x

Skuad Timnas Asuhan Shin Tae-yong Dipenuhi 'Darah Muda', Thailand Tertarik untuk 'Invasi'?

Minggu, 23 Mei 2021 04:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Prio Hari Kristanto
Ambisi Shin Tae-yong gunakan skuat Timnas Indonesia berlabel 'Darah Muda' di Kualifikasi Piala Dunia bikin Thailand tertarik menginvasi?

INDOSPORT.COM - Harapan Timnas Indonesia untuk melaju ke babak lanjutan Kualifikasi Piala Dunia memang sudah pupus. Tapi, siapa sangka, ambisi pelatih Shin Tae-yong dengan mengandalkan 'Darah Muda' malah buat Thailand melakukan invasinya.

Saat ditukangi Simon McMenemy, skuat merah putih memang sudah gagal berjuang di fase grup G. Lima kekalahan kontra Malaysia, Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, dan tentu saja skuat Gajah Putih arahan Akira Nishino buat mereka relakan tiket babak lanjutan.

Baca Juga
Baca Juga

Meski jadi juru kunci grup, Osvaldo Haay beserta koleganya memiliki peranan penting secara tak langsung sebagai tim penjagal. Ya, tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia buat mereka ancaman serius Vietnam, UEA, dan Thailand.

Begitu pelatih berganti ke Shin Tae-yong, Timnas Indonesia pun mulai memperlihatkan tajinya sebagai tim berbahaya. Siam Sport memaparkan ada 28 pemain yang berangkat, dengan rincian 21 di antaranya belum pernah dapat panggilan dan sembilan pemain masih muda.

Rata-rata usia pemain di tim ialah 21,8 tahun, tim berlabel Darah Muda ini pun tak pelak jadi bukti ambisi pelatih Korea Selatan itu di debut perdananya. Komposisi tim ini bahkan mendapat perhatian serius dari media Thailand.

Baca Juga
Baca Juga

Mengutip laman Tuoi Tre, pers negara negara tetangga tersebut menuliskan headline: "Thailand tertarik merekrut Indonesia," kemudian berlanjut dengan paparan kekhawatiran bahwasannya Timnas Garuda akan menjadi pesaing utama Akira Nishino nanti.

"Media Thailand memberikan perhatian khusus untuk melatih para guru dan pemain Shin Tae-yong. Karenanya, salah satu hal yang harus diwaspadai oleh tim-tim di grup G adalah Darah Muda tim ini." Tambah tulisan media Vietnam tersebut.


1. Indonesia Didominasi Pemain Muda

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Alasan adanya daya tarik pemain Indo tak lepas dari fakta karier di luar negeri. Pasalnya ada Egy Maulana Vikri (Lechia), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Ryuji Utomo (Penang), Syahrian Abimanyu (Newcastle Jet), dan Witan Sulaeman (FK Radnik).

Hal inilah yang mungkin jadi pertimbangan agar Negeri Seribu Pagoda merasa tertarik untuk merekrut beberapa pemain dari skuat Garuda kelak. Apalagi kualitas pemain Tanah Air sempat terlihat di sana lewat Todd Ferre yang gabung Lampang dan Yanto Basna, eks Prachuap.

Sebelum itu, Thailand harus bersiap merasakan skuat Darah Muda Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia. Bahkan lewat dua laga persahabatan kontra Afghanistan dan Oman buat Timnas Indonesia selangkah di depan ketimbang negara lainnya di grup G.

ThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalSepak BolaAkira NishinoKualifikasi Piala Dunia 2022Shin Tae-yong

Berita Terkini