasil membuka skor di menit ke-31 lewat tembakan cantik Kulusevski.

Namun, 10 menit kemudian Ruslan Malinovsky membawa Atalanta menyamakan kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Baca Juga
Baca Juga

Di babak kedua, Kulusevski kembali membayar kepercayaan Andrea Pirlo yang menurunkan sebagai starter. Assistnya kepada Federico Chiesa berhasil dituntaskan dengan baik oleh bintang timnas Italia itu untuk membawa Juventus kembali unggul 2-1.

Hingga laga berakhir, tak ada tambahan gol yang tercipta. Dengan hasil ini, Bianconeri pun memenangi trofi Coppa Italia, yang menjadi trofi kedua mereka musim ini setelah sebelumnya menenangi Supercoppa Italiana yang digelar awal tahun ini.

Di sisi lain, hasil ini pun menghasilkan sejumlah rekor, baik untuk Juventus maupun sejumlah pemain mereka. Apa saja? Berikut ini ulasannya:


1. Buffon Panen, Pirlo Samai Legenda

Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Klub Raja Kompetisi

Gelar Coppa Italia musim ini menjadi gelar ke-14 Juventus di kompetisi tersebut. Torehan ini makin menegaskan status mereka sebagai tim dengan raihan trofi Coppa Italia terbanyak sepanjang sejarah. Si Nyonya Tua unggul 5 trofi dari AS Roma yang ada di tempat kedua dengan 9 trofi.

Pemain Raja Kompetisi

Gianluigi Buffon kini telah memenangi 6 gelar Coppa Italia (1 bersama Parma, 5 bersama Juventus). Hasil ini menjadikannya pemain yang paling sering memenangi kompetisi tersebut sepanjang sejarah.

Tiga Dekade

Masih dari Gianluigi Buffon, sang penjaga gawang kini tercatat jadi pemain pertama yang memenangi Coppa Italia dalam 3 dekade berbeda. Menariknya, ada satu dekade yang berlalu tanpa ia menjadi juara. Buffon tercatat menjadi juara pada 1990-an, 2010-an, dan 2020-an, dan gagal juara pada 2000-an.

Di 1990-an dan 2020-an ia masing-masing memenangi 1 gelar bersama Parma dan Juventus, sedangkan di 2010-an ia memenangi 4 gelar bersama Bianconeri.

Juara Beda Peran

Andrea Pirlo kini menjadi sosok keempat di Juventus yang sukses memenangi trofi Coppa Italia sebagai pemain dan pelatih, mengikuti jejak para legenda seperti Luis Monti, Carlo Parola, dan Dino Zoff. Sebagai pemain ia memenanginya pada 2014/2015, sebelum jadi juara musim ini sebagai pelatih.

Termuda Kedua

Dalam usia 21 tahun 24 hari, Dejan Kulusevski menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Coppa Italia. Ia hanya kalah dari Ezequiel Munoz yang mencetak gol untuk Palermo saat menghadapi Inter Milan pada Mei 2011, ketika berusia 20 tahun 233 hari.

Andrea PirloJuventusGianluigi BuffonCoppa ItaliaAtalantaLiga ItaliaBerita Liga ItaliaDejan Kulusevski

Berita Terkini